perayaan imlek
Momen Imlek selalu dirayakan oleh etnis Tionghoa

Ada Angpao dan Bakpao di Momen Imlek Tahun Ini

Momen Imlek tahun ini, kamu sudah dapat angpao, belum?

***

Sudah sejak dulu kala keragaman budaya nusantara dipengaruhi oleh berbagai etnis yang tinggal dan menetap di tanah air. Etnis Tionghoa misalnya. Meski jumlahnya minoritas tapi banyak peninggalan sejarah dan perayaan yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

Ada beberapa perayaan yang identik dan jamak dilakukan oleh banyak orang setiap bulan Februari. Yakni Imlek dan Hari Valentine. Eh, kalau momen Imlek nggak melulu di bulan Februari sih, dan nggak semua merayakan. Imlek sendiri hanya dirayakan oleh mereka yang beretnis Tionghoa atau memilih darah keturunan.

Sementara, Valentine hanya dirayakan oleh mereka yang percaya bahwa momen kasih sayang harus diungkapkan setiap tanggal 14 Februari. Dua perayaan hari spesial ini sudah menjadi salah satu bagian budaya Indonesia dan jamak diperingati secara umum.

Secara pribadi, saya memang tidak pernah merayakan Imlek maupun Valentine. Hanya saja, jika ada kesempatan dan kebetulan sedang bisa menikmati festival seperti Imlek, saya mau saja ikut. Pasti rasanya menyenangkan bisa bersilaturahmi dengan teman-teman Tionghoa.

Sayangnya, di momen-momen seperti  ini, perayaan yang seharusnya berjalan meriah harus dibatasi. Maklum, penyebaran varian baru Covid19 yakni Omicron terus meluas. Tak apa. Yang penting pandemi bisa segera berlalu.

Baca juga: KALAU JNE PUNYA HARBOKIR, KAMU MAU KIRIM APA?

Manfaatkan Momen Imlek, JNE Turut Berbagi Kebahagiaan

Perbedaan etnis tidak seharusnya membuat  kita terpecah-belah, diskriminatif, rasis atau saling membenci. Sebaliknya, harus tetap bersatu, saling menghargai, toleransi, dan tolong menolong. Prinsip seperti inilah yang harus terus dipupuk. Tidak hanya sebagai prinsip pribadi, tetapi juga bisa diwujudkan oleh siapa saja termasuk korporasi. Salah satunya seperti yang dilakukan JNE (Jalur Nugraha Ekakurir). Salah satu perusahaan ekspedisi yang sudah puluhan tahun beroperasi di Bumi Indonesia.

Di momen Imlek seperti sekarang, JNE turut berbagi kebahagiaan untuk semua pelanggan setianya. Imlek tahun ini, JNE memerintahkan seluruh kantor cabang untuk menyalurkan donasi dan memasang dekorasi Imlek di 16 kota besar (Jambi, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Palembang, Tanjungpinang, Bogor, Manado, Pontianak, Tangerang, Singkawang, Batam, Silangit, Pangkalpinang, Medan, dan Malang) selama perayaan berlangsung dari 25 Januari – 6 Februari 2022.

Memang, sepanjang yang saya tau, JNE ini nggak pernah absen untuk melakukan hal baik. Saat momen Imlek di tengah pandemi seperti sekarang, JNE turut memberikan bantuan berupa mangkuk dan sumpit yang dibagikan ke beberapa panti asuhan multikultural, vihara, dan klenteng. Pemilihan mangkuk dan sumpit menyimbolkan kemakmuran dan kehormatan untuk macan air dan tahun-tahun yang akan datang.

JNE Bagi-bagi Double “Pao” Angpao dan Bakpao saat Perayaan Imlek

Imlek JNE
Momen Imlek bersama JNE

Kue apa yang menjadi ikon saat Imlek? Yap! Benar. Pastinya kue keranjang alias dodol Cina. Sayangnya, ikon kue Imlek ini tidak dipilih JNE untuk tahun ini. JNE lebih memilih bakpao. Selain bakpao, JNE juga memberikan voucher angpao.

Nantinya, setiap pemenang berhak mendapatkan voucher angpao dan frozen bakpao. Perayaan Imlek ini dilakukan di daerah yang banyak kantong etnis Tionghoanya seperti di Kota Singkawang, Medan, Pontianak, Semarang, dan Surabaya.

Bisa Ikutan Game Imlek Bersama Si Joni

JNE bagi angpao
Diskon khusus momen Imlek JNE

Mumpung momen Imlek dan banyak hoki berteberan, jangan lupa ikutan #GameSiJoni di media sosialnya @jne_id. Caranya gampang, kok. Kamu bisa ikutan kuis tebak kata lampion bareng Si Joni. Dengan ikut bermain game ini, kamu sebagai pelanggan setia berkesempatan untuk mendapatkan angpao dan merchandise seru dari JNE.

Caranya gampang banget! Kamu tinggal follow akun JNE, like postingannya, dan jangan lupa jawab pertanyaan di kolom komentar tebak kata lampion yang bergerak. Jangan lupa juga mention 3 orang temanmu dan sertakan tagar #JNEMajuIndonesia dan #JNELampionHarapan. Kuis ini berlangsung dari 26-29 Januari 2022.

Biar kamu menang, nih saya kasih tau jawabannya: “Keberuntungan, kebahagiaan, kesejahteraan, kemakmuran”. Hehehe. Jangan lupa bagi-bagi hadiahnya kalau menang. 😀

Rayakan Momen Imlek, Member JLC Dapat Ekstra Poin Khusus

bonus imlek
Banyak bonus selama Imlek

Beruntungnya, budaya Tionghoa di Indonesia sendiri sudah berasimilasi dengan budaya nusantara. Etnis Tionghoa pun kini sudah bisa merayakan Imlek dengan bebas. Perayaan Imlek ini juga didukung oleh JNE dengan memberikan penawaran menarik selama periode Imlek 2022.

Buat kamu sebagai member JLC (JNE Loyalty Card) ada kabar gembira nih. Di momen Imlek tahun ini, jika kamu mengirim paket selama periode 1-9 Februari 2022, kamu bakalan dapat ekstra poin khusus untuk member JLC dengan minimum transaksi 450 ribu/hari (berlaku akumulasi pengiriman). Wih! Mantap benerlah ini.

Kamu juga bakalan dapat diskon khusus untuk pengiriman paket internasional sebesar 20 persen. Diskon ini berlaku untuk tujuan pengiriman ke China, Hongkong, Taiwan, dan Singapura. Kapan lagi bisa kirim-kirim paket kayak gini. Mumpung ada diskon besar, kirim sebanyak-banyaknya.

UMKM Terdampak Covid19, JNE Turut Bergerak

Diskon pengiriman paket ini menjadi momen yang membahagiakan semua pihak. Terlebih kamu yang bergelut di bidang UMKM. Ya, maklum. Dua tahun belakangan ini rasanya pasti campur aduk. Antara ingin bertahan di bisnis yang kamu geluti atau menyerah dengan keadaan. Apa pun itu, kamu harus bisa bangkit dan berjuang. Banyak dukungan dari berbagai pihak agar bisnis UMKM tetap berjalan. Seperti yang telah dilakukan JNE.

Bisnis UMKM merupakan tulang punggung ekonomi. Sudah sewajarnya semua pihak turut bergerak membantu. Lewat berbagai dukungan seperti pemanfaatan e-learning, e-commerce, dan literasi digital, semoga pelaku UMKM bisa segera pulih dan bangkit dari keterpurukan.

Lewat perayaan Imlek di tahun macan air ini, semoga kita bisa lebih mengenal keberagaman budaya Tionghoa yang sudah menjadi bagian dari budaya nusantara.

Sekali lagi selamat tahun baru Imlek 2022, Gong Xi Fa Cai. Semoga kesehatan, keberkahan, dan keberuntungan selalu bersama kita semua. Amin.