Banyak jenis asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Ketahui Jenis Asuransi Kendaraan yang Cocok untuk Mobilmu

Banyak orang memiliki kendaraan roda empat yang berguna sebagai aset bergerak dan investasi terbaik untuk mencari uang. Namun, karena kondisi tertentu membuat nilai jual mobil dan kualitasnya menurun.

Salah satu penyebabnya adalah kondisi mesin yang tidak terawat rutin. Kamu bisa mengajukan asuransi kendaraan mobil dengan memilih jenis asuransinya agar tepat guna.

Baca juga: HOBI TRAVELING? JANGAN LUPA BEKALI DENGAN ASURANSI

Jenis Asuransi Kendaraan (Mobil)  

  1.  All Risk

Merupakan sebuah jenis asuransi yang menjamin semua kondisi kendaraan baik mobil baru atau lama. Jika kamu mengambil jenis asuransi ini, kelebihan yang diperoleh lebih banyak dan nyaman karena semua cacat ringan hingga berat akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Untuk mendaftarkan jenis All Risk, kamu cukup mengeluarkan dana sekitar Rp 4 juta saja. Angka tersebut bukanlah angka paten, itu hanya kisaran yang masih disesuaikan dengan harga mobilnya.

  1. TLO 

Adalah singkatan dari Total Loss Only dengan jenis asuransi yang tak jauh beda dengan jenis All Risk. Jika jenis All Risk merangkul semua kerusakan ringan, berbeda dengan jenis TLO yang merangkul kerusakan mobil mencapai 75% dan sulit untuk diperbaiki. Pihak perusahaan asuransi akan mengganti kerugian mobil tersebut dengan mengecek setiap bagian kerusakan.

Perbedaan jenis All Risk dengan TLO adalah besarnya biaya pendaftaran untuk asuransi, jika All Risk sedikit lebih mahal daripada TLO. Untuk jenis TLO, termasuk asuransi yang cukup ramai dipakai karena terjangkau dan mudah klaimnya.

  1. Collision Coverage 

Merupakan sebuah jenis asuransi yang diakibatkan karena kecelakaan oleh pengemudi yang mengakibatkan kondisi mobil rusak. Sebagai gambaran, ketika kamu sedang mengemudi menggunakan mobil kemudian menabrak pembatas jalan, mobil penyok bagian kiri total.

Kamu bisa ajukan asuransi jenis ini khusus untuk kecelakaan. Tetapi jika mobil kamu mengalami kerusakan di luar kecelakaan maka jenis asuransi ini tidak berlaku.

Pihak perusahaan asuransi akan memberikan jaminan total jika kamu memenuhi syarat.

  1. Liability Insurance  

Merupakan sebuah jenis asuransi kendaraan mobil dengan prinsip yang hampir sama dengan Collision Coverage tetapi lebih lengkap. Kelengkapan klaimnya meliputi klaim medis pengendara. Jadi, kelebihan jenis ini ada 2 objek klaim yaitu kendaraan dan pengendara atau pemilik.

Manfaatkan kelebihan ini untuk mengantisipasi sebuah kondisi di luar dugaan. Kamu akan menjadi aman dan nyaman menggunakan asuransi jenis Liability Insurance. 

  1. Personal Injury Protection

Merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan klaim untuk pengemudi dan penumpang lainnya. Dalam asuransi jenis ini, kamu bisa mengajukan nilai klaim yang hemat di kantong sebagai bentuk keamanan diri.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi yang memadai dan tidak salah, kamu bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan admin Daftar Asuransi Mobil. Kamu bisa juga melakukan negosiasi untuk mendapatkan kenyamanan. Bagaimana cara untuk masuk menjadi anggota asuransi?

Kamu cukup melengkapi syarat yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, foto kendaraan mobil, dan sebagainya. Jika kamu tidak bisa mengajukan secara langsung, bisa melalui situs asuransi online, pihak asuransi akan datang untuk melihat kondisi kendaraan dan membantu kelancaran proses.

Bagaimanakah Perusahaan Asuransi Kendaraan Bekerja?

Perusahaan asuransi bekerja dengan menggandeng perusahaan bengkel terkemuka semua merek dan rumah sakit. Tujuannya adalah melayani perbaikan kendaraan dan melayani kesehatan klien.

Setiap kendaraan yang mengalami kerusakan akan diperbaiki oleh bengkel khusus mereknya. Contoh, kendaraan kamu mengalami kerusakan karena kecelakaan sedang, pihak asuransi akan memasukkan kendaraan kamu ke bengkel terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Untuk mobil merek Honda akan dimasukkan ke bengkel khusus Honda agar hasilnya memuaskan. Begitu juga dengan merek mobil lainnya, sehingga onderdil yang ada di kendaraan kamu dijamin orisinalitasnya.

Lamanya perbaikan sekitar 2-3 hari dan tidak perlu membayar lagi ke pihak bengkel karena semua telah dicover oleh pihak asuransi.

Apakah kamu ragu dengan mendaftarkan aset bergerak ke asuransi?

Semua kerugian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, kamu cukup memberikan cicilan asuransi kendaraan mobil yang nyaman agar semua terkendali dengan baik.

Besarnya premi atau cicilan per bulan tak lebih dari Rp 50 ribuan, kamu telah nyaman mengendarai tanpa memikirkan biaya perbaikan.