Belajar Fotografi Ponsel dengan Vivo S1

Menurut saya, akhir pekan adalah waktu yang pas untuk menyalurkan segala jenis hobi. Maklum, sebagai budak korporat, wiken adalah jatah kita untuk melakukan kegiatan yang jarang banget bisa dilakukan di hari-hari biasa. Salah satunya adalah hobi fotografi dengan menggunakan ponsel.

Hobi yang satu ini nggak harus mahal. Dengan modal ponsel yang memiliki fitur canggih, hasil fotografi pun bisa maksimal. Apalagi teknologi kamera yang saat ini dibenamkan pada ponsel-ponsel terbaru, punya andil besar dalam meluasnya kalangan penekun hobi fotografi ponsel. Salah satunya adalah ponsel terbaru keluaran Vivo.

Yes, Vivo S1 memiliki beragam fitur canggih yang menurut saya sangat pas untuk dimiliki bagi penekun hobi fotografi. Beberapa fitur andalan yang dimiliki Vivo S1 satu di antaranya adalah kamera depan 32 AI Selfie. Pertama kali nyobain kamera ini, saya sampe melongo. Hasilnya bikin takjub! Saya rasa, cewek-cewek yang hobi selfie nggak perlu lagi skin care-an. Dijamin langsung glowing in the dark dalam sekejap. Hahaha …

Well, balik lagi ke fotografi ponsel. Ada beberapa tips, nih, jika kalian ingin menekuni hobi yang satu ini. Simak, ya.

Belajar Membuat Framing

Apa itu framing? Framing adalah salah satu cara untuk menempatkan objek utama yang akan kita ambil gambarnya atau point of interest ke dalam posisi yang sedemikian rupa, sehingga seolah-olah tampak dikelilingi oleh elemen lain yang menjadi frame-nya.

Contohnya kayak gini: kalian pernah liat foto masjid yang seolah-olah berada dalam lingkaran gerbang masjid? Yes, itulah framing. Contoh lainnya adalah mengambil objek utama dalam sebuah pantulan air di dalam wadah. Pinggiran wadah misalnya piring atau baskom bisa menjadi frame bagi objek yang dipantulkan dari air.

Buatlah Bidang Foto Menjadi Tiga Bagian

Eh, gimana, nih, maksudnya? Hmm, misalnya kita akan membuat landscape, maka, buatlah menjadi tiga bagian dan letakkan objek yang akan difoto pada persimpangan. Dengan trik ini foto akan terlihat lebih menarik. Edit sedikit saturation, bright atau kontras, dan white balance. Tadaa … hasilnya akan menakjubkan.

Buat Objek Foto Menjadi Komposisi Simetris

Dengan tips ini kita akan membuat letak objek foto di tengah bidang sehingga terlihat sama antara kanan dan kirinya. Jangan lupa edit juga komposisi warna, bright, dan white balance-nya sehingga foto tampak semakin sempurna.

Setting Resolusi Kamera Ponsel dengan Maksimal

Nah, ini juga part yang paling penting untuk dilakukan. Misalnya kita menggunakan kamera ponsel dari Vivo S1 yang memiliki resolusi kamera 16 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8″, 1.12µm, PDAF, 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, depth sensor, buatlah settingnya dengan posisi maksimal. Dengan tips ini, hasil fotografi ponsel akan semakin tajam. Jangan pernah membuat setting di bawah posisi maksimal.

Supaya hemat storage, pastikan untuk selalu menyimpan hasil foto di dalam micro SD. Simpan semua setting aplikasi-aplikasi kamera di SD card atau micro SD. Tujuannya sederhana: supaya memory hp nggak cepat penuh. Toh, harga memory penyimpanan juga murah kan. Bisa beli yang 16GB atau 32 GB.

Beli Tripod

Hari gini, tripod kan nggak mahal. Selain untuk modal foto-foto sendiri ketika jalan-jalan (ketauan, deh, jomlonya :D) tripod ini juga bisa berfungsi untuk mengambil video. Selain itu, tripod juga membantu mengurangi guncangan atau getaran (tremor) saat mengambil gambar.

Coba Mengambil Foto dari Berbagai Sudut Pandang atau Angle

Usahakan untuk memotret objek dengan foto posisi vertical dan horizontal. Perbanyak angle supaya hasil foto bisa maksimal. Baik dari depan, dari samping, dari belakang, dari atas, low angle atau dari sudut pandang mana pun. Jangan ragu-ragu untuk mengeksplore angle untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Kalau udah nyimak tips gimana cara bikin fotografi ponsel, rekomendasi gadget yang fitur kameranya memuaskan salah satunya adalah Vivo S1. Vivo S1 memiliki dua varian warna: Cosmic Green dan Skyline Blue.

Why Vivo S1?

Vivo S1 memiliki beberapa fitur andalan terutama buat yang suka selfie. Vivo S1 memiliki spesifikasi 6,38” Super AMOLED Ultra All Screen, screen touch ID, 4500 mAH Battery, 32 MP AI Selfie Camera, dan AI Triple Rear Camera.

Untuk lebih memaksimalkan hobi fotografi ponsel dan mengetahui fitur-fitur terbaru dari Vivo, kalian bisa gabung ke Vivo Club. Dengan bergabung ke dalam komunitas smartphone android Vivo, kita bisa berdiskusi dengan pengguna Vivo lainnya melalui forum handphone android.

Hasil selfie dengan Vivo S1

Info lengkapnya bisa dicari melalui socmed Vivo:

Instagram: @vivoclub_indonesia Facebook dan Youtube: Vivo Club Indonesia atau melalui forum vivoclub.id

One Reply to “Belajar Fotografi Ponsel dengan Vivo S1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *