Pola makan
Pola makan sehat ala vegetarian

Pola Makan Sehat ala Vegetarian untuk Tubuh yang Lebih Bugar

Seperti apa pola makan sehat ala vegetarian?

Seiring berjalannya waktu, tubuh kita memiliki beban yang semakin berat. Penerapan pola hidup sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga agar tubuh tetap kuat dan bugar. Dalam rangkaian pola hidup sehat tersebut, ada satu poin yang penting sekali untuk dilakukan yaitu konsumsi makanan sehat.

Sudahkah Anda melakukannya?

Baca juga: HIDUP SEHAT DIMULAI DARI KUALITAS AIR YANG KITA KONSUMSI

Pengaruh Makanan bagi Tubuh

Perlu diketahui bahwa kondisi tubuh kita ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar adalah makanan. Apa yang masuk ke dalam tubuh akan menentukan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Terutama jika ada kebiasaan mengonsumsi jenis makanan tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Secara mudahnya bisa dipahami bahwa konsumsi makanan sehat akan membuat tubuh jadi lebih sehat. Teori ini sebenarnya sudah diketahui oleh banyak orang tetapi tidak semua menerapkannya.

Penerapan pola makan sehat ternyata masih terlalu sulit untuk dicoba. Apalagi jika harus konsisten melakukannya secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

Memangnya apa yang membuat pola makan sehat ini sulit untuk diterapkan? Bisa jadi alasan terbesarnya adalah pengaruh rasa. Makanan sehat biasanya dikenal punya rasa tidak enak.

Padahal jika sudah diniati dan diusahakan secara konsisten maka pola hidup sehat bukanlah hal yang sulit, justru sangat menyenangkan sekaligus memberi banyak manfaat.

Baca juga: SOLUSI HIJAU DARI FOODBANK OF INDONESIA (FOI) UNTUK PENYELAMATAN SISA MAKANAN

Mudahnya Makan Sehat di Indonesia

Seperti apa sih sebenarnya pola makan sehat ala vegetarian?

Sebenarnya jika ditelusuri lebih dekat, makan sehat itu mudah sekali untuk dilakukan. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara agraris dengan hasil tani yang melimpah. Banyak sekali bahan pangan alami yang bisa diperoleh dengan mudah dan harganya juga sangat terjangkau.

Indonesia merupakan negara dengan lahan yang sangat subur. Begitu beragam jenis sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Banyak juga lokasi pertanian sayur dan buah yang tersebar di berbagai wilayah. Hal inilah yang membuat harga sayur dan buah di Indonesia terbilang murah.

Tidak sulit juga untuk mendapatkan sayur maupun buah untuk dikonsumsi setiap hari.

Jadi, bukan hal yang aneh jika ternyata penerapan pola makan sehat di Indonesia itu sangat mudah. Sayur maupun buah bisa didapatkan dimana-mana dan harganya ramah di dompet.

Tentu saja konsumsi makanan alami ini bisa memberi banyak manfaat. Tubuh jadi lebih bugar, kehidupan petani jadi lebih sejahtera, dan pencemaran lingkungan akibat konsumsi makanan kemasan bisa diminimalkan.

Baca juga: HIDUP SEHAT DENGAN EAT RIGHT, MOVE RIGHT DAN DRINK RIGHT

Ikuti #ChallengeDemfarm untuk Hidup Lebih Sehat

Pola makan sehat adalah sebuah keputusan tepat yang akan membuat hidup kita jadi lebih bermakna. Kunci penting dalam menerapkan pola makan sehat ini adalah motivasi. Dibutuhkan motivasi yang kuat supaya lebih semangat makan makanan sehat setiap hari.

Nah, supaya Anda bisa lebih termotivasi yuk ikuti #ChallengeDemfarm. Ada 3 Days Challenge bersama Demfarm dimana Anda harus makan buah dan sayur sebagai aksi nyata untuk hidup sehat. Tantangan yang harus dijalani sangat simple karena tinggal konsumsi sayur dan buah secara rutin. Jenis buah dan sayur yang bisa dikonsumsi juga bebas, silakan dikreasikan sesuka hati.

Melalui program challenge ini, Demfarm mengajak kita semua untuk menerapkan pola makan sehat dengan cara yang menyenangkan. Meskipun challenge-nya hanya berlaku 3 hari, pastikan untuk punya komitmen melanjutkan kebiasaan makan sehat ini di hari-hari berikutnya. Hal ini dilakukan demi tubuh yang bugar dan semakin sehat dari waktu ke waktu.

Yuk, tanamkan niat dalam diri untuk mengonsumsi makanan sehat secara rutin sebagai kebiasaan sehari-hari. Jangan lupa imbangi juga dengan kebiasaan sehat lainnya seperti olahraga dan istirahat yang cukup.