seragam karyawan
Metamorfosis outfit karyawan pria.

Metamorfosis Outfit Karyawan Pria, dari Kemeja Rapi sampai T-shirt yang Casual

Dari dulu ada aturan tertulis (atau standar umumnya) kalau karyawan (khususnya) pegawai kantoran pria, wajib menggunakan outfit tertentu saat bekerja. Kemeja rapi, celana bahan, sepatu pantofel, rambut wajib menggunakan pomade, dan macam-macam. Sebenarnya, standar outfit karyawan pria ini tidak baku-baku amat. Semua tergantung jenis pekerjaan, posisi, dan tugasnya dalam sebuah perusahaan.

Saya sendiri pernah rapi (pada masanya) saat bekerja di perbankan. Gambaran outfit karyawan pria di atas sudah menjadi ‘makanan’ sehari-hari.

Nyamankah dengan oufit seperti itu?

Kalau dibilang nyaman, ya, tentu saja nyaman pada saat itu. Penampilan rapi saat bekerja memang sudah diatur oleh kantor. Salah satu alasannya karena kita sering bertemu dengan nasabah. Nggak lucu kan kalau penampilan kucel dan ‘seadanya’. BIsa-bisa nasabah ‘kabur’ duluan karena penampilan kita yang terkesan tidak profesional.

Baca juga: DUKUNGAN JNE UNTUK COSMO JNE FC

Beda Profesi, Beda Jenis Outfitnya

Saat masuk ke dunia start up, saya pernah mempunyai pengalaman lucu. Terutama pas awal-awal bergabung di industri media. Saya masuk kantor dengan standar outfit di perbankan. Rapi banget pokoknya. Teman lama saya yang saat itu belum kenal, sering memerhatikan penampilan saya dari kepala sampai ujung kaki. Mungkin di benaknya sering mbatin “Ini makhluk asing dari mana nyasari di mari?”

Saya juga sempat mengalami ‘culture shock’ saat masuk di industri media. Teman-teman baru saya masuk kantor dengan outfit yang sangat-sangat kasual. Pake sepatu sneakers, t-shirt polo, celana jeans atau chino, rambut gondrong, kadang pakai sandal, dan macam-macam. Pemandangan seperti tidak pernah saya lihat di kantor lama. Saya jadi merasa malu dan risih karena satu-satunya karyawan yang berpenampilan “very-very old fashioned”.

Jadilah sejak saat itu saya mengikuti gaya outfit mereka yang sangat kasual. Tampil formal hanya sesekali kalau ada acara khusus. Bhaaay penampilan jadoel!

Gaya Outfit Karyawan Pria Zaman Now

Beberapa tahun belakangan ini saya perhatikan outfit karyawan pria berubah drastis. Terutama mereka yang bekerja di industri jasa seperti perbankan dan sektor-sektor formal lainnya. Penampilan teman-teman lama saya di perbankan sekarang tampil lebih kasual. Khususnya mereka yang tidak berhubungan langsung dengan nasabah atau customer.

Perubahan penampilan karyawan ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya tren perusahan start up yang makin banyak bermunculan. Industri start up tidak mewajibkan karyawannya tampil rapi dan formal. Mereka lebih fokus agar karyawannya berpikir dan bertindak kreatif. Jadi, urusan penampilan tidak diutamakan lagi. Bahkan, ke kantor hanya dengan t-shirt pun bukan sesuatu yang haram. Yang penting target dan pekerjaan selesai tepat waktu.

Seragam Baru JNE, Ada Tangan Ario Anindito di balik Outfitnya yang Keren

seragam kurir jne
Seragam kurir JNE didesain khusus oleh Ario Anindito

Ngomongin metamorfosis outfit atau seragam karyawan memang lumayan seru. Pada umumnya, aturan seragam atau outfit karyawan pria yang berada di dalam kantor dibuat berbeda dengan yang di lapangan. Seragam karyawan yang tugasnya di lapangan dibuat fleksibel. Terutama mereka yang aktivitasnya berada di bawah sinar matahari langsung. Karyawan akan merasa kurang nyaman kalau harus tampil rapi jali lengkap dengan pantofel.

Industri tertentu seperti perusahaan logistik pastinya punya standar khusus untuk karyawan mereka yang berada di lapangan. Seragam selain difungsikan dengan tingkat kenyamanan pemakainya, juga menjadi salah satu brand identity.

Nggak salah, sih, banyak perusahaan yang concern banget dengan urusan seragam ini. Salah satunya adalah seragam baru kurir JNE. Nggak tangggung-tanggung. Untuk membuat seragam kurir terbarunya, JNE meminta salah satu illustrator handal, Ario Anindito, untuk mendesain.

Sekadar informasi, Ario Anindito sendiri sangat dikenal di dunia internasional. Karya-karya ilustrasi Ario memang luar biasa. Ia bahkan dipercaya Marvel untuk membuat komik Star Wars terbaru “Star Wars: The High Republic”.

Sebenarnya, di dunia komik Marvel sendiri nama Ario Anindito memang tidak asing lagi. Ia sudah bekerja sama dengan Marvel sejak 2014 silam. Selain itu, Ario Anindito juga pernah bekerja untuk DC Comics juga lho.

Karena karya-karyanya ini, Ario dipercaya JNE untuk mendesain karakter yang nantinya akan diaplikasikan di seragam kurir terbaru JNE. Karakter yang dibuat Ario adalah Si Joni Super Kurir. Karakter ini menggambarkan bahwa Si Joni sebagai seorang kurir super hero yang selalu mengantarkan kebaikan. Sama seperti kurir-kurir JNE yang tak pernah lelah mengantarkan kebahagiaan untuk semua pelanggannya. Karakter yang dibuat Ario ini sejalan dengan tagline yang diusung JNE: #ConnectingHappiness.

Seragam baru kurir JNE ini dipakai setiap hari Sabtu dan Minggu. Jadi, saat weekend pelanggan JNE akan melihat seragam baru buatan oleh Ario Anindito yang terinspirasi dari komik Marvel. Semoga kesatria JNE ini terus semangat berbagi kebahagiaan dengan kita semua.