job dari internet
Menghasilkan cuan dari internet

BETAPA ENAKNYA DAPAT PENGHASILAN DARI INTERNET YANG “CUCOK MEONG”

Suatu ketika, saya membaca curhatan di sebuah platform digital. Dalam platform tersebut, banyak diskusi netizen tentang cara mendapatkan penghasilan dari internet. Tidak hanya diskusi, sebagian netizen yang lain juga mencurahkan ‘sambatan’ hatinya yang tak kunjung mendapatkan penghasilan. Dari yang optimistis sampai yang pesimistis ada. Semua lengkap. Kira-kira begini rangkuman ‘sambatan’  dan pertanyaan yang saya baca:

“Saya baru lulus SMA, belum punya uang untuk kuliah, gimana caranya bisa mendapatkan penghasilan dari internet dan menabung untuk biaya kuliah?”

“Bisnis apa, Bang, yang cocok bagi orang yang memulai bisnis di era digital?”

“Apa paket internet bulanan yang termurah untuk mendukung bisnis?”

“Bagaimana memanfaatkan internet supaya dapat cuan?”

“Bagaimana cara memaksimalkan penghasilan dari internet?”

“Bang, mau nanya itu ngubah dolarnya ke rupiah gimana ya (biar bisa masuk ke rekening kita atau pun akun lainnya).”

“Kalau dapat pembayaran dolar dari luar negeri, supaya saldo bisa masuk ke rekening ATM gimana caranya, Bang?”

Beragam pertanyaan ini menarik buat saya. Memang, warganet Indonesia itu selain “sadis dan barbar” saat berkomentar di sosial media, mereka juga lucu sekaligus pintar. Tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan internet “di jalan yang benar”. Misalnya, untuk menghasilkan cuan dari internet.

Dari curhatan mereka saya belajar: mencari penghasilan dari internet ternyata gampang-gampang susah. Susah buat mereka yang baru merintis terjun ke dunia digital. Lebih susah lagi kalau belum tau caranya. Gampang kalau sudah tau jalannya. Sejujurnya, saya pun pernah di fase demikian. Pernah kebingungan bagaimana caranya menjadikan internet sebagai salah satu sumber penghasilan.

Lha, terus piye carane entuk cuan dari internet?

Mari lanjutkan membaca tulisan ini sampai tuntas supaya tau caranya. Saya mau sedikit berbagi tentang bagaimana bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Seribu Cara Mendapatkan Cuan dari Internet

Beragam profesi dari internet
Banyak profesi yang menghasilkan cuan dari internet

Melanjutkan tulisan di atas, jika saya yang ditanya seperti itu sepuluh tahun silam, pasti akan saya jawab “TIDAK TAHU”. Ya, satu dekade lalu, saya sendiri belum tau bagaimana caranya orang-orang bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Penghasilan dari internet yang saya tau saat itu hanya berjualan online. Tidak lebih.

Sekitar 10-15 tahun silam, profesi seperti vlogger, blogger, selebgram, selebtwit, tiktoker, dan lain-lain belum terlalu dikenal (atau belum ada). Lain halnya dengan sekarang. Saya pun, awal-awal menulis di blog hanya untuk bersenang-senang. Tidak pernah kepikiran menjadi seorang blogger. Apalagi bisa menghasilkan cuan. Menurut saya, kalau mau serius ngeblog harus seperti Raditya Dika. Memproduksi konten tulisannya di blog menjadi buku. Baru bisa menghasilkan cuan. Tapi itu dulu.

Baca juga: TIPS MENGHINDARI PENCURIAN DATA PRIBADI

Dunia digital berubah cepat. Kini banyak cara untuk mendapatkan cuan dari internet. Profesinya bisa bermacam-macam. Tidak sebatas menjadi influncer seperti blogger atau vlogger saja. Untuk mendapatkan penghasilan dari internet baik kuncinya cuma satu: JANGAN MUDAH MENYERAH! Kamu bisa melakoni beberapa jenis pekerjaan di bawah ini:

  • Menjadi digital creator

Blogger atau vlogger adalah satu di antara sekian jenis content creator atau digital creator. Mereka bisa mendapatkan job dari brand-brand yang men-hire mereka untuk membuat konten atau pun jasa endorse. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense atau iklan. Saya adalah salah satu orang yang mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis blog.

  • Menjadi dropshipper

Profesi ini juga cukup mudah untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari internet. Kamu tidak perlu membutuhkan modal besar. Cukup dengan kuota paket internet rumah, kamu bisa menjadi dropshipper. Profesi ini cukup menjanjikan karena kamu tidak perlu menyetok barang untuk memasarkan produk. Setiap barang yang dibeli pelanggan bisa dipesan dulu dari dropshipper. Barang kemudian dikirim oleh supplier ke pembeli atau pelangganmu.

  • Menjadi content maker untuk UMKM

Banyak lho, UMKM yang membutuhkan jasa ini. Teman saya banyak yang berprofesi sebagai content maker untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak UMKM yang membutuhkan jasa freelancer ketimbang mempekerjakan karyawan tetap. Terutama untuk efisiensi biaya produksi. Umumnya, jasa yang ditawarkan content maker berupa pembuatan desain konten medsos, pembuatan web, copywriting, dan lain-lain.

  • Ikut affiliate marketing

Profesi mirip-mirip tenaga pemasar. Bedanya dilakukan secara online. Penghasilan yang didapatkan bersarkan kinerja. Perusahaan akan memberikan reward kepada satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang diperoleh.

Dari beberapa pilihan profesi di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis profesi lainnya. Seperti kata pepatah, ada seribu jalan menuju Roma, begitu juga di dunia digital. Ada seribu cara mencari cuan di internet jika kita mau sedikit berusaha. Semua bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah atau pekerjaan utama. Asal ada #PaketInternetTerbaik semua lancar.

Mudah dan banyak pilihan, kan?

Cuan dari Dunia Influencer yang Menjanjikan

Suatu ketika, saya tengah asik menikmati secangkir teh bersama seorang sahabat sembari menghabiskan libur akhir pekan. Tiba-tiba saja, teman saya nyeletuk “Apa mungkin ya, suatu saat nanti setiap universitas punya jurusan INFLUENCER.”

Saya yang mendengar celetukannya hampir tersedak minuman. Memang, kami terbiasa ngobrol random tentang apa saja. Sejujurnya “pertanyaan aneh” semacam ini sangat biasa buat saya. Tapi pertanyaan yang satu ini memang out of the box. Saya pun menyetujui pemikirannya. Kenapa enggak? Toh profesi influencer seperti vlogger, blogger, tiktokers, selebgram, selebtwit, dan lain-lain buktinya memang banyak yang sukses. Mereka bisa menjual keahliannya membuat konten untuk mendapatkan cuan dari internet.

Kenapa saya setuju?

Lha wong, saya juga merasakan cuan dari profesi ini. Yang awalnya sekadar hobi, kalau ditekuni dan digeluti serius bisa mendatangkan cuan. Tidak usah muluk-muluk seperti Deddy Corbuzer atau Atta Halilintar yang sukses dengan konten podcast atau daily vlog-nya. Seorang blogger yang senang menulis seperti saya juga bisa mendapatkan uang. Memang, untuk penghasilan blogger tidak (belum) sebesar vlogger yang mengandalkan iklan dari AdSense. Dibilang cukup Alhamdulillah. Karena ini bukan penghasilan utama saya. Saya menganggap pekerjaan ini sebagai side hustle.

Piye? Setuju nggak kampusmu membuka jurusan INFLUENCER?

Baca juga: BOLEH HIDUP MINIMALIS, TAPI TABUNGAN HARUS TETAP MAKSIMAL

Mendapatkan Penghasilan Dolar dari Internet

jaringan prima punya banyak kelebihan
Beragam kelebihan Jaringan PRIMA

Dulu, saya tidak pernah kepikiran untuk mendapatkan penghasilan dolar dari internet. Bahkan, nilainya lebih dari cukup untuk hidup sebulan di Jakarta—dengan gaya hidup ala saya tentunya. Anggap saja satu proyek nilainya 100 dolar. Kalau sebulan bisa dapat 5-6 proyek tulisan buat saya sudah lumayan. Ketimbang lu manyun, ya kan?

Caranya gimana?

Sebagai seorang blogger, saya mendaftarkan blog saya ke beberapa agensi digital. Misalnya saja Intellinfluence, Hiip, Partipost, dan lain-lain. Dari sana kita bisa mendapatkan job. Brand yang tertarik dengan konten tulisan kita akan menawarkan beragam pekerjaan. Bisa dalam bentuk tulisan atau paid promote ke media sosial kita. Kalau bayarannya dolar, nilainya lumayan “cucok meong“.

Gimana untuk pembayarannya?

Beruntungnya saya punya rekening tabungan BCA yang terhubung dengan #JaringanPrima. Setiap kali ada pembayaran masuk dari Paypal, tinggal saya tarik dan transfer ke rekening tabungan di bank tersebut.

Karena terhubung dengan jaringan PRIMA, mesin ATM-nya banyak. Ada di mana-mana. Butuh uang cash, tinggal tarik tunai dari ATM. Transaksi apa pun real time. Nggak perlu antre.. #MudahPakaiPrima mau transaksi apa pun bisa di mana aja. Nggak harus ke mesin ATM BCA. Semua jadi gampang berkat Jaringan PRIMA ini.

Punya Jaringan Internet yang Andal adalah Solusi

provider myrepublic
Beragam kelebihan MyRepublic

Zaman sekarang mendapatkan penghasilan dari internet adalah hal biasa. Tidak butuh modal besar. Kuncinya cuma satu: punya jaringan internet yang andal. Ini adalah solusi bagi kaum rebahan yang ingin mendapatkan penghasilan dari side hustle seperti saya.

Baca juga: 3 HAL YANG SAYA LAKUKAN SAAT HEALING ATAU ME TIME DAN INI PENTING

Rekomendasi jaringan internet yang andal apa, Mas?

Wah ini. Kalau ada yang tanya seperti ini saya pasti selalu merekomendasikan MyRepublic. Untuk paket internet rumah, MyRepublic ini sangat bisa diandalkan. Yang paling saya suka, MyRepublic ini koneksinya cepat hingga tanpa batas. Kalau dibandingkan dengan provider lain, tarif #paketinternetrumah MyRepublic jauh lebih kompetitif. Terlebih, saat dipakai pada jam-jam sibuk. Layanan video streaming-nya anti buffering. Cocok banget buat kamu yang suka gaming atau nonton layanan streaming seperti Netflix.

Selain itu, MyRepublic juga menawarkan paket internet berkecepatan tinggi hingga 150 Mbps. Gimana, Ngab? Cepet, kan? Betewe, kamu udah siap untuk mendapatkan cuan dari internet yang cucok meong?

Kalau saya, sama seperti kata Mas Anang: AKU SIH, YES!