Perawatan bopeng bekas jerawat
Prosedur PRP untuk menghilangkan bekas jerawat di Menology by ZAP.

Pejuang Bopeng Bekas Jerawat Bisa Melakukan Treatment PRP di Menology by ZAP

Cowok skincare-an memang kurang populer. Tapi, tak ada salahnya merawat kulit wajah biar tampak segar. Apalagi jika sering beraktivitas di luar. Ini cerita saya mencoba treatment wajah di klinik Menology by ZAP.

***

Sudah beberapa hari ini cuaca Jakarta panas luar biasa. Saya selama WFH jadi malas banget buat keluar rumah saat siang hari. Terlebih, setelah beberapa waktu pulang ngetrip dari luar kota. Kulit wajah saya memang tampak lebih ‘gosong’ dari sebelumnya.

Penampakan kulit wajah yang gosong ini diperparah dengan adanya bopeng-bopeng bekas jerawat yang betah ‘ngekos’ bertahun-tahun.  Jadinya kalau pulang ngetrip dijamin deh, kulit wajah makin gelap dan kusam. Beberapa kali saya pernah diceramahi teman cewek. “Sesekali coba perawatan sana biar wajah keliatan cerah.” Begitulah nasihat yang sering saya terima.

Baca juga: PERAWATAN KULIT OPTIMAL DENGAN SCARLETT SHOWER SCRUB

Sayangnya, saya sering berkilah “Gakpapa, kulit wajah cukup dibasuh air wudu aja biar cerah.” Halaaah! Mbeelll. Itu cuma alibi saya aja yang memang malas merawat kulit wajah. Apalagi bopeng-bopeng bekas jerawat yang bertebaran di wajah. Alasan klasik yang sering diucapkan cowok.

Lagian, memangnya semua cowok di dunia ini Muslim? Memang sih, kalau rajin wudu minimal dosa, debu, dan kotoran di wajah bisa hilang. Apalagi sehari lima kali wudu. Soal wajah cerah dan bopeng bekas jerawat itu memang butuh treatment khusus. Tidak mungkin lenyap hanya dengan air wudu.

Pada akhirnya, setelah memandangi wajah di cermin yang benar-benar kusam dan bopeng yang merajalela, saya coba untuk mengikuti saran-saran teman cewek. Yup! Akhirnya saya mencoba salah satu treatment wajah di klinik khusus cowok, Menology by ZAP.

Konsultasi dengan Dokter di Klinik Menology by ZAP

dokter di menology by ZAP
Dokter Rizal ini sangat ramah dan humble.

Bingung.

Begitulah rata-rata cowok saat masuk ke klinik perawatan wajah. Begitu banyaknya jenis perawatan yang disediakan, membuat sebagian besar cowok bingung harus pilih treatment  apa yang cocok dengan kulitnya. Salah ambil jenis treatment bisa-bisa kulit wajah jadi glow down, bukan glow up. Karenanya, kita harus konsultasi dulu dengan dokter agar treatment-nya tepat.

Beruntungnya, saya pilih treatment di klinik Menology by ZAP. Klinik perawatan wajah khusus cowok ini lumayan dekat dengan tempat tinggal saya. Lokasinya ada di Mall Kokas (Kota Kasablanka). Nggak begitu susah kok buat dicari. Begitu masuk mall lantai UG, kita bisa lihat nama plangnya dengan jelas. Ada tulisan ZAP di depannya. Di sini saya berkonsultasi dulu dengan dokter Rizal. Salah satu dokter yang menangani pasien di klinik ini. Orangnya ramah dan humble. Jadi asik buat konsultasi.

air purefier
Air Purefier di Menology by ZAP

Klinik Menology by ZAP ini desain interiornya lumayan mewah. Tersedia sofa leather yang bisa digunakan untuk menunggu sebelum melakukan perawatan. Vibes-nya mirip-mirip hotel dan bikin betah. Sambil menunggu treatment, kita akan mendapatkan softdrink berupa teh, kopi, atau air mineral. Semuanya free. Buat cowok yang baru pertama kali melakukan treatment wajah, wajib booking online terlebih dulu. Atau saat ngemall di Kokas bisa tanya-tanya lebih dulu sama resepsionisnya. Di sini, setau saya tidak melayani treatment on the spot tanpa reservasi. Kecuali memang ada slotnya.

Saya senang banget dengan proses booking online ini. Booking online ini menunjukkan kalau klinik Menology by ZAP sangat mengutamakan prokes agar tidak terjadi penumpukan pelanggan. Di sini benar-benar tidak ada antrean berjubel di tempat. Klien yang datang pada waktu treatment adalah klien yang memang melakukan treatment pada waktu tersebut.

soft drink di klinik perawatan
Setiap klien akan mendapatkan soft drink di klinik Menology by ZAP

Saat konsultasi dengan dokter, wajah kita akan difoto yang nantinya digunakan untuk database klinik. Pelayanannya sangat ramah. Selain itu, ruangannya sangat bersih dan nyaman. Klinik treatment khusus pria ini juga menyediakan air purifier di setiap ruangan. So, sirkulasi udara dijamin lebih bersih dan segar. Bahkan, untuk penggunaan bed-nya pun dilapisi sheet sekali pakai. Bisa dipastikan prokes di sini sangat ketat.

Layanan di Menology by ZAP selalu Tepat Waktu

ruang tunggu di ZAP
Ruang lobi yang nyaman untuk klien.

Baru kali ini saya mendatangi klinik perawatan wajah yang benar-benar mengutamakan ketepatan waktu. Jadi, semua treatment akan dilayani secara on time. Tidak ada istilah klien harus menunggu berjam-jam karena panjangnya antrean. Jaminan tepat waktu ini adalah prioritas yang tidak dimiliki klinik sejenis.

Jika klien menunggu lebih dari 20 menit dari jadwal yang sudah ditentukan, ZAP akan memberikan voucher senilai 199ribu dengan beberapa syarat berikut:

  • Jika klien belum masuk ruangan 20 menit dari jadwal treatment yang sudah dipilih, klien berhak mendapatkan recovery voucher benefit Rp.199.000 di ZAP Clinic.
  • Revervasi treatment berlaku untuk klien yang memiliki Series, Gift Certificate, dan Membership.
  • Klien yang terlambat dari jadwal perawatan seharusnya, wajib mengikuti antrean sesuai ketersediaan slot.
  • No show charge berlaku bagi klien yang tidak datang sesuai jadwal perawatan

Salut sih sama pelayanan ZAP yang tepat waktu ini. Sebagai klien, saya merasa waktu yang kita miliki benar-benar dihargai. Jujur, saya belum pernah menemukan layanan setepat waktu seperti ZAP.

Saya Pilih Treatment PRP untuk Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

wajah dibius
Wajah dibius dengan krim agar kebas.

Jadi, ini jenis treatment apa?

Fyi, sebenere banyak banget treatment untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Treatment ini tergantung dengan jenis luka bekas jerawat yang dimiliki. Ada beberapa jenis bekas luka parut di wajah ini. Mulai dari ice pick scars, boxed scars, rolling scars, hyperpigmentation scars, dan keloid scars. Scars di wajah saya sendiri tergolong gabungan dari beberapa jenis. Karenanya dibutuhkan treatment kombinasi agar hasilnya maksimal. Salah satunya dengan treatment PRP atau Platelet Rich Plasma.

Jadi, treatment PRP yang saya pilih memiliki metode dengan mengambil sebagian darah pasien untuk dijadikan plasma yang kaya faktor pertumbuhan dan mampu membantu regenerasi kulit serta memberikan efek peremajaan. Yap benar. Saat treatment kita akan diambil darahnya sekitar 18 cc yang akan ditampung ke dalam 6 tabung. Dari total ini, hanya 4 tabung yang dipakai.

serum dari darah
Serum yang diambil dari darah.

Darah ini selanjutnya akan diproses menjadi serum dengan alat khusus. Prosedur selanjutnya adalah menginjeksikan kembali serum yang sudah diambil dari darah tadi ke wajah. Bisa dengan menggunakan derma pen dan alat injeksi khusus yang bentuknya mirip tembakan. Tenang aja, nggak begitu sakit kok.

Sebelum PRP dimulai, wajah kita akan dibersihkan lebih dulu, baru kemudian dibius lokal dengan krim baal agar kebas. Setelah krim dioleskan, kita tunggu sekitar 30 menit agar wajah kebas sambil menunggu serumnya diproses.

Kemudian krim dibersihkan  dan proses PRP pun dimulai. Serum dioleskan ke seluruh wajah dan proses rolling dengan menggunakan derma pen beraksi. Wajah akan sedikit merah dan berdarah. Nggak apa-apa, itu wajar. Setelah itu, baru tahap penginjeksian sebagian serum ke bagian wajah yang bopeng-bopeng agar terisi. Alatnya mirip dengan tembakan.  Yakin deh, nggak begitu sakit.

prosedur PRP
Prosedur penginjeksian serum dengan alat mirip tembakan.

Total treatment ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dari awal sampai akhir. Setelah melakukan treatment PRP, usahakan agar wajah tidak terpapar sinar matahari langsung. Selama 72 jam disarankan untuk tidak mencuci wajah dengan menggunakan facial wash atau pembersih wajah yang bisa menyebabkan iritasi. Untuk membersihkan wajah cukup dengan menggunakan air dengan lembut. Di hari ke 3-7 kulit wajah akan mengelupas dan peremajaan pun dimulai.

Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan pelayanan di klinik Menology by ZAP ini. Stafnya pun ramah-ramah dan responsif.

Satu lagi nih. Buat kalian yang ingin mendapatkan treatment hemat, cukup menggabungkan treatment dengan menggunakan paket ZAP Series. Dengan ini kalian akan mendapatkan harga spesial yang jauh lebih murah dari harga normal. Info lengkap bisa cek @zapcoid ya!

Jadi, Menology by ZAP yes or not? Saya sih, yes banget!