laptop berdesain antariksa
Launching Laptop Asus Zenbook Space Edition

Menjelajahi Antariksa dengan Laptop ASUS Zenbook SPACE EDITION

Menyimak kisah-kisah perjalanan menuju ruang angkasa memang selalu menyenangkan. Meski di luar sana alam semesta tampak sunyi, gelap, dan hampa udara, tetap saja membuat jutaan orang penasaran. Benarkah kita satu-satunya makhluk hidup yang tinggal sendiran di semesta yang maha luas tanpa batas ini? Inspirasi semesta ini membuat ASUS menciptakan laptop Zenbook SPACE EDITION.

Seseru apa fitur baru yang diciptakan ASUS untuk memperingati 25 tahun dipilihnya ASUS sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari?

***

Ada yang suka nonton film bergenre Sci-Fi? Kalau iya, tos dulu. Kita punya selera yang sama. Salah satu film Sci-Fi favorit saya adalah Passengers. Film ini mengisahkan tentang perjalanan manusia menuju planet baru dengan menggunakan pesawat The Starship Avalon. Planet yang dituju adalah Homestead II. Perjalanan ditempuh selama 120 tahun dengan cara menidurkan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Tidak, tidak. Saya tidak akan membahas lengkap soal film Passengers. Saya hanya ingin sedikit berbagi inspirasi setelah menonton film ini. Karena film ini, ‘kegilaan’ tentang ruang angkasa semakin menjadi-jadi. Apa pun itu, hal-hal yang berbau luar angkasa selalu saya ikuti. Termasuk semua kisah penjelajahan yang menggugah inspirasi. Salah satunya adalah laptop ASUS yang ternyata sudah 25 tahun berhasil dipilih sebagai salah satu perangkat pendukung di stasiun luar angkasa.

Nggak nyangka ya, produk ASUS ini bisa sedemikian hebatnya dipercaya oleh stasiun luar angkasa, MIR. Kegilaan tentang luar angkasa pulalah yang membuat saya penasaran dengan produk barunya ASUS, laptop Zenbook SPACE EDITION. Kali pertama produk ini diluncurkan, langsung membuat heboh pecinta luar angkasa seperti saya.

Baca juga: SUGUHKAN SENSASI BERMAIN GAME, JAJARAN ASUS ROG TERBARU SIAP MANJAKAN GAMERS

Menyimak Kilas Balik ASUS Pertama Diluncurkan pada 1997

asus zenbook space edition
Suasana peluncuran Laptop Asus Zenbook Space Edition

Kapan kali pertama ASUS diluncurkan? Pertanyaan ini terjawab saat saya hadir dalam peluncuran laptop Zenbook SPACE EDITION, Zenbook 14X OLED SPACE STATION. Melalui acara ini, saya jadi tau kali pertama ASUS diluncurkan pada 1997. Anak pertama ini diberi nama ASUS P6300.

Setahun berlalu sejak peluncuran produk pertamanya, ASUS langsung mendapat kepercayaan dari MIR, stasiun luar angkasa milik Uni Soviet (selanjutnya menjadi Rusia). ASUS dipercaya menjadi salah satu perangkat pendukung luar angkasa setelah setahun produk pertamanya diluncurkan.

Tantangan apa yang berhasil ditaklukkan ASUS selama di luar angkasa?

Seperti yang kita tau, luar angkasa itu hampa udara. Dengan tantangan seperti ini, ternyata ASUS mampu bertahan selama 600 hari tanpa masalah. Terlebih, di luar sana penuh dengan radiasi kosmik. Untuk bertahan di lingkungan gravitasi mikro membutuhkan performa teknologi rancang bangun yang mumpuni. Boleh dibilang, melalui kesuksesan ini, ASUS terus menciptakan inovasi dan mengedepankan kualitas setiap produknya hingga sekarang.

Untuk mengenang kembali perjalanan ke luar angkasa setelah 25 tahun, ASUS meluncurkan laptop Zenbook SPACE EDITION. Berhubung ini merupakan produk spesial, ASUS mendesain packaging-nya sedemikian rupa. Tema yang dipilih tetap mempertahankan konsep ramah lingkungan. Semua printilan dalam setiap box diupayakan untuk bisa didaur ulang. Satu yang unik, pengguna ASUS bisa memanfaatkan kotak penyimpanan charger sebagai penyangga laptop.

Laptop Zenbook SPACE EDITION ini juga dilengkapi dengan beragam pernak-pernik. Ada ASUS Pen 2.0 yang sangat membantu fitur touch-screen, termasuk laptop sleeve yang punya desain unik bertemakan ruang angkasa. Semuanya sangat mendukung produktivitas. Yang paling seru, saat kita membuka box laptop Zenbook SPACE EDITION layaknya kita melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Seru, kan?

Zenbook SPACE EDITION, Laptop yang Punya Layar OLED Monochrome Bernama ZenVision

 Zenbook Space Edition
Laptop Asus Zenbook Space Edition

Saat menyaksikan tampilan laptop Zenbook SPACE EDITION, saya makin takjub. Ada yang berbeda dengan laptop pada umumnya, yakni fitur unik bernama ZenVision. Fitur ini menampilkan layar OLED monochrome yang terletak di balik layar utama. ZenVision ini memiliki beragam fungsi. Beberapa di antaranya untuk menampilkan status penggunaan dan animasi eksklusif. Fitur ini juga bisa dikustomasi sesuai keinginan penggunanya. Misalnya untuk menampilkan informasi pemilik dan QR code. Canggih, kan?

Layar OLED ini berukuran mini. Hanya 3,5 inci. Jadi, kalau kita lagi nongkrong-nongkrong ganteng di kafe sambil kerja, kita bisa menampilkan status yang bisa terbaca oleh orang lain. Semacam fitur status pada media sosial. Hanya saja ‘status’ ini ditampilkan dalam layar laptop Zenbook SPACE EDITION. Layar OLED mini ini bisa menampilkan status waktu dan tanggal. Baru kali ini saya benar-benar menemukan fitur unik di sebuah laptop. Sungguh ide yang sangat brilliant yang membuat tampilan laptop ini makin personal.

Ketangguhan Laptop ASUS Edisi Ruang Antariksa yang Futurisktik

Ruang antariksa ala ASUS
Simulasi space sewaktu peluncuran ASUS Zenbook SPACE EDITION

ASUS edisi ruang antariksa ini sangat futuristik. Laptop ini diproduksi sebagai perangkat premium dengan beragam fitur. Selain memiliki desain yang canggih, ASUS Zenbook SPACE EDITION ini juga sudah mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan. Nggak tanggung-tanggung, laptop ini sudah tersertifikasi standar US Space System Command (SMC-S-016A).

Ini seperti yang diungkapkan oleh Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia saat peluncuran perdananya:

“Zenbook SPACE EDITION bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung luar angkasa selama 600 hari.” Demikian sambutan Jimmy Lin.

Seperti yang kita tau, ruang angkasa itu bukan tempat ideal untuk tinggal. Termasuk untuk mengoperasikan perangkat elektronik. Karenanya, dibutuhkan ketangguhan dan desain khusus agar laptop bisa dioperasikan dengan baik. Untuk merealisasikan ide tersebut, ASUS merancang Zenbook SPACE EDITION, satu-satunya laptop yang bisa bertahan pada suhu -24 hingga 61 derajat celcius. Rancangan laptop ASUS ini tahan terhadap guncangan berfrekuensi 20-2.000Hz. Laptop ini juga sudah lolos sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Jimmy juga menambahkan jika Zenbook SPACE EDITION dibekali dengan beragam fitur canggih lainnya. Laptop edisi ruang angkasa ini memiliki fungsi dan durabilitas yang terbaik di kelasnya. Produk ini menjadi bukti bahwa ASUS selalu melakukan inovasi dan terus membuktikan konsistensinya dalam kualitas.

Bodi Laptop Canggih Layaknya Melihat Jendela Stasiun Luar Angkasa

Selain memiliki fitur eksklusif, laptop ASUS Zenbook SPACE EDITION juga memiliki desain yang mewah. Warna yang dipilih tentu saja mencerminkan keeksklusifan ruang angkasa, yakni Zero-G Titanium. Bodi laptop menggunakan bahan alumunium yang memiliki ukiran kode morse. Ukiran ini memiliki arti khusus.

Saat kita membuka layar Zenbook SPACE EDITION, pandangan kita layaknya tertuju pada ruang antariksa. Desain ini mempunyai filosofi cakrawala tanpa batas bagi penggunanya. Ini bisa dimaklumi karena laptop ini menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Teknologi ini memiliki color gamut  100 persen DCI-P3 yang sudah bersertifikasi PANTONE Validated Display.

Yang saya suka, layar Zenbook SPACE EDITION ini sangat mendukung kesehatan mata. Layar ini memiliki fitur Eye Care yang membuat spektrum cahaya biru berbahaya bisa dikurangi hingga 30 persen. Fitur ini sudah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheindland untuk low-blue light dan anti-flicker. Dengan layar beresolusi 4K (16:10), layar Zenbook SPACE EDITION ini mampu menampilkan visual warna dengan sangat kaya dan akurat.

Teknologi layar sentuhnya juga mendukung 4096 preassure-level. Semakin canggih dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang lebih interaktif.

Kecepatan Zenbook SPACE EDITION

Layar oke, fitur juga oke, apalagi yang belum? Yes! Pasti banyak yang pengin tau soal kecepatan laptop ini. Laptop Zenbook SPACE EDITION ini memiliki prosesor 12th Gen Intel ® Core™ H-series. Prosesor powerful ini biasanya digunakan untuk laptop gaming. Untuk varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Selain itu, laptop ini juga dibekali chip grafis Intel® Iris® Xe yang pastinya hemat baterai. Untuk memaksimalkan kebutuhan komputasi sehari-hari, laptop ini juga ditambah hardware encoding.

Sementara untuk memorinya menggunakan LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB dan untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Dijamin deh larinya bakal gesit dan waktu loadingnya makin singkat. Cocok banget untuk pekerjaan yang membutuhkan aktivitas multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Karena ‘daya larinya’ super kencang, tentu saja laptop ini membutuhkan sistem pendinginan khusus. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, Laptop Zenbook SPACE EDITION menggunakan ASUS IceCool Technology yang dibenamkan di setiap produknya. Sistem pendingin ini memiliki dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mengamankan komponen penting di dalamnya.

Sangat Fleksibel dan Nyaman untuk Digunakan dengan Beragam Fitur Penunjang

Untuk mendukung kenyamanan penggunanya, Laptop Zenbook SPACE EDITION memiliki fitur penunjang yang sangat lengkap. Untuk konektivitas misalnya, laptop ini memiliki beragam port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. Lengkap, kan?

Selain itu, ada beberapa port lain yang juga dibenamkan, seperti dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C ini tidak saja memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

Untuk menghubungkan ke monitor eksternal, laptop ini bisa  menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K. Sementara untuk mengisi daya baterainya, Zenbook SPACE EDITION bisa menggunakan charger serta power bank USB Type-C.

Tambahan fitur penunjang lainnya ada di keyboard yang menggunakan teknologi ASUS ErgoSense. Keyboard ini memiliki desain dan jarak 1,4mm seperti keyboard pada PC desktop premium. Semua keunggulan ini tentu saja dirancang agar setiap pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat mengetik. Touchpad-nya yang lebar tentu saja membuat kita lebih mudah mengontrol laptop dengan lebih nyaman. Apalagi, fitur touchpad ini bisa diubah menjadi NumberPad 2.0. Desain ini tentu memudahkan siapa pun untuk melakukan input angka dengan lebih cepat dan akurat.

Terakhir, bagaimana dengan harga?

Untuk semua kebaikan yang dimiliki laptop ini, ASUS Zenbook SPACE EDITION dibanderol dengan harga Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM) dan Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM).

So, yes or no? Saya sih seperti kata Mas Anang, YES!

Spesifikasi Lengkap Laptop Zenbook SPACE EDITION

Main Spec.Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)
CPUIntel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating SystemWindows 11 Home
Memory32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

GraphicsIntel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera720p HD camera with electronic privacy shutter
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight1.4 Kg
ColorsZero-G Titanium
PriceRp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty