hadiah ulang tahun bayi
Ragam hadiah ulang tahun anak.

5 Ide Hadiah Ulang Tahun Bermanfaat untuk Si Kecil, Liburan tanpa Drama Ruam Popok

Pusing mau nyari ide hadiah ulang tahun bermanfaat buat si kecil? Sama. Saya pernah kok mengalami. Maklum, belum pernah punya baby. Bingung karena banyak pilihan atau sebaliknya pilihannya terlalu sedikit. Belajar dari kebingungan tersebut, saya iseng cari-cari ide kado yang sekiranya bermanfaat. Agar pusingnya mendapatkan solusi, biasanya saya tulis daftar pilihannya. Siapa tau bisa jadi referensi buat teman-teman yang membaca tulisan ini.

***

Setahun lalu, sepupu saya genap setahun memiliki momongan. Usia pernikahannya baru genap 2 tahun. Karena baru memiliki momongan pertama, yang pasti mereka berdua sangat bahagia. Tepat bulan Februari tahun depan, anak pertama mereka genap berusia dua tahun. Usia yang masih lucu-lucunya buat diajak main bareng.

Mengetahui anak sepupu saya (keponakan) akan merayakan ulang tahun keduanya, saya langsung terpikir, kado ulang tahun bermanfaat apa yang akan saya berikan. Sebenarnya, untuk si kecil, banyak ide barang yang bisa diberikan. Mulai dari pakaian, pernak-pernik, mainan, ngajak liburan bareng, maupun kebutuhan sehari-hari bisa menjadi kado atau hadiah.

Kebutuhan anak usia dua tahun itu ternyata cukup banyak, lho. Kado atau hadiah yang bisa segera dipakai akan sangat membantu orang tua si kecil memenuhi kebutuhan tersebut. Kemudian, membungkusnya dengan bagus akan menambah nilai estetik dari hadiah tersebut. Orang tua si kecil pasti senang menerima, begitu juga dengan baby-nya.

Baca juga: DR. INDRA NC ANWAR MENJAWAB 10 MITOS SEPUTAR KEHAMILAN

Ajak Liburan Si Kecil

Selain barang, memberikan hadiah atau kado berupa pengalaman alias liburan bareng, juga bisa menjadi alternatif lainnya. Sejujurnya, saya belum pernah mengajak liburan keponakan sebelumnya. Maklum, ini baru keponakan pertama yang tinggalnya satu kota di Jakarta. Keponakan dari sepupu lain, semuanya tinggal di luar Jakarta. Jadi, agak susah kalau mau ngajak liburan bareng. Sebagai om dari anak sepupu, mengajak keponakan liburan itu bisa menjadi momen yang menyenangkan.

Karena ini akan menjadi momen ulang tahun keduanya, saya berencana memberinya 2 macam hadiah. Yah, hitung-hitung menyenangkan keluarga. Pertama, saya akan mengajak keponakan liburan bareng. Nggak perlu yang mewah dan jauh-jauh. Cukup jalan-jalan bareng ke tempat yang membuat mereka nyaman dan bahagia. Bisa makan atau main di playground. Misalnya, mengajak ponakan bermain di mall atau keliling Jakarta sambil jajan bareng.

Meski menyenangkan liburan bareng keponakan, sebagai om, paklik, atau paman, saya juga harus siap kalau si kecil nangis tiba-tiba karena lapar atau mau pipis. Nggak mau kan tiba-tiba dipipisin di jalan dan lupa belum pakai diapers Supaya aman, saya kudu memastikan juga kebutuhan diapernya saat ngajak jalan bareng. Saya nggak mau drama keponakan tantrum karena diapernya nggak cocok dan bikin ruam kulit si kecil.

Karena alasan ini, saya berencana memberinya hadiah kedua berupa diaper. Barang yang kelihatannya sepele tapi manfaatnya luar biasa banyak.

Lima Ide Kado Ulang Tahun Selain Liburan

Untuk mendapatkan barang yang tepat sebagai kado sangat mudah. Di baby shop semua kebutuhan tersedia dan bisa menjadi kado. Tinggal melihat berapa budget yang tersedia dan menyesuaikan dengan harga barang tersebut. Daftar kado berikut ini beberapa ide kado ulang tahun bermanfaat untuk si kecil.

Pakaian

Pertumbuhan si kecil yang cukup cepat pada usia 2 tahunmembutuhkan pakaian yang tepat ukuran maupun desainnya. Kado berupa pakaian pasti sangat berguna. Orang tua si kecil bisa langsung mengenakan pada buah hati.

Sebaiknya ketika memilih hadiah berupa pakaian, perhatikan detail dan ukurannya. Dua tingkat dari ukuran seharusnya bisa menjadi pilihan tepat karena si kecil bisa memakainya untuk jangka waktu yang lama. Jika membeli dengan ukuran saat ini, kemungkinan si kecil hanya akan mengenakan sebentar karena tidak muat lagi.

Mainan

Fungsi mainan bukan hanya membuat anak-anak tenang, tetapi dapat merangsang perkembangan motoriknya. Karena itu sebaiknya memberi kado sesuai dengan umur si kecil. Selama bermain otak dan panca indera lain akan terangsang untuk tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Alat Makan

Usia dua tahun adalah usia si kecil sedang lucu-lucunya. Mereka mulai mengenal berbagai jenis makanan. Alat makan yang lucu sangat tepat sebagai kado untuknya. Bisa memilih produk dengan bentuk atau gambar yang lucu seperti kartun atau binatang. Jangan lupa untuk memperhatikan bahannya. Pastikan terdapat tanda BPA atau aman untuk bahan makanan.

Sepatu

Sepatu juga bisa menjadi pilihan kado terbaik. Ukuran kaki si kecil akan tumbuh sesuai usianya. Pemakaian sepatu sesuai ukuran dan berbahan nyaman akan membuatnya senang. Apalagi pada usia 1 tahun, biasanya bayi sudah mulai belajar berjalan. Dengan menggunakan sepatu hadiah yang diberikan bisa membuatnya lebih nyaman belajar berdiri, berjalan, dan lari.

Popok

diaper
Popok bayi adalah salah satu kado bermanfaat untuk si kecil.

Tidak banyak yang terpikir untuk memberikan kado berupa popok sekali pakai. Padahal produk ini sangat berguna karena si kecil selalu memakainya. Jangan lupa membeli popok yang berbahan lembut dengan ukuran sesuai kebutuhan si kecil.

Belajar Membedakan Popok Kain, Clodi, atau Diappers saat Jalan Bareng Keponakan

Momong keponakan sambil liburan bareng memang seru. Selain bisa belajar menjadi calon orang tua, setidaknya saya juga belajar banyak hal tentang kebutuhan si kecil. Dari hal yang paling sederhana seperti popok misalnya. Ternyata, kebutuhan yang satu ini nggak bisa dianggap remeh. Meski kelihatan sepele, nyatanya ini sangat penting. Dari beberapa kali momong si kecil saya jadi tau 3 jenis popok. Masing-masing punya kekurangan dan kelebihannya. Berikut ini 3 jenis popok hasil pengamatan saya saat momong keponakan.

Popok Kain Tradisional

Jenis popok yang satu ini memang masih dipakai oleh sebagian orang tua. Karena bahannya terbuat dari kain, otomatis punya kelebihan dari sisi harga yang lumayan terjangkau dibanding jenis popok lainnya. Hal ini disebabkan popok kain bisa dipakai berulang kali dan harus punya ekstra waktu buat mencuci popok. Meski harganya murah, popok jenis ini tidak praktis karena harus rutin diganti setiap si kecil pipis atau BAB. Selain itu, daya serap popok kain juga sangat rendah. Malah sering merembes atau bocor. Agak ribet kalau si kecil jalan-jalan dengan memakai pakai popok kain.

Clodi

Jenis popok yang satu ini juga masih berbahan dasar kain. Clodi sendiri sebenarnya singkatan dari Cloth Diaper. Jenis popok yang satu ini mirip dengan popok kain tradisional. Yang membedakan adalah lapisannya. Biasanya popok clodi terdiri dari tiga lapis kain. Kain katun bagian dalam, kain tebal yang menyerap air seni, dan bagian luar yang terbuat dari bahan waterproof. Bagian luar popok ini sering terbuat dari bahan warna-warni agar si kecil makin terlihat lucu.

Kelebihannya selain lebih murah juga bisa digunakan berkali-kali. Kekurangannya, orang tua si bayi harus punya ekstra waktu untuk mencuci clodi. Mencuci clodi juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi anak kecil sering pipis 8-10 kali setiap hari. Pastinya ini akan sangat merepotkan.

Diaper

Ini adalah jenis popok modern yang berbahan dasar kertas, plastik, gel penyerap, serta dilengkapi sodium polyacrylate. Menurut saya, ini adalah jenis popok yang paling praktis dibandingkan dengan 2 jenis popok lainnya. Pengalaman saya momong keponakan, popok ini tidak harus rutin ganti setiap habis pipis. Kecuali memang sudah lumayan penuh daya serapnya. Popok sekali pakai paling aman digunakan karena biasanya anti bocor dan punya daya serap paling baik di antara ketiga jenis popok.

Meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan 2 jenis popok lainnya, diaper sangat aman dan ramah lingkungan. Frekuensi mengganti popok juga semakin berkurang. Yang paling penting, kita harus sering mengecek setiap 2 atau 3 jam sekali. Pastikan juga popok diaper juga aman buat kulit si kecil dan tidak membuatnya ruam.

MAKUKU SAP Diapers Slim, Popok Terbaik untuk Si Kecil

popok makuku
Popok MAKUKU

Pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatan bayi, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi.

Salah satu merek popok terbaik adalah MAKUKU SAP Diapers Slim. Produk ini sangat nyaman dikenakan si kecil karena berbahan lembut dan mudah menyerap cairan. Kulit si kecil akan tetap nyaman dan kering meski pipis dalam jumlah banyak.

Dengan New Generation SAP Core Structure pertama di Indonesia mempunyai teknologi yang tidak mudah menggumpal dan jatuh. Bayi akan tetap aman selama menggunakannya. SAP merupakan teknologi modern dengan daya serap cepat dan merata serta mengunci cairan sehingga menjaga permukaan tetap kering.

Berikut ini beberapa  keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim:

Daya serap tinggi

Dengan teknologi mutakhir, SAP yang menjadi inti struktur popok MAKUKU merupakan polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan. Awalnya ia berbentuk bubuk putih yang akan berubah menjadi gel saat menyerap cairan. Si kecil tetap nyaman karena permukaan kulitnya selalu kering dan terhindar dari rasa gatal karena lembab dan anti ruam.

Dari sini kita tau bagaimana teknologi SAP MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi terjadinya ruam popok.

Tipis

Ukuran popok sangat berpengaruh pada kenyamanan si kecil. Makuku mempunyai produk yang sangat tipis, yaitu 1,6mm. Meski demikian, kita tidak perlu khawatir akan bocor karena kemampuan dan daya tampungnya yang lumayan besar berkat teknologi inti struktur SAP.

Mengapa popok yang tipis nyaman untuk bayi? Hal ini serupa dengan wanita yang memilih pembalut, dimana yang tipis lebih populer dan lebih nyaman saat digunakan. Untuk itulah MAKUKU merilis popok degan desain tipis untuk mengutamakan kenyamanan si kecil.

Cairan Terkunci

Keluhan mama ketika menggendong bayi adalah popok yang digunakan merembes karena tertekan. Jika menggunakan MAKUKU SAP hal tersebut tidak akan terjadi. Produk satu ini mampu mengunci cairan sehingga tidak rembes atau bocor selama digunakan.

Selembut Sentuhan Ibu

Si kecil akan tetap nyaman meski seharian mengenakan popok karena sentuhan bahan pada kulitnya selembut tangan ibu. Permukaan dengan desain 3D mempercepat penyerapan cairan sehingga mengurangi terjadinya gesekan dengan kulit yang dapat memicu terjadinya ruam popok. Bahannya pun mampu meningkatkan sirkulasi udara hingga 50 persen sehingga tetap nyaman tanpa khawatir bocor.

Urine Indicator

Idealnya si kecil ganti popok sekitar 4 jam sekali sesuai siklus pipis. Namun jedanya bisa lebih lama atau cepat tergantung volume cairan. Sang ibu tidak perlu khawatir. Urine indicator mempermudah para ibu untuk mengetahui kapan harus mengganti popok si kecil karena cairan akan berubah warna menjadi biru saat popok penuh.

Ini seperti kata dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak yang  menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Roll tape dan Heat-press side

Jika memilih popok jenis celana, terdapat roll tape untuk memudahkan membuang popok bekas. Selain itu juga ada heat press side yang merupakan sistem penyambungan terbaik sehingga mengurangi gesekan pada pinggang yang dapat menimbulkan iritasi.

Bersertifikat

Tidak perlu ragu memilih MAKUKU untuk si kecil karena sudah bersertifikat ISO untuk menjamin keamanan dan kenyamanan. Selain mendapat ISO, MAKUKU juga telah mengantogi penghargaan Top Innovation Choice Award 2022 dan Diapers Baby Kesayangan di Mom & Kids Awards 2022 dari MNC TV berkat hadirnya inovasi inti struktur SAP. Karena itu memilih MAKUKU merupakan keputusan yang tepat.

Popok merupakan kado ulang tahun bermanfaat bagi si kecil. Kini tidak perlu khawatir buah hati iritasi atau mengalami ruam meski seharian menggunakan popok karena MAKUKU hadir dengan berbagai keunggulan untuk mengatasi hal tersebut.

Info lengkap seputar tips parenting dan pembelian produk MAKUKU bisa cek langsung di website makuku