Tiga Novel Terbitan Falcon Publishing Ini Cocok untuk Ngabu-Book Read

Buku adalah teman setia setiap saat

Bulan Ramadan tahun ini masih sedikit sama dengan tahun lalu. Banyak aktivitas yang normal dilakukan saat bulan puasa harus dibatasi. Maklum, pandemi Covid19 masih belum usai. Kita masih harus berjuang untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah atau berkumpul-kumpul.

Berat? Pasti. Tapi banyak pilihan yang bisa dilakukan saat di rumah di bulan Ramadan. Salah satu di antaranya adalah dengan membaca buku. Saya pun demikian. Untuk mengurangi rasa jenuh, sembari WFH, saya menyempatkan diri untuk membaca buku-buku baru.

Buat saya, buku adalah teman setia. Selain bisa menjadi teman, buku bisa menjadi hiburan di kala ngabuburit. Seperti kutipan Charles W. Eliot, “Books are the quietest and most constant of friends; they are the most accessible and wisest of counselors, and the most patient of teachers.”

Bulan Ramadan kali ini saya memilih tiga buku terbitan Falcon Publishing untuk teman ngabuburit sekaligus untuk mencari inspirasi di bulan Ramadan. Btw, bulan Ramadan tahun ini Falcon Publishing membuka pre order buku terbitan terbaru melalui #NgabuBookRead. Total ada 10 judul buku baru, berikut ini judul-judulnya:

Filosofi Endog

Haru Mahameru

Jodoh Sang Superstar

Nawaitu Cinta

Gadis Pramugari

Istri Kedua Gus

Kekasih Semusim

Si Juki Anak Kosan

Warkop DKI Kartun

Kecebong Kesayangan

Dari sepuluh judul buku di atas, saya memilih tiga judul novel untuk diulas, yakni, Haru di Mahameru karya Patrick Ethnic Balakarsa, Istri Kedua Gus karya Anisa AE, dan Gadis Pramugari karya Annastasia Anderson. Berikut ulasan singkat dari tiga novel tersebut:

Haru di Mahameru

Haru di Mahameru

Dari judulnya saya langsung tertarik dan membayangkan buku ini akan berkisah tentang pendakian di Gunung Mahameru, salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Cerita ini diangkat dari salah satu pendaki era 90’ an bernama Purnomo. Kebayang dong ya, gimana cerita pendakian di zaman tersebut dengan peralatan pendakian yang belum secanggih sekarang. Semua peralatan masih serba manual dan analog. Belum lagi jalur pendakian yang belum serame sekarang.

Tahun-tahun tersebut hobi mendaki gunung belumlah se-hype sekarang. Untuk mendapatkan informasi jalur pendakian dan tips-tips mendaki gunung pun masih terbatas dan sulit untuk diakses. Hanya mereka yang hobi dan memiliki jaringan pertemanan dengan sesama pecinta alam yang punya.

Drama dari buku Haru di Mahameru karya Patrick Ethnic Balakarsa dimulai saat tiga sahabat: Purnomo, Hendro, dan Suno berencana menghabiskan liburan usai menerima rapot ke Gunung Semeru dengan mengambil jalur pendakian yang anti mainstream dan illegal. Beragam kisah ganjil dan mistis serta masuk ke dimensi lain mereka alami. Hal yang tak pernah terbayangkan di benak mereka bertiga sebelumnya. Hendro yang pendiam akhirnya kerasukan ruh manusia zaman dulu yang moksa di Gunung Semeru yang akhirnya menjadi penunggu gunung tersebut.

Penunggu Gunung Semeru merasa terganggu dengan kehadiran mereka dan meminta tumbal. Salah satu syarat agar mereka bisa kembali ke dunia manusia, tiga sahabat tersebut harus menjadi mengabdi ke penunggu Gunung Semeru selama satu windu (delapan tahun). Apa yang terjadi dengan tiga sahabat tersebut? Bisakah mereka kembali ke dunia manusia? Bagaimana kelanjutan dan akhir kisahnya?

Buat para pecinta kisah misteri tentang pendakian gunung wajib membaca buku ini. Selain kisahnya yang seru, banyak pelajaran yang bisa diambil saat ingin melakukan pendakian. Gaya bahasa novel ini sangat ringan dan banyak diselingi dengan dialog Bahasa Jawa dengan aksen Jawa Timuran. Saya merasa berada di tengah-tengah Kota Surabaya saat membaca novel ini.

Istri Kedua Gus

Istri Kedua Gus

Novel kedua yang saya baca adalah Istri Kedua Gus. Novel ini ditulis dengan apik oleh Anisa AE. Buat sebagian wanita, judul tersebut tampak sangat menyebalkan. Ya, siapa sih wanita yang pengin suaminya menikah lagi? Apalagi memiliki suami seorang ustaz, kyai, atau guru agama yang sebagian dari mereka memiliki prinsip membolehkan berpoligami daripada berselingkuh.

Adalah Khoirun Nisa, gadis dengan wajah kurang menarik dan memiliki cacat di sebagian wajahnya, mendadak menjadi topik perbincangan tetangganya. Wanita kurang cantik ini tiba-tiba dilamar langsung oleh seorang anak kyai yang bernama Gus Azzam. Tak main-main, yang melamar adalah istri pertama Gus Azzam, Ning Miftah. Keluarga Khoirun Nisa pun sangat terkejut dengan lamaran tersebut. Terlebih Bu Gini, ibunya Nisa. Ia tak percaya zaman sekarang masih ada wanita yang bersedia berbagi suami dengan wanita lain.

Apa alasan sebenarnya Ning Miftah bersedia melamar Khoirun Nisa menjadi istri muda suaminya? Benarkah Ning Miftah benar-benar ikhlas suaminya menikah lagi? Apakah keluarga Nisa setuju dengan pernikahan tersebut? Benar-benar pilihan yang sulit bagi Pak Sukir dan Bu Gini sebagai orangtua Khoirun Nisa. Di sisi lain, Nisa sudah cukup berumur, adiknya pun sudah menikah, dan Nisa sendiri tak kunjung mendapatkan jodoh.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Silakan baca novel Istri Kedua Gus. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel tersebut.

Gadis Pramugari

10 judul buku terbaru terbitan Falcon Publishing

Novel ketiga yang saya baca dari terbitan Falcon Publishing adalah Gadis Pramugari. Novel ini ditulis oleh Annastasia Anderson dan disunting oleh Falcon sendiri. Berkisah seorang wanita muda bernama Gadis yang berprofesi sebagai awak kabin pesawat alias pramugari. Gadis bertemu dengan pacarnya, Radit seorang pilot, di atas pesawat saat mereka tengah bertugas. Gadis bahkan tak pernah menyangka dengan pertemuan tersebut. Sebagai wanita, Gadis merasa beruntung bertemu dengan Radit, sang calon suami yang memiliki banyak kelebihan. Selain sebagai pilot yang tampan dan berbodi atletis, Radit juga dikenal sangat baik dan perhatian.

Namun, benarkah Radit seperti yang diimpikan dan dibayangkan Gadis selama ini? Di sisi lain, banyak rumor tentang Radit yang beredar di kalangan teman-teman seprofesinya. Gosip yang beredar, Radit dikenal sebagai seorang pilot playboy yang doyan ‘memakai’ pramugari. Bukan cuma itu, rumor yang beredar pun semakin menjadi-jadi. Selain doyan ‘memakai’ pramugari, Radit bahkan bertaruh dengan sahabatnya, Deni, teman seangkatannya sebagai pilot, siapa yang paling banyak tidur dengan pramugari.

Gadis yang mendengar rumor tersebut merasa sangat tertohok. Terlebih, ia sendiri telah menyerahkan kegadisannya kepada Radit, sang calon suami yang amat dicintainya. Benarkah Radit sebejat yang digosipkan oleh teman-temannya? Ataukah itu hanya gosip belaka? Apa yang akan dilakukan Gadis jika ia tetap memilih Radit sebagai calon suami? Apakah Gadis sudah yakin seratus persen dengan Radit? Bagaimana kelanjutan kisahnya? Silakan dibaca langsung novel apik berjudul Gadis Pramugari ini.

Tiga novel di atas buat saya sangat menarik menjadi teman bacaan saat senggang di bulan puasa. Saya sendiri sangat menikmati novel-novel tersebut. Banyak insight menarik untuk diketahui. Oya, jika memesan PO buku-buku terbitan Falcon Publishing, ongkos kirimnya gratis selama periode PO mulai dari tanggal 25-30 April. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan tanda tangan dari penulisnya.

Cek link PO di sini, ya! @falconpublishing | Linktree. Selamat membaca!
#bukufalcon #ngabubookreadfalcon #falconpublishing

 

1 Shares:
14 comments
  1. Aku bener-bener penasaran banget sama Haru Mahameru. Baca ulasan kakak makin pengen tau apa aja yang mereka alami saat mendaki di semeru

  2. Denger cerita atau baca pengalaman para pendaki itu memacu adrenalin karena memang banyak hal di luar nalar yang bisa ditemui makanaya Haru Mahameru ini kayaknya bakalan masuk wishlist buku buat dibaca…

  3. Haru Mahameru kisah nyata kan ya, aku merinding bacanya kalau kejadian sendiri pas ke sana. Pendaki kadang selain bawa potret indah dari ketinggian, suka bawa cerita mistis. Makanya aku paling parno kalau diajak daki gunung. 😅

  4. Baca review gadis pramugari aku jadi penasaran pingin baca gadis pramugari. Mendebarkan kayaknya. Tapi ya, kebanyakan pilot tuh lekat dengan gosip “nakal”. Entah mengapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Macapat, our life cycle

Sudah lama saya ingin menulis tentang macapat, beruntung masa kecil saya masih sempat mendengar tembang-tembang asli Jawa tersebut.…

Staycation Hemat di Kota Bogor

staycation di sebuah hotel adalah liburan yang sedang hits sekarang Traveling buat saya adalah hobi yang membuat hidup…
Continue Reading

Produk Handphone Xiaomi Terbaru 

Di tengah dominasi handphone buatan Jepang, Korea, dan Eropa, sebagai salah satu pendatang baru dalam industri per-handphone-nan, kehadiran…