Indonesia Eximbank Buka Lowongan, Cek Posisi dan Syaratnya

Gimana rasanya kerja di industri keuangan?

Dari pertanyaan ini, mungkin banyak yang pengin tau gimana sih, rasanya kerja di sebuah industri keuangan. Penampilan rapi, otak kudu encer, punya karir bagus, pekerjaan mentereng, gaji oke, social life bagus. Pokoknya balanced work-life banget, deh. Apalagi kalau kerja di industri keuangan yang berorentiasi ekspor. Punya peluang besar untuk jalan-jalan ke luar negeri.

Boleh dibilang industri keuangan tuh, paling perfect aturannya. SOP-nya banyak dan nggak boleh sembarangan. Hanya orang-orang terpilih yang mampu mengelola industri keuangan, yang akhirnya mampu membuat industri ini tetap eksis hingga sekarang.

Saya sendiri selama dua belas tahun berkecimpung di industri jasa ini. Jika ditanya lebih banyak suka atau dukanya, saya rasa, lebih banyak sukanya ketimbang dukanya. Selain tanggung jawab yang berat, insan industri keuangan juga dituntut untuk profesional dan jujur. Tanggung jawab yang berat ini setimpal kok dengan gaji dan fasilitas yang diperoleh.

Nggak usah takut dengan istilah ‘madesu’ alias masa depan suram. Insan industri keuangan tuh, mempunyai banyak privilledge dibandingkan profesi lainnya. Kalau kata bos saya dulu, profesi ini tuh merupakan salah satu ‘kasta’ tertinggi dibandingkan dengan profesi lainnya. Ibaratnya, saat ditanya calon mertua kita jadi makin pede kalau berkarir di industri ini.

Nah, baru-baru ini saya dapet info kalau salah satu lembaga keuangan ternama milik pemerintah Indonesia lagi buka lowongan. Yah! Andaikan usia masih masuk, saya bakalan apply ke lembaga keuangan tersebut tersebut. Hihihi. Tapi nggak apa-apa. Berhubung di masa pandemi seperti sekarang nyari kerja juga nggak gampang, saya bakalan sharing loker tersebut. Siapa tau rezeki kalian ada di sana.

Sejarah singkat Indonesia Eximbank

Ada yang belum tau Indonesia Eximbank?

Sekadar informasi, Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus untuk pembiayaan ekspor yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Pendirian lembaga keuangan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 yang berfungsi untuk menjalankan Pembiayaan Ekspor Nasional (PEN) sebagai special mission vehicle di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Jadi, memang sedikit berbeda dengan lembaga keuangan umum lainnya seperti perbankan.

Secara resmi, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) ini mulai beroperasi pada tanggal 1 September 2009 dengan membawa visi mulia, ingin menjadi Eximbank yang unggul dan kredibel dalam mendorong ekspor nasional yang berdaya saing tinggi pada tataran global.

Meski tergolong ‘muda’, Indonesia Eximbank ini punya peranan penting bagi pertumbuhan ekspor di negara tercinta Indonesia.

Apa fungsi utama Indonesia Eximbank?

Buat kalian yang belum tau, fungsi utama lembaga keuangan yang satu ini adalah menyalurkan pembiayaan ekspor nasional bagi badan usaha, baik yang berbadan hukum maupun tidak. Termasuk usaha perorangan yang tinggal di dalam, maupun di luar negeri.

Indonesia Eximbank ini memiliki tiga core business yakni pembiayaan, penjaminan, dan asuransi. Ketiganya menjadi fundamental bisnis Indonesia Eximbank. Selain itu, Indonesia Eximbank ini juga menjadi leader pembiayaan ekspor nasional dan meningkatkan akses pembiayaan UKM ekspor melalui peningkatan pendanaan, baik dari obligasi maupun pinjaman dari pihak lain. Tujuannya satu: untuk meningkatkan jumlah eksportir baru.

Dengan meningkatnya jumlah eksportir baru, tentunya akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional dengan terdorongnya perdagangan luar negeri.

Indonesia Eximbank buka rekrutmen di tengah pandemi

Nah, ini bagian yang paling penting. Di tengah pandemi yang membuat perekonomian negara-negara di dunia merosot dan meningkatkan pengangguran, Indonesia Eximbank justru membuka lowongan kerja.

Saat ini, Indonesia Eximbank tengah membuka lowongan untuk Program LFT alias Leaders For Tomorrow. Buat kalian yang masih fresh graduate, dan bercita-cita menjadi bagian dari Management Trainee (MT) di salah satu insan industri keuangan bergengsi ini, kini saatnya bergabung dengan Indonesia Eximbank.

Lowongan ini terbuka bagi siapa saja yang memenuhi syarat. Nggak peduli di mana pun domisili kalian.

Apa saja syarat-syaratnya?

  1. Berasal dari universitas dengan akreditasi A
  2. Lulusan S1/S2 semua jurusan dengan IPK minimal 3.00
  3. Usia Maksimal 25 tahun untuk S1, dan 27 tahun untuk S2 pada Desember 2020
  4. Belum menikah
  5. Memiliki keunggulan secara akademis dan aktif dalam kegiatan non-akademis
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik secara tertulis ataupun secara verbak dengan baik
  7. Memiliki kemampuan berpikir secara kritis, serta mampu menyelesaikan permasalahan secara solutif dan inovatif
  8. Mampu berkolaborasi atau bekerjasama dalam tim dan juga mampu bekerja secara mandiri untuk memenuhi target pekerjaan.

Semua punya kesempatan yang sama. Kesempatan emas ini sayang banget kalau dilewatkan karena cuma dibuka sampai tanggal 27 November 2020 besok. Untuk pendaftarannya langsung aja ke link ini. Buruan langsung apply!

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi langsung link di bawah ini. Good luck, Guys!

www.indonesiaeximbank.go.id Instagram: @IndonesiaEximbank Facebook: Indonesia Eximbank Twitter: @Eximbank_ID

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Continue Reading

Inilah Gejala Virus Corona Menurut WHO

WHO atau World Health Organization merupakan badan dunia yang mengurusi masalah kesehatan. Sehingga ketika terjadi krisis kesehatan seperti…

Manunggaling Kawula Rindu

Suatu hari, di sepotong pagi, di balik jajaran kursi dan kubikel sepi. Kutemukan senyummu di antara cangkir kopi.…

Cinta? Embuhlah..

“I didn’t mean to fall in love, but you made it so easy…” Jika ada yang mengatakan bahwa…