Halalbihalal JNE, Tradisi Berbagi Kebahagiaan untuk Pelanggan

Pernah punya pengalaman tentang dunia ‘perkuriran’? Duh, saya sebagai customer yang sering belanja online, selalu mengandalkan salah satu jasa ekspedisi yang sudah dikenal masyarakat selama bertahun-tahun. Yup! Boleh dibilang saya adalah pelanggan setia jasa ekspedisi JNE.

Nggak cuma untuk pengiriman paket belanja aja, sih. Dulu, sewaktu saya masih bekerja di dunia perbankan, saya selalu mengandalkan JNE untuk mengirimkan dokumen-dokumen penting seperti surat-surat, warkat atau bingkisan untuk nasabah.

Suatu ketika, saya pernah dibuat deg-degan karena paket warkat penting yang saya kirimkan belum diterima nasabah. Dokumen penting yang berupa surat berharga itu seharusnya diterima nasabah dalam waktu tiga hari. Nyatanya dokumen tersebut terpaksa ‘hilang’ selama kurang lebih dua minggu.

Awalnya, saya mengirimkan sesuai dengan alamat yang diberikan nasabah. Sebelumnya, saya juga sempat tracking status pengiriman di web JNE sesuai dengan nomor resinya, ternyata dokumen sudah diterima. Namun, ketika saya konfirmasi ke nasabah, dia mengaku belum menerima dokumen tersebut. Karena bingung, akhirnya saya langsung complain ke JNE terkait masalah ini. Saya sempat berpikir negatif kepada kurir JNE yang mengantar.

Dan rupanya kesalahan bukan dari pihak JNE karena alamat penerima sudah sesuai dengan yang tertulis. Saya konfirmasi ulang ke nasabah terkait alamat tersebut, dan rupanya nasabah saya salah menuliskan nomor rumah. Dari yang seharusnya 256 A tetapi dia menuliskan alamat yang terbalik: 265 A. Alhamdulillah paketnya juga belum dibuka oleh penerima yang salah. Berkat kurir JNE yang sigap, dokumen penting itu selamat dan diterima oleh nasabah saya. Saya sedikit merasa bersalah karena sempat berpikir negatif kepada JNE atas kejadian ini.

Pelayanan JNE yang Profesional

Menurut pengalaman saya sebagai customer setia JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) selama beberapa tahun, JNE adalah perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia. Aksesnya luas dan kantor layanannya mudah ditemukan di mana-mana. Sebagai pelanggan yang mengandalkan akses cepat terhadap jasa pengiriman/ekspedisi, menurut saya layanan JNE sangat professional.

Beberapa kali saya complain dengan customer service baik lewat telepon maupun sosial media, selalu dilayani petugasnya dengan ramah, tanggap dan quick response.

Lonjakan Pengiriman

Selama musim Ramadan dan Lebaran kemarin. Tradisi berbagi kebahagiaan masyarakat Indonesia membuat pengiriman logistik meningkat. Selama musim ‘peak season’ tersebut, rata-rata pengiriman paket melalui JNE mengalami kenaikan 50 persen dibanding hari-hari biasa. Bahkan, puncaknya mendekati Lebaran atau H-7 sebelum Idulfitri, kenaikannya mencapai 100 persen.

Saya yang menghadiri acara halalbihalal JNE jadi tau banyak bahwa JNE sekarang sudah mengalami banyak ‘metamorfosis’. Tidak hanya dalam pelayanan saja tetapi juga melanjutkan tranformasinya dengan mengusung tagline “Connecting Happines” kepada masyarakat. Boleh dibilang JNE ini adalah “pemain lama” jasa pengiriman ekspres dan logistik di era digital yang dikenal masyarakat luas.

Selain itu, untuk mendukung era industri 4.0, JNE terus melakukan perbaikan IT perusahaan dan mendukung penuh penggunaan system “cashless payment”. Ke depan, kita semakin mudah dan nggak perlu repot-repot dalam melakukan pengiriman paket dan logistik di era digital. Maklum lah ya, kebutuhan konsumen juga turut berkembang.

“Kata Mereka” tentang JNE

Sebagai pelanggan setia JNE, saya turut mendengar pengalaman lain dari salah satu mitra JNE. Salah satunya adalah Elly Tan, beliau ini adalah owner dan sales counter JNE Explore yang berlokasi di Tanjung Duren Raya no 17C Jakarta Barat. Dalam acara halalbihalal JNE beberapa waktu lalu Ibu Elly mengungkapkan bahwa jumlah paket yang dikirimkan melalui sales counter JNE Explore meningkat hingga 25 persen selama bulan Ramadan dan Idulfitri kemarin.

Salah satu member JLC (JNE Loyal Card) asal Jakarta Andri Susilowati turut berbagi pengalaman. Owner dari Himalaya Outdoor ini menjual berbagai perlengkapan aktivitas outdoor seperti: hiking gear, tas, jaket dan sebagainya. Dalam sehari Ibu Andri ini bisa mengirimkan 400 barang, tetapi selama Ramadan dan Idulftri, pemesanan online meningkat hingga 2000 barang dalam sehari.

Dengan tingginya transaksi pengiriman barang, Ibu Andri mempercayakan sepenuhnya jasa ekspedisi kepada JNE. Prioritasnya adalah keamanan barang dan sampai di alamat tepat waktu, dalam hal ini, JNE sangat mendukung bisnisnya untuk bertanggungjawab penuh kepada customer onlineshop yang ia kelola.

Dengan sistem monitoring yang sangat baik melalui situs jne.co.id semakin memudahkan dan memanjakan pelanggan untuk melakukan pengecekan paket kiriman, cek ongkos kirim, cari info tentang produk layanan JNE, memberikan testimoni, memberikan saran, kritik, keluhan, klaim ganti rugi, pengaduan, pertanyaan  dan sebagainya.

Semoga pengembangan JNE ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap berbagai pihak. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *