Ingin Pindahan? Perhatikan Empat Hal Berikut Ini

Suatu ketika, salah satu Bulik saya yang tinggal di kota Lampung menghubungi kalau beberapa bulan lagi keluarganya akan pindah ke Pulau Jawa. Acara pindahan tersebut harus dilakukan segera karena masa dinas Paklik di Kota Lampung akan segera berakhir. Keluarga Paklik saya minta dimutasi ke Kota Tegal.

Saat itu, Bulik saya cerita, betapa repotnya harus mengurus semua perabot untuk dibawa ke Tegal. Terlebih, Bulik saya baru saja mempunyai momongan. Saya bisa membayangkan bahwa setiap kali pindahan, kita pasti akan direpotkan dengan banyak hal. Semuanya perlu disiapkan dengan detail. Tidak bisa ‘sakdek saknyet’ alias saat itu juga. Mulai dari biaya, akomodasi, jasa sewa pindahan, hingga printilan-printilannya. 

Berkaca dari pengalaman Bulik saya pindahan, saya menyimpulkan, setidaknya ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum kita melakukan pindahan ke tempat baru. Berikut ini saya ulas detailnya.

Siapkan Budget atau Biaya untuk Pindah Rumah

Ini sudah pasti dan wajib. Bisa jadi, pindah rumah secara mendadak, kadang harus dilakukan jika memang ada kebutuhan darurat. Misalnya, karena harus pindah tugas kerja, karena ada masalah dengan kondisi rumah, atau bisa jadi karena rumah lama harus direnovasi. Jika pindahan rumah ini tergolong darurat tanpa direncanakan sebelumnya, tentu membutuhkan biaya di luar alokasi atau budget bulanan.

Kalau kita pernah belajar dan memiliki perencanaan keuangan, tentunya kita memiliki alokasi dana darurat dalam setiap perencanaan. Nah, budget untuk pindah rumah bisa ‘dipinjam’ dulu dari alokasi dana darurat yang mungkin sudah kita siapkan jauh-jauh hari. Nanti, jika kondisi keuangan sudah stabil, kita kembalikan lagi dana darurat yang sudah kita ‘pinjam’. Lain halnya jika pindah rumah memang sudah disiapkan jauh-jauh hari, termasuk urusan budget dan pidahannya  tidak tergolong ‘darurat’.

Pilih Armada atau Truk Sewaan yang Bisa diandalkan untuk Pindahan

Memerhatikan armada atau truk sewaan saat pindah rumah tentu menjadi pertimbangan utama. Pastinya kita nggak mau menyewa truk yang ‘abal-abal’ dan asal ada. Pastikan truk yang kita sewa dalam kondisi prima dan kapasitasnya besar. Kita nggak mau kan repot bolak-balik ngangkutin barang-barang dan perabotan rumah tangga karena kapasitas truknya terlalu kecil dan tidak aman saat di perjalanan.

Salah satu merek armada yang berkualitas yang bisa aman dan cocok digunakan untuk pindahan adalah Toyota Dyna Armada yang satu ini memang selalu bisa diandalkan. Selain ukuran dan kapasitas muatannya yang lumayan jumbo, Toyota Dyna juga didukung dengan kapasitas mesin yang mumpuni. Kendaraan ini sangat aman digunakan untuk ekspedisi perjalanan jauh.

Tak jarang, saat pindah rumah kita harus menempuh perjalanan jauh dengan situasi seperti jalanan yang berliku atau menanjak. Kondisi ini tentu menjadi hambatan ketika pindahan. Dengan memilih Toyota Dyna, membuat perjalanan menjadi nyaman dan perabotan pun aman. Kapasitasnya yang besar sangat kompeten untuk diajak berkendara jarak jauh. 

Dari mana saya tau?

Saya mendapatkan informasi mengenai Toyota Dyna dari laman baru Auto2000.co.id yang kini sudah bertransformasi menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Toyota Dyna sendiri merupakan kendaraan komersial atau truk ringan yang diproduksi oleh produsen kendaraan terkemuka, Toyota. Kabin Toyota Dyna berbentuk COE (cab over engine) di mana tempat duduk awak berada di atas mesin dan roda depan. Toyota Dyna tersedia dengan sasis pendek dan sasis panjang dengan 4-roda dan 6-roda. Khusus untuk pasar Jepang, Toyota juga menjual saudara kembar Dyna yang bernama Toyoace.

Jual atau Sumbangkan Perabotan yang tidak Dibutuhkan

Untuk mengurangi beban saat pindahan, salah satu keputusan yang bisa dipertimbangkan adalah menjual semua perabotan yang memang sekiranya tidak diperlukan lagi. Kadang, jika tidak dalam kondisi pindahan, biasanya kita malas untuk men-declutter perabotan rumah tangga yang menumpuk di rumah.

Nah, saat pindahan seperti ini menjadi momen yang tepat untuk men-declutter semua perabotan rumah. Barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi bisa disumbangkan untuk tetangga di sekitar kita. Pilihan lainnya, jika perabotan tersebut masih layak untuk dijual, bisa menjualnya langsung atau melalui media daring. Hasil dari penjualan perabotan bisa digunakan untuk tambahan biaya pindahan.

Jika Menggunakan Jasa Pindahan, Perhatikan Reputasinya

Salah satu cara yang paling praktis jika ingin pindahan tentu dengan menggunakan jasa pindahan. Menggunakan jasa pindahan pastinya membutuhkan budget lebih. Selain budget, kita juga perlu memerhatikan reputasi perusahaan jasa pindahan tersebut. Jangan hanya fokus pada biaya sewa yang ditawarkan, tapi juga lakukan riset, membaca review, dan feedback pengguna sebelumnya.

Oleh perusahaan mana barang pindahan dan kiriman kita akan dikirim menjadi faktor utama. Bisa saja perusahaan jasa atau ekspedisi penyewaan armada akan menawarkan harga yang murah dengan beragam syarat dan ketentuan. Perhatikan pula apakah harga yang ditawarkan termasuk dengan jasa bongkar muat, dan packing. Jika tidak, maka kita harus mengangkat barang kiriman dan pindahan kita sendiri yang pastinya akan bikin repot.

Jika memang budget yang kita miliki tidak terlalu banyak, lebih baik minta tolong kepada keluarga atau kerabat kita untuk membantu pindahan. Ini pilihan yang paling bijak. Walau terasa melelahkan, momen pindahan bisa jadi pilihan yang suatu saat mau tidak mau akan kita lakukan. Alangkah baiknya jika menyiapkan jauh-jauh hari. 

Selamat pindahan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cek KLIK dulu Sebelum Membeli

Setiap tahun, menjelang hari Lebaran seperti sekarang, keluarga saya sering banget menerima kiriman parsel. Bentuknya sih, macam-macam, tapi…