Jangan Cuma Berprinsip YOLO, Asuransi Astra Ajarkan Milenial Melek Finansial

Milenial melek masalah finansial? Saya berpendapat bahwa milenial memang wajib hukumnya ‘melek finansial’. Mungkin, banyak di antara kita nggak sadar bahwa kaum milenial sering dikaitkan dengan istilah generasi YOLO alias generasi yang memiliki prinsip You Only Live Once. Dengan prinsip tersebut, mereka bisa dengan mudah membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang sifatnya experience dengan nilai yang nggak sedikit. Nggak salah sih, tapi juga sebaiknya diimbangi dengan literasi finansial yang bagus, supaya kondisi finansialnya seimbang. Prinsipya: Hepi-hepi boleh, tapi investasi dan proteksi juga harus diprioritaskan.

Beruntung banget beberapa waktu lalu saya menghadiri halalbihalal sekaligus talkshow finansial dari Asuransi Astra. Dari situ, saya jadi makin melek masalah finansial yang banyak dihadapi milenial. Terutama dalam hal proteksi. Iya, saya sadar bahwa saya juga harus sering belajar masalah proteksi.

Dalam acara halalbihalal tersebut, Asuransi Astra mengajak generasi milenial untuk belajar menyusun perencanaan keuangan yang sehat dengan menggandeng konsultan keuangan indipenden Jouska Indonesia. Pada tau kan ya, konsultan keuangan ngehits yang satu ini?

Halalbihalal Asuransi Astra yang berlangsung beberapa waktu lalu di Ruci’s Joint ini bertemakan “Setting Up Your Healthy Financial”. Supaya apa? Yang pasti supaya masa depan keuangan kita terus sehat hingga masa pensiun nanti. Seru? Pastinya.

Apa saja higlightnya?

Bahasan seru masalah proteksi finansial disampaikan langsung oleh Mbak Dewi Syaputri, selaku financial advisor dari Jouska Indonesia. Mbak Dewi ini udah paham lah, ya, kalau urusan finansial. Terutama masalah proteksi. Mbak Dewi mengajarkan kita betapa pentingnya manajemen risiko melalui asuransi, yang merupakan faktor penting untuk diperhatikan, dalam menyusun perencanaan keuangan yang sehat dan stabil.

Misalnya begini: generasi milenial yang umumnya hobi traveling atau jalan-jalan, udah harus paham bahwa setiap perjalanan memiliki risiko. Entah kehilangan, kecelakaan atau risiko-risiko lain yang nggak kita inginkan dan nggak bisa diprediksi sewaktu-waktu. Nah, risiko-risiko semacam ini udah seharusnya diantisipasi dengan proteksi yang bisa didapatkan lewat asuransi. Ibaratnya mah, dengan ‘bayar sepuluh ribu, kita bisa dapetin manfaat satu juta’ dengan asuransi. Iya, nggak?

Selain dari sisi proteksi, milenial juga harus paham betapa pentingnya memiliki investasi untuk masa depan. Toh, hidup kan nggak cuma untuk hari ini seperti slogan YOLO tadi. Terbatasnya usia produktif manusia, mengharuskan kita giat berinvestasi untuk kebutuhan masa depan. Ingat! Uang seratus ribu yang kita miliki hari ini, lebih besar nilainya bila dibandingkan dengan sepuluh tahun lagi.

Bagaimana kita bisa mendapatkan produk proteksi yang maksimal?

Yes! Ini bahasan menarik. Zaman now, generasi milenial nggak perlu ribet untuk mendapatkan perlindungan maksimal sekaligus bisa mendapatkan manfaatnya. Generasi milenial bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari Asuransi Astra misalnya.

Asuransi Astra menyediakan beragam pilihan asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan milenial. Seperti asuransi kendaraan Garda Oto, yang bisa melindungi mobil kapan pun dan di mana pun. Selain Garda Oto, juga ada HappyOne.id dengan empat produknya: HappyMe, HappyHome, HappyEdu dan HappyTrip. Masing-masing produk ini memberikan manfaat perlindungan atas diri, rumah, pendidikan dan perjalanan liburan dari risiko yang kadang nggak bisa diprediksi sewaktu-waktu.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih asuransi?

Poin ini buat saya penting banget! Hari gini, banyak banget produk asuransi yang kadang nggak bisa diandalkan dalam segala situasi. Salah satu yang wajib diperhatikan ketika memilih asuransi adalah keterbukaan akan informasi dan detail produk, harga pertanggungan yang akan didapat, hingga layanan tambahan seperti call center dan layanan darurat.

Dalam poin ini, Asuransi Astra menurut saya ‘megang banget’. Maklum lah, ya, Asuransi Astra bukan perusahaan asuransi ‘kemarin sore’. Asuransi astra udah berdiri kurang lebih setengah abad. Tepatnya sejak tanggal 12 September 1956. Asuransi Astra juga udah mendapatkan beragam penghargaan, di antaranya: Platinum Indonesia Best Brand Award (2012-2018), Top Brand Award (2007-2019), Service Quality Award (2008-2019) dan beragam penghargaan lainnya.

Selain itu, Asuransi Astra juga mendapatkan penghargaan dari Infobank Insurance Award sebagai Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus. Nah, udah nggak diragukan lagi kan, prestasinya.   

Udah segitu dulu highlight dari acara halalbihalal dengan Asuransi Astra tempo hari. Semoga kita semakin melek dengan masalah finansial dan nggak cuma jadi generasi yang berprinsip YOLO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *