Jangan Menyerah! Tetap Ciptakan Inspirasi di 2021 dan #KitaBikinBisa

“Don’t think about making art. Just get it done. Let everyone else decide if it’s good or bad, whether they love it or hate it. While they are deciding, make even more art.” -Andy Warhol

Apa kegiatan inspiratifmu selama sepanjang 2020 kemarin?

Kutipan di atas selalu mengingatkan saya agar jangan berhenti berkreasi saat merasa jenuh. Kalau melihat di media sosial, banyak yang mulai mengeluhkan rasa bosan, dan bingung mau ngapain, alias mati gaya, karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja sepanjang 2020 kemarin, saya pun kadang merasa demikian.

Baca juga: Kuota Nonstop Anti Tekor, Provider Ini Bikin Kamu Betah di Rumah

Tapi, mengeluh karena bosan dan berhenti berkreasi tentu saja tidak akan menyelesaikan masalah. Sekarang saatnya berpikir bagaimana menjaga suasana hati tetap bahagia dan menciptakan mindset #KitaBikinBisa untuk melakukannya meski harus dikerjakan dari rumah. Karenanya, kita membutuhkan sebuah gerakan yang saling mendukung dan menginspirasi agar bisa saling berbagi.

Sebagai freelancer yang kerjanya nyaris 24 jam di rumah aja selama 2020, saya juga harus tetap berpikir kreatif untuk membuat konten. Agar semua aktivitas utama beres saya selalu membuat prioritas jadwal harian pekerjaan utama. Setelah itu, saya bebas berkreasi agar pikiran tetap rileks.

Berkreasi dari rumah itu menyenangkan selama tidak ada kendala dengan koneksi internet. Pokoknya jangan sampai kuota internet habis. Ini kunci utama biar nggak jadi tahanan rumah dan kehabisan ide. Kita harus punya akses internet yang stabil, murah, #UnlimitedBisaSemua, dan anti sedot pulsa utama kalau paketnya habis.

Baca juga: Memotret Kreativitas Keren Doodle Artist Indonesia dengan Smartfren

Sedikit flashback dan me-rewind beragam kegiatan di 2020, rasanya sangat luar biasa saya mampu bertahan di tahun yang sulit ini. Demi menjaga otak tetap berpikir kreatif saya tetap melakukan aktivitas digital sepanjang tahun ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca buku lewat aplikasi perpustakaan online

Saya memang hobi baca. Terlebih saat punya banyak waktu luang, baik di rumah atau saat traveling. Biar praktis, saya mengunduh aplikasi perpustakaan online di ponsel. Banyak buku menarik yang bisa diunduh dan dipinjam secara gratis. Salah satu perpustakaan online favorit saya adalah Ipunas. Stock buku digitalnya banyak. Jadi nggak ribet bawa-bawa buku fisik saat harus membacanya di luar rumah.

Melakukan virtual traveling

Bosan bermain game online, untuk mengobati kerinduan traveling, saya sering melakukan virtual traveling. Maklum, sejak pandemi merebak dan semua orang diminta di rumah, tempat-tempat wisata termasuk museum menutup akses pengunjung. Sebagai penggemar museum, saya pun rutin melakukan virtual traveling ke museum.

Beruntungnya, beberapa pengelola museum membuka akses kunjungan secara virtual. Buat yang belum tau, museum-museum Indonesia dan dunia bisa lho dijelajahi melalui ponsel atau laptop. Beberapa di antaranya adalah Louvre Museum Paris, Van Gogh Museum di Amsterdam, National Gallery of Art di Washington DC. Sementara untuk museum di Indonesia ada Museum Nasional Indonesia, Museum Balai Kirti, dan Galeri Nasional.

Membuat kelas online dengan komunitas

Selama seminggu sekali, untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris saya yang pas-pasan, akhirnya saya membuat kelas online untuk speaking practice dengan teman-teman komunitas. Yap! Dengan berlatih speaking seperti ini skill Bahasa Inggris saya bisa dipraktikan biar nggak lupa atau pasif.

Untuk mendukung semua aktivitas digital tersebut, tentunya saya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Saya sendiri pernah beberapa kali gonta-ganti provider. Mulai dari si kuning yang kuotanya katanya gede tapi suka bikin kesel karena “dijatah” pagi-siang-malam, sampai si merah nan mahal yang tarif per-KB-nya bikin kantung kempis. Pernah juga lagi asik-asiknya internetan atau posting konten tau-tau pulsanya habis. Sebel banget, kan?

Prioritas saya dalam memilih provider adalah yang bisa bikin tenang, bisa dipakai kapan saja selama 24 jam agar tetap bisa ngelakuin banyak hal. Sebelumnya saya sering banget gonta-ganti provider. Akhirnya saya putuskan pakai smartfren Kuota Unlimited. Cuma smartfren Kuota Unlimited yang bisa mengatasi masalah-masalah saya tadi. Saya bisa menggunakan paket ini kapan saja, di mana saja, setiap hari di jaringan smartfren di seluruh Indonesia.

Yuk! Tetap ciptakan inspirasi dan saling berbagi melalui digital activity

Serunya lagi, selain bisa tetap berkarya dan produktif, di tahun ini saya bisa mengikuti digital activity melalui social movement smartfren #KitaBikinBisa. Jujur, social movement #KitaBikinBisa ini membuat saya tetap bersemangat dan terinspirasi di tengah pandemi. Saya sangat setuju, jangan sampai kita berhenti berkarya hanya karena situasi sedang tidak kondusif. Tetap berkarya adalah koentji!

Kalian jangan sampai nggak ikutan dengan berbagi harapan di 2021. Kita masih punya harapan yang tanpa batas buat menangin iPhone XS dan Speaker Swarovski agar semangat menyambut tahun baru! Bareng smartfren #KitaBikinBisa semua goals yang ada di dalam kepala kita.

Simak cara ikutannya berikut ini:

  1. Follow Instagram smartfren (@smartfrenworld)
  2. Upload video atau foto yang menggambarkan harapanmu yang ingin bisa kamu lakukan di 2021 di Instagram dan ceritakan alasannya kenapa kamu mengharapkannya di caption
  3. Sertakan hashtag #KitaBikinBisa #UnlimitedBisaSemua serta mention 3 temanmu dan @smartfrenworld
  4. Upload sebanyak-banyaknya karena tidak ada batasan jumlah submission.

Yuk! Share virus positif serta goals kalian menyambut 2021 dan #KitaBikinBisa.

3 Shares:
32 comments
  1. Ah iya, sangat terbantu banget dengan koneksi internet yang lancar selama satu tahun terakhir. Sebagian besar aktivitas dilakukan online. Ternyata kita bisa tetap produktif walaupun cuma di rumah aja. Terimakasih inspirasinya.

    1. Inspiratif bgt. Dan pas banget aku lagi cari rekomendasi provider internet yg murah tapi koneksi internetnya oke Krn butuh bgt apalagi selama pandemi ini. 🙃

  2. Baca buku juga jadi salah satu hal favoritku, apalagi sekarang sudah ada perpustakaan digital jadi makin mudah untuk akses buku yang disuka. Sekarang apa-apa serba digital, jd memang perlu sekali koneksi internet yang cepat dan stabil.

  3. Ues, setuju sekali. Tetap berkarya adalah koentji!
    Tetap semangat di saat sulit tidaklah mudah, dengan tetap melakukan kegiatan meski virtual akan membuat pikiran tetap jalan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, baca buku digital, virtual traveling atau terhubung dengan teman-teman melakukan kegiatan positif. Kesemuanya butuk akses internet yang mumpuni. Dan, Smartfren kuota unlimited bisa jadi solusi

  4. Yups, agar #KitaBikinBisa bukan hanya rencana, mesti dipersiapkan banyak hal. Antara lain, provider yang bisa diandalkan. Apalagi semasa pandemic seperti sekarang. Yuks mari berbagi semangat mencapai goals 2021

  5. Wihh tetap produjtif di masa pandemi via online class yaahh? Kuota besar emang bantu banget mas Achie, baru tau smart paketnya besar juga yah. Nice info mas Achie

  6. Koneksi yang bagus emang dibutuhkan banget pas kek gini mas, apalagi belajar dari rumah bikin pusing kalo jaringanya lelet dan nggak bagus huhu.

  7. 2017 lalu saya pernah pakai provider SmartFren ini cukup murah sebenarnya tapi sayang di tempat saya kecepatan internet nya tidak setabil dan kalah cepat dari provider sebelah. Semoga SmartFren kedepan mampu meninggkatkan infrastruktur jaringan nya agar lebih mampu bersaing dengan provider lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Menjelajahi Baduy Dalam

Hujan deras menyambut kami malam itu. Setelah trekking sekitar empat jam naik turun bukit sampailah kami di perkampungan…