Tips membeli rumah
Perhatikan 5 poin membeli rumah

Tertarik Properti? Perhatikan 5 Poin Membeli Rumah Berikut agar tidak Menyesal

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi sebuah rumah tangga. Sebagian orang memilih untuk membeli tanah, mendesain kemudian membangun sendiri sesuai bujet yang dimiliki. Namun, tidak sedikit yang lebih memercayakannya pada developer dengan membeli properti jadi. Jika kamu tertarik ingin memiliki properti dengan segera, tetap perhatikan 5 poin membeli rumah berikut.

Memang, membangun rumah sendiri jauh lebih merepotkan. Kamu harus membeli tanah, mendesain, memilih bahan bangunan, mencari tukang, hingga mengurus izin mendirikan bangunan (IMB). Bukan hanya tidak praktis, tetapi juga menyita waktu, pikiran, tenaga, dan biaya.

Baca juga: MENELUSURI KEINDAHAN RUMAH JOGLO

5 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Memutuskan untuk membeli suatu rumah perlu pertimbangan yang matang. Selain harganya yang tidak murah, juga terkait dengan kenyamanan penghuninya. Ada baiknya kamu memikirkan apakah akan membeli dengan cara cash atau melalui KPR. Rumah merupakan investasi jangka panjang. Jika memilih untuk membeli  hunian jadi, pertimbangkan 5 poin berikut:

Pilih Developer Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk memilih developer, perhatikan reputasinya. Cek berapa banyak proyek properti yang sudah diselesaikan dan  bagaimana kualitasnya. Kamu dapat melihat testimoni atau menanyakan pada orang yang pernah menggunakan jasanya.

Jangan lupa untuk mengecek track record penjualannya. Sebaiknya jangan membeli dalam bentuk pre project, sebaliknya beli rumah jadi atau setidaknya 50 persen dalam proses. Hal ini untuk memastikan agar kamu tidak tertipu oleh developer yang kurang bertanggung jawab.

Lokasi Rumah adalah Kunci

Properti, termasuk rumah merupakan salah satu produk yang harganya naik cukup signifikan setiap tahun. Sebaiknya lakukan survei lokasi terlebih dulu. Survey ini berkaitan erat dengan harga. Semakin jauh dari pusat kota harganya juga semakin murah, begitu juga sebaliknya.

Jangan lupa cek apakah lokasi tersebut bebas banjir dan area yang rawan kejahatan. Ini mutlak. Sebagus dan semurah apa pun harga rumah, jika sering banjir maka selain merepotkan penghuninya, bisa dipastikan harganya susah naik dan susah dijual.

Selain itu, jangan lupa cek juga jarak dengan lokasi anggota keluarga untuk beraktivitas sehari-hari, seperti tempat kerja dan sekolah. Pastikan apakah ada fasilitas transportasi umum yang memudahkan akses menuju lokasi tersebut.

Hal yang tidak kalah penting adalah mempelajari konsep yang ditawarkan developer. Ini berkaitan dengan fasilitas yang tersedia. Misalnya Kota Baru Parahyangan yang berkonsep pendidikan. Developer menyediakan fasilitas pendidikan formal mulai dari playgroup sampai universitas.

Kota Baru Parahyangan menyediakan kebutuhan pendidikan formal pun mendapat perhatian seperti tersedianya Sundial Puspa Iptek, Bale Seni Barli, dan taman tematik. Hal ini menjadi nilai plus dari Kota Baru Parahyangan.

Spesifikasi  Bangunan

Materi bangunan adalah hal penting yang sering terlewat oleh pembeli. Komponen ini sangat menentukan kualitas rumah. Jangan segan untuk bertanya dan mengecek langsung karena kamu akan menempati rumah tersebut dalam jangka waktu panjang.

Perhatikan bangunannya, apakah menggunakan batu bata atau batako. Begitu juga bagian rangka. Baja ringan lebih baik dari bahan kayu. Jangan lupa juga untuk mengecek saluran air dan instalasi listrik.

Cek perizinannya

Perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sertifikat tanah merupakan hal penting. Beberapa kasus, pembeli tidak segera menerima sertifikat karena developer belum melakukan pemecahan atau masih menjadi agunan di bank.  Agar kejadian ini tidak menimpa kamu, sebaiknya dari awal sebelum akad jual beli, semua sudah clear.

Cek juga, untuk biaya balik nama, Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Hak Guna Bangunan (AHGB), dan PPN sudah termasuk dalam harga, kewajiban developer atau kewajiban kamu. Ini harus jelas agar tidak rugi dengan biaya di luar harga yang sudah kamu bayar.

Desain Rumah

Agar hunian yang kamu beli nyaman bagi keluarga, pastikan memilih desain sesuai kebutuhan. Jika kamu menyukai konsep rumah modern, minimalis, atau tradisional. Untuk dapat mengakomodir keinginan konsumen, tidak jarang developer menyediakan fasilitas custom. Perhatikan juga kelengkapan rumah seperti garasi mobil, carpot, dan taman yang menambah kenyamanan penghuni.

Poin tersebut sangat penting kamu pertimbangkan agar rumah yang dibeli nyaman dan sesuai kebutuhan. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli kamu melakukan survei ke beberapa lokasi dan developer yang berbeda agar mendapatkan pilihan tepat sesuai harapan.