Ecoprint

Alfira Oktaviani, Bersama Kayu Lantung Perkenalkan Produk Ecoprint Indonesia

Produk ecoprint Indonesia ada yang berasal dari kayu lantung.

***

Perkembangan dunia fashion tanah air semakin pesat. Berbagai teknik dan desain modern menggeser produk lokal yang sebenarnya mempunyai potensi kearifan dan nilai ekonomis yang tinggi. Selain batik, ecoprint merupakan teknik dalam pembuatan motif yang banyak peminatnya. Bahkan, produk ini mempunyai segmen pasar tersendiri di tanah air dan dunia.

Ecoprint merupakan teknik pewarnaan dengan bahan alami seperti daun dan kulit kayu. Selain lebih unik, produk ini juga menghasilkan kualitas yang lebih baik dan mempunyai desain yang tidak bisa ditiru. Sebagai salah satu produk handmade atau buatan tangan, keunikan ecoprint adalah tidak dapat ditiru atau dibuat dengan desain yang sama persis.

Baca juga: SOLUSI HIJAU DARI FOODBANK OF INDONESIA (FOI) UNTUK PENYELAMATAN SISA MAKANAN

Mengenal Alfira Oktaviani, Penggiat Ecoprint Berbahan Kayu Lantung

Mendengar nama Alfira Oktaviani bagi pecinta fashion, pasti langsung terbayang produk berkelas yang banyak diminati pasar lokal, nasional maupun internasional. Sosok wanita asal Yogyakarta ini mampu mengangkat bahan dan produk lokal ke kancah internasional. Dengan teknik sederhana dan bahan lokal, Alfira mampu menghasilkan produk berkelas.

Kecintaannya terhadap fashion dan kepedulian kepada lingkungan melahirkan ide untuk mengembangkan produk ecoprint. Keterbatasan modal yang dimiliki oleh Alfira saat awal merintis usaha tidak memupus semangat dan keinginannya untuk maju.

Dengan modal 500ribu, Alfira memulai usahanya. Dana yang tidak besar itu harus dibagi untuk membayar kursus, membeli alat, dan bahan. Keterbatasan modal tidak menyurutkan semangat perempuan satu ini yang kini terbukti mampu mengangkat ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Kini, dengan semangat serta kegigihannya, Alfira tidak hanya mampu mengembangkan usaha seperti harapannya, tetapi juga membantu pemberdayaan perempuan di sekitar dan mengangkat produk lokal ke tingkat internasional melalui brand Semilir. Produknya sendiri mulai dari tas, pakaian sampai aksesoris.

Bahan Kayu Lantung sebagai Produk Unggul

Alfira tidak hanya memikirkan masalah hobi dan bisnis, tetapi juga kelestarian lingkungan, tradisi, dan manfaat bagi lingkungan. Salah satu produk unggul dari Semilir adalah produk ecoprint Indonesia berbahan kayu lantung, yang berasal dari Bengkulu.

Kain Lantung sendiri merupakan produk lokal yang mempunyai nilai sejarah bagi bangsa Indonesia. Jenis kain ini banyak dikenakan pada masa penjajahan Jepang. Dengan mengenalkan kembali kayu Lantung sebagai bahan untuk ecoprint, harapannya juga dapat mengangkat produk kain lokal Bengkulu tersebut.

Keindahan Lantung kembali dikenang dan dikenakan oleh perempuan Indonesia. Teknik pewarnaan dengan Lantung menghasilkan produk berkualitas, unik, dan ramah lingkungan. Ini merupakan nilai lebih yang ingin diangkat oleh Alfira.

Memberdayakan Perempuan Sekitar

Alfira tidak bekerja sendiri. Dalam menjalankan usaha produk ecoprint Indonesia ramah lingkungan dan mengangkat warisan budaya dan tradisi bangsam perempuan satu ini dibantu oleh masyarakat sekitar, khusunya perempuan.

Bahkan, keberadaan produk Ecoprint berbahan kayu Lantung dan aneka jenis daun telah memberi peluang penghasilan bagi ibu-ibu di sekitar produk Semilir dibuat. Dengan tekun, Alfira mengajari dan memberi bekal keterampilan kepada ibu-ibu di sekitarnya.

Saat ini tidak sedikit perempuan yang menggantungkan hidup dari produk ecoprint berbahan pewarna alami tersebut. Keberadaan Semilir sebagai produk handmade bukan hanya memberi kesuksesan pada Alfira, tetapi juga mengangkat kembali budaya lokal Indonesia agar kembali dikenal dan digunakan.

Dampak positif yang dibawa oleh Alfira bukan hanya dalam pelestarian lingkungan dan budaya, tetapi juga mengangkat perekonomian lokal. Upaya yang dilakukan Alfira tidak mudah. Untuk mencapai hasil sekarang, sebelumnya harus melewati jatuh bangun dan naik turun fase usaha. Kini semakin banyak yang mengenal produk ecoprint dan Lantung sebagai identitas Indonesia.

Berkat kegigihan dan ide kreatif tersebut, Alfira mendapat penghargaan dalam Satu Indonesia Award 2022. Satu Indonesia Award sendiri merupakan apresiasi Astra terhadap gebrakan yang dilakukan generasi muda dalam segala bidang.

Jika Alfira mampu melihat potensi dan mengembangkannya sehingga mempunyai dampak positif dalam berbagai bidang, maka kita pun bisa. Kini saatnya kita melihat, apa yang dapat kita lakukan dan kembangkan untuk kemajuan Indonesia.

Langkah kecil yang kita lakukan sekarang dapat berdampak besar bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Kontribusi dan peran aktif semua pihak akan mempercepat pembangunan dan perkembangan Indonesia dalam berbagai sektor. Meski langkah kecil, peran semua pihak sangat berarti bagi Bangsa Indonesia.