funworld bowling
Funworld Bowling Central Park, Jakarta

Main Bowling di Funworld, Cara Menyenangkan untuk Olahraga dan Hidup Sehat

Mencoba hal baru dalam hidup itu penting banget. Banyak alasan mengapa kita harus mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kehidupan itu sifatnya dinamis. Pasti akan sangat membosankan jika kita hanya melakukan hal-hal yang monoton. Itu-itu saja setiap hari. Karenanya, untuk membuat “jeda” dalam hidup, mencoba hal baru mutlak harus dilakukan. Saya misalnya, mencoba main bowling di Funworld, Central Park, Jakarta.

Bagi saya, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal baru. Sejujurnya, ini kali kedua saya seru-seruan main bowling. Saya akui saya enggak jago olahraga. Biasanya saya hanya melakukan olahraga ringan yang mudah-mudah. Saat saya mencoba permainan baru seperti bowling, rasanya seperti menemukan dunia baru yang seru.

Main bowling itu gampang nggak sih?

Sebagai newbie di dunia per-bowling-an, boleh dibilang main bowling di Funworld itu menantang. Gampang-gampang susah. Apalagi kalau belum pernah strike. Rasanya pengen nyoba terus sampai berhasil. Begitu strike, ya, tetap aja pengen strike lagi. Nagih banget saking serunya. Sepertinya, ini adalah cara yang menyenangkan untuk olahraga dan hidup sehat. Fun dan serunya dapat, sehatnya insyaallah juga dapat.

Baca juga: SABTU SIANG DI WAHANA BIRD LAND JAKARTA

Funworld Bowling Satu-satunya Ada di Central Park, Jakarta

main bowling sekalian hangout
Hangout bareng temen-temen main bowling di Funworld.

Pagi itu, (12/11), saya memutuskan untuk berkeliling Central Park. Selain ingin mencoba bowling yang baru saja dibuka, siapa tau ada yang seru di sana. Begitu masuk ke Central Park lantai 3, Funworld langsung mencuri perhatian saya. Tampak dari luar arenanya super luas. Tampilannya lebih fresh dan lebih modern.

Karena saya sudah memutuskan untuk mencoba bowling, begitu masuk, langsung daftar untuk mendapatkan Fun Card. Kartu ini yang akan digunakan untuk bermain ke semua game di Funworld. Termasuk untuk bermain bowling. Salah satu permainan yang lagi hits sekarang.

Bowling di Funworld ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Kriterianya cuma satu: harus punya  tinggi badan minimal yang sudah ditentukan. Cocok banget buat “healing” bareng keluarga atau bareng temen-temen afterhours. Rasanya puas banget kalau bisa ngumpul sambil main bowling di Funworld.

Cara Main Bowling di Funworld Central Park

fun card
Tach Card atau Fun Card dari Funworld

Sistem bermain Funworld Bowling menggunakan sistem Tach Card. Setelah kita mendaftarkan diri dan  mendapatkan Fun Card, tinggal top up saldonya. Misalnya 100ribu. Untuk saldo 100ribu, kita akan mendapatkan 50 Goldie. Satu Goldie nilainya 2ribu rupiah. Untuk bermain bowling, kita cukup mengeluarkan 12 Goldie alias 24ribu rupiah.

Murah, kan?

Sebelum bermain bowling, jangan lupa tukar sepatu dulu. Kita wajib menggunakan sepatu khusus supaya kaki tetap aman. Sewa sepatu ini gratis. Fungsi mengganti sepatu khusus dari Funworld ini agar kebersihan lantai arena bowling tetap terjaga. Tetap gunakan kaos kaki sebelum memakai sepatu agar sepatu juga tetap bersih. Begitu masuk wahana bowling di Funworld, kita bisa langsung men-tap Fun Card ke mesin yang tersedia di setiap lane. Di sini kita bisa memilih mau main berapa round dan berapa jumlah pemain.

biaya main bowling di funworld
Main bowling di Funwolrd super murah.

Permainan Funworld Bowling terdiri dari beberapa kategori Rounds, yakni 3 Rounds, 6 Rounds, dan 10 Rounds. Semua pengunjung yang ingin bermain harus menggunakan Fun Card seperti saat mereka akan bermain mesin permainan lainnya. Kalau belum ngerti cara tapping kartunya, bisa kok nanya langsung sama petugasnya yang super ramah.

Setelah tapping ke mesin, kita bisa langsung main. Funworld Bowling menyediakan 8 lane atau lajur. Satu lane maksimal bisa digunakan untuk 4 orang. So pasti lebih leluasa dan nggak perlu antre lama buat bermain. Pemain yang sedang menunggu bisa duduk di bangku yang tersedia di belakang lane. Karena tempatnya super luas, jadinya nyaman deh kalau mau hangout bareng teman-teman di sini.

Yang Harus Diketahui saat Bermain Bowling

bowling di funworld
Main bowling dengan rileks adalah koentji.

Saat bermain bowling, pastikan memilih ukuran bola yang pas. Jangan terlalu berat atau pun terlalu ringan. Sesuaikan saja dengan kekuatan tangan masing-masing saat mengambil bola. Ada tiga lubang kecil yang digunakan untuk memasukan jari. Tiga jari yang dipakai yakni jempol, jari tengah, dan jari manis. Usahakan untuk memilih ukuran lubang yang pas supaya bola tidak mudah lepas saat dipegang. Pokoknya, jangan sampai kebesaran atau kekecilan.

Sebelum mengayunkan bola ke arah pin, ambil jarak sekitar 4 langkah dari garis batas. Saat mengayunkan bola untuk peregangan sangat disarankan untuk mengambil 4 langkah menuju garis batas. Langkah ini semacam ancang-ancang agar lemparan bola semakin kuat dan mengarah ke pin yang disasar.

Menurut standarnya, berat bola bowling itu antara 7-8 kg untuk pria dewasa, dan bola 5-7 kg  untuk wanita dewasa. Sedangkan berat bola bowling di Funworld punya beragam ukuran mulai dari 6, 8, 10, dan 12 kg. Bisa disesuaikan dengan kekuatan pemain.

Sesuaikan langkah kaki dengan posisi letak bola yang dibawa. Jika kita meletakkan bola di tangan kanan, usahakan langkah pertama dengan kaki kanan. Begitu juga sebaliknya. Jika kita kidal alias membawa bola dengan tangan kiri, langkah kaki pertama gunakan kaki kiri.

Dua langkah sebelum melemparkan bola, sejajarkan bola dengan pergelangan kaki. Tekuk lutut sedikit, ayunkan bola ke belakang, siapkan energo, dan lemparkan bola ke arah barisan pin di depan. Saat mengayunkan bola, usahakan tangan lurus. Jangan ditekuk. Menekuk tangan akan membuat ayunan bola menjadi tidak lurus. Salah-salah malah melenceng ke bagian gutter alias parit yang berada di sisi kanan kiri lane.

Usahakan pula jangan menekuk tangan saat mengayun ke atas. Tekukan ini akan membuat bola terlempar ke atas bukan ke depan. Ayunan yang lurus akan memudahkan kita mengatur tenaga saat melempar bola.

Ada 100 Permainan Lebih di Funworld

cs funworld
Kasir di Funworld desainnya unik.

Ke Funworld tuh ternyata nggak cuma buat main bowling. Ada lebih dari 100 permainan di sini. Tempat yang super menyenangkan buat ‘healing’ di akhir pekan. Selain bermain bowling, kita juga bisa mencoba permainan Soccer Stars, Strom Shoot, Redemption Machine, MT6RR, Pump It Up, dan Time Crisis.

Serunya lagi, bagian kasirnya didesain seperti layaknya kasir mini market. Tujuannya agar kita sebagai customer bisa leluasa melihat dan memilih hadiah yang ingin ditukarkan dengan lebih dekat.

Sekadar informasi, Funworld Central Park Mall yang berada di lantai 3 ini, merupakan outlet ke-2 yang dihadirkan di lokasi yang sama. Funworld yang lama berada di lantai 2 dan masih tetap beroperasi.

Jadi, gimana? Sudah siap mengisi akhir pekan dengan mencoba hal baru? Kalau saya sih jawabannya seperti kata Mas Anang: IYESS!

game funworld
Ada 100 lebih permainan di Funworld