House Kari ala Jepang, dari Tacos Curry sampai Soto Kari

Banyak orang bilang kalau masakan Jepang tuh enak-enak. Untuk yang satu ini, saya juga mengakui. Selain rasanya enak, ragam cita rasanya juga lumayan banyak. Salah satunya yang sekarang lagi hits di Indonesia adalah kari Jepang. Kari sendiri merupakan jenis masakan yang cukup familiar di wilayah Asia.

Dilihat dari sejarahnya, masakan ini awalnya berasal dari India, kemudian menyebar ke berbagai negara. Istilah “kari” berasal dari bahasa Tamil yang berarti saus, atau berbagai macam masakan sayur-sayuran dan daging yang dimakan bersama nasi putih.

Karena aroma rempahnya yang cukup kuat, nggak semua orang bisa menerima cita rasa kari. Selain itu, nggak semua orang bisa menikmati kari yang dimasak biasa aja. Beberapa negara di dunia seperti Jepang, Inggris, hingga Indonesia, memiliki teknik tersendiri untuk mengolah kari menjadi lebih mudah diterima di lidah.

Sebenarnya, kalau punya bumbu kari yang siap saji, kita bisa kok mengolahnya menjadi beragam menu baru. Dengan bumbu kari yang siap saji, kita bisa membuat masakan kari dengan varian yang berbeda. Cara membuatnya juga nggak sulit. Di internet juga banyak resep kari yang bisa dicontoh.

Belum lama ini saya sempat melihat tayangan bagaimana mengolah bumbu kari siap saji ala jepang yang diolah menjadi menu baru di akun instagramnya @dapurkarialajepang. Saat melihat tayangan live akunnya, saya jadi tertarik pengin nyoba sendiri membuat kari dengan bumbu kari ala jepang. Acaranya seru banget. Selain bisa dapet ilmu, juga banyak doorprize dari House Kari ala Jepang.

Di situ Chef Putri Habibie membuat Tacos Curry yang simple banget. Chef Putri memakai bumbu kari praktis siap saji dari House Kari ala Jepang Spicy. Bumbu ini cocok banget buat yang suka makanan gurih dan pedas, tapi nggak mau ribet!

Buat kalian yang penasaran membuat Tacos Curry ala Chef Putri, bisa nyoba kok menggunakan House Kari ala Jepang. Kebetulan saya mantengin acaranya sampai selesai dan mencatat resepnya. Sok, buat yang penasaran pengin nyoba Tacos Curry, contek langsung aja resepnya berikut ini:

Cara membuat Japanese Curry Taco

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– House Curry
– Air
– 1 Bawang Bombay, iris kotak- kotak kecil
– 1 wortel, potong kecil-kecil
– 350gr daging sapi, cincang daging sapi secukupnya.
– Soft taco/taco shell siap pakai
– Selada, iris secukupnya

Cara membuatnya:

1. Tumis wortel dan bawang bombay hingga harum.

2. Masukkan daging hingga berwarna kecokelatan.

3. Lalu, tuangkan air dan aduk hingga mendidih.

4. Terakhir, matikan api lalu masukkan curry block, aduk hingga larut dan mengental.

5. Sajikan dengan taco shell dan selada.

6. Tacos curry siap disajikan.

Praktis banget, kan?

Selain bisa untuk membuat Tacos Curry ala Chef Putri, dengan bumbu kari siap saji dari House Kari ala Jepang ini, kita juga bisa bereksperimen. Saya sendiri tertarik untuk membuat menu kari Soto Kari Jawa. Resep ini terinspirasi dari menu soto kari jawa saat masih tinggal di kampung.

Dulu, waktu saya kecil, tetangga saya punya warung soto kari jawa yang enak banget. Mumpung punya bumbu kari siap saji dari House Kari ala Jepang, saya pun mulai bereksperimen membuat soto kari sendiri. Bahan dan cara membuat sotonya kurang lebih sama dengan soto-soto pada umumnya. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.

Buat kalian yang belum tau, yang membedakan soto kari jawa ini dengan soto-soto bening pada umumnya adalah bahan utama kuahnya yang dibuat dari santan.

Yang tertarik pengin membuat soto kari sendiri, silakan dicontek resepnya berikut ini:

Resep Soto Kari Jawa

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1 sachet bumbu kari dari House Kari ala Jepang (gunakan secukupnya)

1 sachet santan instan (karena saya tim soto bening, saya nggak pakai santan)

1 liter air

200 gr ayam + tulang (ayam kampung lebih enak)

Bumbu yang dihaluskan:

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

Bumbu tambahan:

1 batang seledri

2 lembar daun salam (sobek-sobek)

1 iris lengkuas

1 batang serai (memarkan)

2 lembar daun jeruk

Topping:

100 gram taoge pendek

100 gram kol

1 buah kentang goreng tipis

Cara memasak:

Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan. Tambahkan air, ayam, rebus sampai matang kemudian angkat, goreng dan suwir-suwir. Masukkan santan, bumbu kari House Kari ala Jepang, bumbu tambahan dan rebus sampai mendidih.

Untuk penyajian tinggal di-plating sesuai selera seperti soto-soto bening pada umumnya. Tambahkan topping taoge, kol, bawang goreng, dan kentang goreng tipis. Rasanya dijamin enak dan bikin nagih. Apalagi disantap saat musim hujan seperti sekarang.

Nah, untuk beli produk House Kari ala Jepangnya sendiri bisa kalian cari di supermarket terdekat atau e-commerce pilihan kalian, ya! Selamat mencoba!

 

 

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sajak-mu piye?

Kelak, apa yang disebut cinta ialah saat bahuku menjadi tempat singgah bebanmu, dan kita bahu membahu @samudra_hening Pada…

Cinta? Embuhlah..

“I didn’t mean to fall in love, but you made it so easy…” Jika ada yang mengatakan bahwa…