Tetap Optimistis Menanti Vaksin di Tengah Krisis

Pic by pexel

Sudah sekitar tujuh bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 sudah mencapai lebih dari 250 ribu orang. Jumlah yang nggak sedikit ini terus bertambah setiap hari. Waswas, takut, cemas, dan perasaan macam-macam sering banget melintas kalau pikiran sedang kacau.

Iya sih, meski kita setiap hari patuh terhadap protokol kesehatan, berusaha sekuat tenaga mengerem diri untuk tidak bepergian ke luar rumah kalau nggak penting-penting banget, kalau tidak diimbangi dengan pikiran positif, seringkali membuat mental down.

Baca juga: Inilah Gejala Virus Corona Menurut WHO

Saya pun kadang merasa demikian. Memang paling penting saat ini selain menjaga kesehatan badan, juga wajib menjaga kesehatan mental. Stop mengakses berita yang sensional yang ujung-ujungnya menyerang mental. Jangan sampai pesimis dengan keadaan yang ada.

Selama pandemi, kegiatan saya pribadi hanya bekerja dari rumah alias work from home (WFH), membaca tumpukan buku, beres-beres rumah, dan melakukan hal-hal yang jarang banget bisa dilakukan di saat normal. Untuk menjaga kewarasan sesekali keluar rumah sekadar menghilangkan kejenuhan ataupun belanja kebutuhan bulanan rutin.

Selama pandemi pula saya juga terus mengakses informasi terkait penemuan dan perkembangan vaksin. Sudah sejauh mana diujicobakan dan bagaimana progresnya, tetap menjadi perhatian utama saya. Informasi positif semacam ini memberikan saya asupan dan rasa optimistis bahwa pandemi bisa segera berlalu dan kita bisa bebas kembali untuk melakukan hal-hal seperti biasanya.

Beberapa kali pula saya membaca informasi bahwa World Health Organization (WHO) mempublikasikan daftar terbaru mengenai upaya pembuatan vaksin. Upaya ini juga menunjukkan sejumlah besar perusahaan yang tengah berusaha keras dan berlomba-lomba menemukan vaksin Covid-19. Termasuk salah satunya Vaksin Surabaya yang tengah dikembangkan di dalam negeri. Tentunya penemuan vaksin ini harus melewati proses uji kelayakan sebelum akhirnya didistribusikan untuk masyarakat luas.

Berita positif terkait penemuan vaksin sekecil apapun harus diapresiasi. Meski biasanya penemuan dan pengembangan vaksin membutuhkan waktu yang lama, proses yang rumit, dan biaya yang tidak sedikit, vaksin menjadi salah satu harapan bagi seluruh umat manusia untuk tetap survive melawan pandemi ini. Belum lagi proses uji coba terhadap manusia yang harus tetap dilakukan. Semua membutuhkan kesabaran dan dukungan agar perkembangan vaksin bisa berjalan lancar.

Dari informasi yang saya baca, vaksin ini sendiri tidak dibuat dari virus Covid-19. Tapi mengandung kode genetika yang tidak berbahaya dan disalin dari virus penyebab penyakit. Bisa disimpulkan vaksin ini aman untuk manusia. Uji coba juga mutlak diperlukan untuk menunjukkan bahwa vaksin tidak beracun dan mampu memicu respons sistem kekebalan untuk mempersiapkan tubuh melawan virus. Saya sendiri merasa lebih tenang setelah membaca informasi ini.

Sambil menunggu perkembangan vaksin, sebagai rasa tanggung jawab pribadi, tentunya kita sendiri juga harus patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini semata-mata agar jumlah kasus Covid-19 berkurang dan bisa dikendalikan.

Prinsip 3M: Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan mutlak harus dilakukan. Toh, ini tanggung jawab kita semua. Bukan cuma urusan pemerintah. Sebagus apapun peraturan yang dibuat pemerintah, kalau masyarakatnya tidak taat, hasilnya juga akan sia-sia. Butuh kesadaran semua pihak untuk saling mendukung program-program yang sudah dibuat. Jangan bisanya cuma menyalahkan kebijakan yang dibuat pemerintah.

Dengan adanya berita positif semacam ini, membuat saya lebih semangat untuk menata hidup. Untuk menambah rasa optimistis, saya juga sering mencari informasi perkembangan penemuan vaksin dari beragam sumber yang bisa dipercaya. Salah satu sumber informasi yang saya jadikan rujukan adalah Halodoc.

Buat saya, Halodoc nggak cuma memberikan beragam informasi seputar kesehatan yang akurat, tapi juga mendidik. Boleh dibilang, saya merasa lebih nyaman mengakses informasi dari sini, ketimbang membaca berita sensasional yang kadang membuat kita sering berpikir negatif. Bagi kalian yang membutuhkan ragam informasi seputar kesehatan, portal yang satu ini selalu menyuguhkan berita dunia kesehatan yang faktual dan layak dipercaya.

 

 

 

1 Shares:
1 comment
  1. iya mas aku pun menanti dn juga berharap bahwan pandemi ini segera hilang, sebab banyak hal jdi tersendat akan kejadian ini. Tapi masalah vaksinasi atau semacamnya saya pun setuju dan tidak setuju, sebab masih kontroversi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Semangat PLN Berbagi Kepedulian

Bulan Ramadan baru saja berlalu, bulan yang penuh berkah ini, selalu membuat banyak orang merindukannya untuk bertemu kembali.…

Bus, Solusi Mobilitas Kaum Urban

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki sejumlah masalah yang cukup pelik dan memerlukan solusi yang begitu kompleks. Masalah…