PRUCinta, Bukti Cinta untuk Keluarga Tercinta

“Cinta hidup selamanya, manusia tidak … “

Ngomongin masalah cinta, rasanya hampir semua orang memiliki pengertian yang berbeda-beda. Cinta nggak harus selalu berarti untuk pasangan, tapi juga bisa untuk orang tua, adik, kakak, saudara, sahabat, dan lain-lain. Saat mereka ditanya: “Apa bukti cinta yang bisa kamu berikan untuk mereka?” jawabannya pun bisa beragam. Bisa dalam bentuk ungkapan, perhatian, ataupun materi. Semuanya sah-sah aja dan nggak ada yang salah. Cinta memang harus dibuktikan dengan segala tindakan.

Baca juga: https://achihartoyo.com/2019/09/16/siap-siap-ajang-gowes-pruride-indonesia-2019-bakal-digelar-di-jogja/

Kutipan di atas kalau dipikir-pikir bener banget. Cinta bisa hidup selamanya, sementara kita tidak. Untuk itu, kita perlu menyiapkan segala hal agar orang-orang yang kita cintai, bisa tetap terjamin kehidupannya jika ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Dulu, waktu zaman masih kerja di bank, saya sering banget ikut kelas perencanaan keuangan. Maklum, sebagai budak korporasi di perbankan, kita dituntut banget bisa merencanakan keuangan. Apalagi waktu jadi Funding Officer (FO) yang tugasnya ngasih rekomendasi ke nasabah saat mau menempatkan dananya. Salah satu hal yang saya pelajari dalam kelas perencanaan keuangan adalah aspek proteksi.

Proteksi adalah komponen vital dalam struktur piramida keuangan. Ya, siapa pun di dunia ini, nggak akan ada yang mau kalau keuangannya hancur, hanya karena kita kurang hati-hati dalam merencanakan. Untuk itulah kita perlu adanya proteksi.

Pentingnya Punya Proteksi dalam Bentuk Asuransi Jiwa

Belum lama ini, saya hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Prudential Indonesia di CGV FX Sudirman. Di sini, saya jadi tau kalau Prudential sekarang punya produk asuransi jiwa berbasis syariah bernama PRUCinta. Selama ini, saya hanya mengenal Prudential dengan produk unitlink-nya yang punya beragam manfaat.

Nah, yang jadi pertanyaan, kadang tuh kita suka bingung, siapa sih sebenarnya yang harus punya asuransi jiwa? Apakah semua anggota keluarga, atau harus salah satu di antara mereka. Pada prinsipnya, semua anggota keluarga sah-sah aja punya asuransi jiwa. Terlebih, bagi seorang kepala keluarga. Satu hal yang harus dipahami bahwa kepala keluarga ini bukan berarti harus ayah atau seorang suami.

Seorang ‘kepala keluarga’ bisa jadi seorang ayah atau suami, tapi bisa juga seorang ibu yang menjadi single parent, seorang kakak yang harus merawat adik-adiknya, atau siapa pun yang punya tanggungan terhadap keluarga besar. Intinya, jika ‘kepala keluarga’ ini meninggal, kondisi keuangan keluarganya akan berantakan. Maklum, seorang ‘kepala keluarga’ ini menanggung semua pengeluaran utama. Orang-orang di circle ini, wajib banget punya asuransi jiwa.

Fungsinya, jika si ‘kepala keluarga’ ini meninggal, keluarganya masih bisa hidup dengan layak untuk beberapa bulan/tahun sampai kondisi keluarganya benar-benar bisa bangkit dan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Mas Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia.

Mas Himawan ini bilang kalau semua pakar keuangan menyarankan agar setiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, seperti meninggalnya sumber penghasilan utama keluarga. Dana ini harus bisa dicairkan dengan mudah dan bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga selama kurang lebih satu tahun.

Sebagai solusinya, ada PRUCinta yang bisa menjadi alternatif dalam menyiapkan dana darurat. Jadi, PRUCinta ini memang baru diluncurkan. Produk asuransi jiwa ini punya beragam manfaat dan keunggulan dibandingkan dengan produk-produk serupa. Untuk lebih detailnya, bisa dilihat dari tabel berikut ini:

Minimnya Tingkat Literasi Asuransi Syariah di Indonesia

Mirisnya, di Indonesia sendiri pemahaman masyarakat akan produk asuransi ini masih minim. Padahal, fungsi dan manfaatnya sangat jelas dan banyak. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ibu Nini Sumohandoyo (Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia)  saat peluncuran PRUCinta.

“Di tengah berbagai ketidakpastian dan masih rendahnya indeks literasi dan inklusi asuransi syariah, Prudential Indonesia mengembangkan PRUCinta sebagai solusi yang simpel, mudah dipahami, terjangkau, dan sangat relevan untuk melengkapi kebutuhan keluarga akan asuransi tradisional berbasis syariah dengan beragam manfaat yang menarik.” Tutur Bu Nini.

Sebagai informasi, tingkat literasi masyarakat di Indonesia terhadap asuransi syariah hanya 2,51 persen. Padahal ya, asuransi jiwa tuh penting banget untuk mengantisipasi risiko meninggalnya sumber utama pendapatan keluarga yang bisa terjadi kapan aja dan bisa memengaruhi kesejahteraan keluarga. Semoga dengan adanya edukasi dari Prudential Indonesia, banyak masyarakat yang semakin teredukasi.

Baim Tampilkan Bukti Cinta untuk Keluarga

Dalam peluncuran PRUCinta beberapa waktu lalu juga dihadiri oleh Baim yang merupakan suami dari selebriti Artika Sari Devi. Di acara ini, Baim turut menampilkan bukti cintanya untuk keluarga dengan penampilan musikalisasi puisi.

Di sini, Baim juga sharing tentang pengalamannya sebagai kepala keluarga dan bertanggung jawab untuk memproteksi keluarganya dari hal-hal buruk yang bisa terjadi kepada siapa saja. Salah satunya Baim juga telah menyiapkan asuransi jiwa PRUCinta dari Prudential Indonesia.

8 Replies to “PRUCinta, Bukti Cinta untuk Keluarga Tercinta”

  1. Ternyata penting banget ya proteksi buat “kepala keluarga” yg hrs memiliki asuransi jiwa. Sehingga anggota keluarga bisa dijamin keberlangsungan hidupnya saat kepala keluarga sewaktu-waktu mengalami musibah MD ataupun cacat. Bermanfaat nih artikelnya mas, tengkiu ya…

  2. PRUCinta ini produk asuransi tradisional kan ya? Tapi ada syariahnya?
    Kayaknya ini produk lebih fleksibel ya..menawarkan jatuh tempo di mana orang kadang lebih butuh kepastian dan enggak digantung dengan nilai tunai saham yang turun naik bikin deg2an….😂

  3. Acaranya pasti seru dan bermanfaat ya mas..
    Setuju sama Baim, bukti cinta itu bisa diwujudkan dgn melindungi seluruh anggota keluarga, salah satunya dgn memberikan asuransi jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *