Bisa Dibeli Lewat Grab, Kenali Manfaat Asuransi Kesehatan Simas Jiwa

Belakangan ini, dengan meningkatnya pemahaman dan literasi perencanaan keuangan, orang semakin sadar bahwa kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Produk-produk proteksi atau asuransi merupakan bagian dari aspek perencanaan keuangan yang tidak bisa diabaikan. Saya sendiri termasuk orang yang sangat concern dengan aspek proteksi ini.

Nggak hanya menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan rajin berolahraga, tapi juga dengan menyiapkan beragam perlindungan atau asuransi untuk kita dan keluarga. Proteksi ini mutlak diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya sakit.

Baca juga:

79 Tahun Sinar Mas, Kontribusi Nyata Membangun Negeri

Ngomongin sakit, sebagai orang yang pernah mengalami rawat inap di rumah sakit, saya merasakan betul manfaat dari asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan salah satu bentuk proteksi yang bisa melindungi kita dari kerugian finansial akibat risiko-risiko kesehatan yang mungkin kita alami selama hidup.

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana susahnya jika kita tidak memiliki asuransi kesehatan. Ya, meski sekarang semua orang wajib memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah, tapi rasanya nggak bakalan cukup untuk mengcover biaya rumah sakit. Apalagi nggak punya asuransi tambahan atau dana darurat dalam jumlah  yang cukup besar.

Asuransi kesehatan akan memberikan penggantian biaya terhadap perawatan kesehatan yang harus kita jalani, dan kita sebagai tertanggung wajib membayar premi yang besarnya tergantung pada manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut.

Bersyukurlah kalau sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor. Pertimbangkan dan evaluasi juga kalau biaya pertanggungannya tidak mencukupi. Sebagai solusi, kita bisa mencari asuransi yang sesuai dengan budget. Sebaiknya mulai berpkir untuk memiliki asuransi kesehatan tambahan, misalnya dengan memiliki Simas Jiwa.

Saya pun demikian. Meski sudah punya asuransi wajib, akhirnya berniat untuk memiliki asuransi kesehatan tambahan Simas Jiwa. Bukan berharap untuk sakit sih, tapi lebih untuk jaga-jaga. Yang namanya sakit kan, nggak bisa diprediksi dan nggak ada yang tau. Jangan sampai kalau ada apa-apa harus menjual aset buat menutupi biaya perawatan kesehatan. Semoga jangan.

Cari dan beli asuransi Simas Jiwa saat sehat, sesuaikan budgetnya

Mencari dan membeli polis asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan, bisa dibilang gampang-gampang susah. Agak sedikit tricky memang. Pilihannya pun beragam. Tapi nggak susah juga, kok. Cuma butuh kejelian dan pengetahuan yang cukup, terutama untuk memahami manfaat yang ditawarkan, tinggal disesuaikan dengan budget dan kebutuhan yang kita inginkan.

Saya memang tipikal orang yang well planned. Selalu “sedia payung sebelum hujan”. Nggak mau ambil risiko kalau nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi pernah mengalami rawat inap di rumah sakit. Asuransi kesehatan bisa diandalkan untuk menjadi “dewa penolong” dalam kondisi darurat.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya menemukan asuransi kesehatan yang cocok banget untuk melengkapi aspek proteksi dalam perencanaan keuangan yang sudah saya buat. Saya memutuskan untuk membeli asuransi tambahan Simas Jiwa. Menurut saya, asuransi kesehatan Simas Jiwa dari Sinar Mas ini memiliki beragam benefit, yang salah satunya benefit double claim, dan pastinya sesuai dengan budget yang sudah saya buat.

Sekadar informasi, masih banyak lho, orang yang melakukan kesalahan saat membeli polis asuransi kesehatan ini. Akibatnya, manfaat asuransinya nggak bisa diperoleh secara optimal. Rasanya sayang banget kan, sudah membeli asuransi kesehatan tapi malah nggak bisa dipakai “hanya” karena kesalahan kecil saja. Misalnya, membeli polis asuransi kesehatan pas banget sudah sakit dan berada di rumah sakit untuk rawat inap.

Kejadian seperti ini sering banget terjadi, lho. Terutama asuransi kesehatan yang diwajibkan dari pemerintah. Malas urus, terus saat sudah dirawat inap, baru mengajukan kepesertaan. Ya, pasti nggak bisa langsung ditangani, kan? Biasanya, perusahaan asuransi akan menolak pengajuan saat sudah dalam kondisi sakit. Bagaimana pun, perusahaan asuransi harus mengelola risiko, dan menerima kepesertaan seseorang yang sudah dalam kondisi sakit akan meningkatkan risiko kerugian bagi mereka. Saran saya, belilah asuransi saat sedang sehat seperti sekarang.

Cara mudah beli asuransi Simas Jiwa melalui Grab

Nah, ini. Saya mau berbagi pengalaman saat beberapa waktu lalu mencoba membeli asuransi Simas Jiwa melalui aplikasi Grab. Yap, benar! Membeli asuransi Simas Jiwa ternyata gampang banget. Tinggal buka aplikasi Grab terus ikuti urutannya. Biar lebih lengkap saya capture-in langkah-langkahnya berikut ini:

Buka aplikasi Grab, di halaman Homepage klik “More”

Kemudian pilih “Insurance”

Selanjutnya pilih “Hospital Cash Over”

Lalu pilih plan “Premier” karena saat ini baru fitur “Premier” yang tersedia

Pas muncul info Health Declaration langsung klik button “Yes”

Lengkapi data diri sesuai kartu identitas langsung klik “Continue”

Langkah terakhir tinggal pilih opsi pembayaran mau “Pay Monthly” atau “Pay in full (12 months)”. Saya sarankan mending pilih “Pay in full (12 months)” supaya nggak ribet membayar tagihan setiap bulan dan jatuhnya bisa hemat 16 persen lebih. Lumayan banget, kan?

Jika sudah melakukan pembayaran, kita akan menerima notifikasi melalui email, berikut username dan password untuk mengakses layanan keanggotaan SiJi Access Simas Jiwa.

Kelebihan asuransi Simas Jiwa

Menurut saya, asuransi kesehatan dari Simas Jiwa ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan asuransi kesehatan lainnya. Beberapa keunggalannya adalah

  1. Biaya premi yang terjangkau (bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

Asuransi kesehatan Simas Jiwa ini punya tiga tipe. Mulai dari Basic, Standard, hingga Premier. Biaya preminya mulai dari Rp9.900 per bulan. Tergantung usia masuk. Semakin dini mendaftarkan semakin murah biayanya.

Jika diakumulasi untuk biaya per tahun biayanya, akan jauh lebih murah bila dibayar langsung. Jatuhnya jauh lebih hemat. Berdasarkan pengalaman saya membeli tipe Premier, biaya per tahunnya nggak sampai Rp500.000. Saya lebih menyarankan untuk membayar premi secara tahunan daripada harus membayar setiap bulan.

  1. Cara belinya yang sangat mudah dan nggak ribet

Ini juga salah satu kelebihan asuransi Simas Jiwa dibandingkan asuransi lainnya. Bisa dibeli langsung lewat aplikasi Grab. Tinggal tap-tap nggak sampai lima menit langsung beres.

  1. Benefit produk hospital cash cover yang optimal

Kelebihan yang ketiga dari asuransi Simas Jiwa ini adalah manfaat cash cover yang maskimal. Sebagai pemegang polis Premier, saya hitung-hitung total manfaat maksimal mencapai Rp29.000.000 per tahun.

  1. Double claim

Banyak orang yang salah kaprah dengan istilah double claim. Double claim tidak bisa diartikan mencari keuntungan dengan me-reimburst satu tagihan ke dua perusahaan asuransi yang berbeda,ya. Asuransi double claim bisa digunakan ketika asuransi utama kita tidak bisa menanggung seluruh biaya yang ditagih oleh rumah sakit. Daripada menombok atau mengeluarkan uang sendiri untuk menutup semua biayanya, fasilitas double claim bisa jadi solusinya.

Misalnya, kita dirawat di rumah sakit selama tiga hari. Biaya opname (rawat inap) per hari yang akan diganti oleh asuransi utama yang kita miliki adalah sebesar Rp400.000 per hari. Jumlah ini sudah dibatasi sesuai kontrak awal dengan pihak penyelenggara asuransi yang kita punya. Tapi ternyata, biaya kamar yang harus dibayar adalah Rp600.000. Nah, daripada nombok, selisih lebih tagihan sebesar Rp200.000 ini bisa diajukan klaim ke asuransi Simas Jiwa. Kurang lebih begitu sistemnya.

Sistem reimbursment ini menurut saya sangat cocok digunakan sebagai asuransi tambahan, apalagi Simas Jiwa memiliki benefit double claim.

Saat ini produk Simas Jiwa bisa dibeli melalui aplikasi Grab. User bisa memilih 3 pilihan Basic, Standard, Premier seperti yang ada di apps Grab. Menurut saya, kekurangannya tidak terlalu signifikan dan masih bisa ditolerir, dibandingkan manfaat yang ditawarkan.

Sementara untuk ilustrasi produk Hospital Cash Cover detailnya bisa dilihat berikut ini:

Nah, buat kalian yang belum ataupun sudah memiliki asuransi kesehatan, asuransi Simas Jiwa ini cocok banget untuk dimiliki sebagai bagian dari aspek proteksi keluarga tercinta.

 

 

1 Shares:
4 comments
  1. Asuransi ini bagian dari investasi untuk masa depan. Investasi untuk kesehatan kita suatu hari untuk hal-hal yang tidak pernah terduga.

    Produk yang ditulis cukup keren dan ngasih banyak manfaat, worth dan keknya bisa dipertimbangkan untuk jadi pilihan untuk asuransi kesehatan pribadi nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Semangat PLN Berbagi Kepedulian

Bulan Ramadan baru saja berlalu, bulan yang penuh berkah ini, selalu membuat banyak orang merindukannya untuk bertemu kembali.…

Hepi-hepi dengan HappyOne.id

Saya nggak setuju kalau ada yang bilang Millenial zaman now hobinya cuma foya-foya. Memang sih, dibandingkan generasi sebelumnya…

Memaknai Kehilangan

Kehilangan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan. Jangankan hanya barang, nyawa pun, kalau sudah saatnya hilang, maka…

Manunggaling Kawula Rindu

Suatu hari, di sepotong pagi, di balik jajaran kursi dan kubikel sepi. Kutemukan senyummu di antara cangkir kopi.…