Hobi Traveling? Jangan Lupa Bekali dengan Asuransi

in semua tulisan by

Terkadang, banyak hal di dunia ini yang tidak diinginkan terjadi. Kecelakaan, kehilangan, jatuh sakit, sampai pembatalan mendadak dari sebuah moda transportasi saat melakukan perjalanan bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja.

Sebagai orang yang punya hobi jalan-jalan, saya memang pernah merasakan sakit ketika traveling, tepatnya di Yogyakarta, kurang lebih setahun lalu dan semoga cukup sekali saja. Rasanya? Hmm, nggak usah dibayangkan. Pokoknya, begitu sampai Jogja, saya segera memutuskan untuk mencari klinik atau rumah sakit terdekat. Nggak kepikiran lagi untuk jalan-jalan atau menikmati traveling. Yang penting segera sembuh.

Saat itu, dalam pikiran saya cuma pengen istirahat dan bisa segera kembali ke Jakarta dengan sehat. Beruntungnya, saya memang punya asuransi dari kantor lama. Jadi ya gak banyak mikir biaya, tapi kenyataanya  nyari klinik atau rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi dengan kantor saya itu gampang-gampang susah.

Karena sudah nggak kuat, akhirnya saya langsung masuk ke klinik yang paling strategis. Saya putuskan untuk membayar sendiri semua keperluan di klinik. Begitu kondisinya membaik, saya segera beristirahat di penginapan. Meskipun banyak teman yang membantu di sana, tapi saya nggak ingin merepotkan mereka. Rasanya pengen buru-buru pulang ke Jakarta.

Tips Mencari Asuransi Perjalanan

Pada dasarnya, asuransi perjalanan dibutuhkan untuk meng-cover biaya jika ada kejadian yang nggak diinginkan seperti yang saya alami di atas. Jenis asuransi perjalanan itu sendiri beragam sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tergantung juga pada lamanya perjalanan dan destinasi yang ingin kita tuju.

Sebelum mendaftar asuransi perjalanan, ketahui dulu perbedaan asuransi travel dengan asuransi kesehatan yang merupakan fasilitas dari maskapai penerbangan, serta asuransi jiwa. Asuransi kesehatan yang berasal dari maskapai penerbangan hanya meng-cover dari spot keberangkatan hingga ke spot kedatangan.

Sementara asuransi  jiwa meng-cover semua aspek medis. Lain halnya dengan asuransi perjalanan meng-cover semua kerugian dan gangguan medis  selama traveling. Harganya pun bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan. Dari yang paling murah hingga yang paling mahal lengkap tersedia.

Keuntungan menggunakan asuransi perjalanan itu banyak. Biasanya, biaya yang keluar saat ada insiden yang nggak diinginkan saat traveling lumayan besar. Seperti yang pernah saya alami. Membekali diri dengan  asuransi perjalanan setidaknya membuat kita lebih tenang. Selain itu juga untuk melindungi diri dari kondisi yang tidak terduga dan kerugian-kerugian yang bisa saja terjadi saat melakukan perjalanan.

Bandingkan harga dengan fasilitas yang dijamin

Pada dasarnya, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang nggak jauh berbeda kok. Mulai dari biaya medis akibat kecelakaan hingga santunan rawat inap akibat kecelakaan.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah sistem asuransi. Biasanya asuransi memakai sistem reimburse alias traveler harus membayar lebih dulu baru kemudian direimburse. Selain itu jangan lupa cek harga-harga yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Bisa kok membandingkan harga-harga dari beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sehingga beban yang yang dikenakan nggak terlalu besar.

Pilih asuransi yang tepat

Meski banyak perusahaan asuransi di Indonesia, tapi nggak banyak yang menyediakan asuransi perjalanan. Salah satu asuransi yang menawarkan kebutuhan bagi traveler adalah asuransi HappyTrip dari happyone.id. HappyTrip adalah asuransi yang menawarkan perlindungan perjalanan dalam negeri (domestic) dan luar negeri (international).

Beberapa kelebihan asuransi HappyTrip ini adalah biayanya yang murah dan terjangkau menurut saya dibandingkan dengan asuransi sejenis. Dilihat dari fasilitasnya juga lumayan oke. Untuk lebih detilnya, simak deh, tabel berikut ini.

Nah, kalau sudah tau fungsi dan cara memilih asuransi perjalanan yang tepat. Jangan lupa, selalu bekali diri dengan asuransi perjalanan sebelum traveling.

Btw, happyone.id ini juga menawarkan pilihan asuransi lain kok. Ada HappyHome (asuransi kebakaran) HappyMe (asuransi kecelakaan diri) dengan manfaat santunan meninggal dunia karena kecelakaan dan HappyEdu dengan manfaat santunan biaya pendidikan anak.

Oya, untuk mendapatkan empat jenis asuransi di atas, caranya gampang banget. Kita cukup menggunakan fitur OneID untuk melakukan proses pembelian asuransi. Fitur ini memudahkan kita untuk cek semua riwayat polis yang kita miliki. Gampang kan?

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*