Cara Aman Traveling di Musim Hujan

in semua tulisan by

Hari gini, yang namanya traveling kan lagi hits banget. Coba deh liat di feed instagram, ribuan foto traveling bersliweran setiap saat. Mulai dari tempat wisata di dalam negeri, sampai di luar negeri lengkap tersedia.

Traveling itu membuat kita merasa happy karena bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kita lihat. Semua tempat memiliki kesan dan memberikan pengalaman yang berbeda-beda. Saya sendiri menyukai semua tempat-tempat baru yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Mulai dari pantai, gunung, museum maupun kota-kota unik yang asik buat dieksplore.

Memang saya belum banyak pengalaman mendaki gunung. Cuma beberapa kali saja. Saya lebih menyukai udara pantai yang segar dan banyak angin daripada kedinginan di atas gunung. Eh, tapi bukan berarti saya nggak menyukai gunung, lho! Berbeda dengan aktivitas liburan lainnya yang jauh lebih santai, buat saya  mendaki gunung membutuhkan energi dan ketahanan fisik, sehingga saya harus meluangkan waktu untuk rutin berolahraga, selama minimal seminggu sebelum hari pendakian.

Apalagi sekarang lagi musim hujan, kalau ada teman yang mengajak saya naik gunung, sudah pasti saya menolaknya.

Beda lagi kalau traveling di pantai atau menginap di pulau. Meskipun aman dari hawa dingin, tapi saya pernah mengalami hujan badai sewaktu camping di Pulau Air. Pada awalnya cuaca cerah, sampai kap tenda saya buka supaya bisa tidur sambil lihat bintang.

Jpeg

Tiba-tiba saja, pas tengah malam hujan badai sampai air masuk  ke dalam tenda. Dapur yang kita siapkan buat masak-masak di depan tenda pun jadi berantakan. Kejadiannya pas banget di musim hujan seperti sekarang.

Lain halnya kalau traveling seperti city tour. Meski tidak seekstrim seperti naik gunung atau camping di pulau, city tour juga bisa berpotensi memiliki risiko.

Traveling di musim penghujan seperti ini memang butuh persiapan ekstra. Apa saja yang harus disiapkan?

Payung

Benda yang satu ini wajib banget dibawa. Pepatah sedia payung sebelum hujan memang mutlak dilakukan saat traveling. Apalagi cuaca zaman sekarang susah diprediksi. Selain bisa dipakai untuk melindungi hujan, payung juga bisa dipakai untuk property foto.

Jas hujan

Ini penting banget kalau lagi mendaki gunung. Cuaca di gunung yang sering hujan memang bisa berbahaya kalau nggak bawa jas hujan. Bisa berakibat hipotermia.

Vitamin dan obat-obatan

Siapa sih yang pengen sakit sewaktu jalan-jalan. Saya yakin semua orang nggak mau mengalami sakit sewaktu traveling. Namun, yang namanya sakit bisa terjadi kapan saja. Sewaktu ikut city tour ke Jogja saya juga sempat mengalami sakit.

Perlindungan diri

Belum lama ini, sahabat saya menunjukan rekaman video saat tenggelamnya kapal sewaktu musim penghujan. Isi rekaman tersebut membuat saya bergidik ngeri kalau bepergian tanpa memiliki perlindungan. Yang namanya traveling itu nggak cuma senang-senang, tapi risikonya juga banyak, mulai dari kehilangan barang sampai kecelakaan. Amit-amit deh, ya!

Saya jadi berpikir, mungkin saatnya cari asuransi yang bisa melindungi kita saat melakukan traveling. Ini penting banget sih! Biar kalau ada apa-apa nggak bingung. Salah satu rekomendasi saya dalam memilih asuransi perlindungan diri adalah layanan HappyMe dari Happy One ID.  Happy Me adalah layanan asuransi yang disediakan oleh Asuransi Astra. Happy Me akan membantu kita memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan diri dengan nilai premi terjangkau.

Jpeg

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*