4 Jenis Asuransi yang Cocok bagi Milenial

in semua tulisan by

Manusia boleh berencana, tetapi Tuhan juga yang menentukan takdir. Sering kan, dengar ungkapan itu? Kalau kita perhatikan, ungkapan klasik ini memang benar adanya. Hidup memang penuh resiko, tetapi bukan berarti kita menyerah pada takdir. Bukankah Tuhan juga sudah memerintahkan manusia, untuk mengubah takdir dengan segala kekuatan yang diberikan olehNya.

Apa saja sih, resiko dalam hidup? Contoh dari yang paling kecil: jatuh di kamar mandi, kehilangan motor atau mobil, kebakaran rumah, kehilangan anggota tubuh, atau bahkan kehilangan nyawa. Hidup yang penuh resiko ini, bukan tidak ada tidak ada maksudnya. Dengan adanya resiko tersebut, Tuhan mengajarkan kita untuk selalu berpikir mencari solusi. Supaya menjadi manusia yang tangguh dan kuat

Pertanyaannya sekarang, ketika ada potensi resiko resiko yang akan menimpa kita, apakah sebaiknya pasrah saja, atau justru melakukan persiapan terbaik untuk berjaga-jaga seandainya resiko itu tiba.

Dalam ajaran agama yang saya yakini, Tuhan mengajarkan manusia untuk mempersiapkan diri dalam segala kondisi. Tuhan memberi petunjuk untuk mempersiapkan lima perkara sebelum lima perkara lainnya datang. Yaitu waktu muda sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang waktu miskin, waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, dan hidupmu sebelum datang matimu.

Perintah tersebut bukan bermaksud untuk mengajak berpikir pesimis, tetapi sebaliknya justru mengajak kita berpikir jauh ke depan. Ada banyak tujuan di depan sana yang masih ingin dicapai. Karena itu, dalam mencapai tujuan-tujuan tadi, seyogianya kita juga mempersiapkan diri menghadapi sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi.

Salah satu cara untuk mengantisipasi resiko di atas adalah dengan cara mengambil asuransi. Ya, meskipun masih muda, sebaiknya kita belajar berpikir jauh ke depan. Toh, manfaat asuransi banyak. Btw, apa saja sik asuransi yang cocok untuk milenial seperti kita? Simak uraian berikut:

Asuransi Perjalanan

Milenial zaman now pasti hobi kan, sama yang namanya traveling. Saya juga sik, terus biar kita bisa traveling dengan aman, nyaman dan tenang selama perjalanan, sebaiknya persiapkan dengan asuransi. Bukan untuk apa-apa, tapi yang namanya resiko kan pasti bisa aja terjadi. Minimal kehilangan barang atau koper selama perjalanan. Atau amit-amit kalau sampai sakit dan kenapa-kenapa selama traveling. Jangan sampai deh, ya. Tapi kalau sudah beli asuransi kan jadi lebih tenang. Betul, nggak?

Asuransi Jiwa

Barangkali, banyak di antara kita yang menjadi kepala keluarga. Kepala keluarga tidak berarti harus seorang suami atau ayah. Siapapun yang menanggung nafkah utama dalam keluarga, bisa diartikan sebagai kepala keluarga. Intinya, jika penghasilan dari penanggung utama sebuah terhenti, maka keluarganya bisa mengalami kesulitan. Bisa jadi penanggung utama penghasilan keluarga adalah seorang anak. Maka asuransi jiwa seperti ini harus kita miliki.

Asuransi Pendidikan

Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. Seberapa buruknya kondisi kita, pendidikan harus tetap diupayakan. Bagi keluarga muda milenial, memiliki asuransi pendidikan untuk anak wajib hukumnya. Toh, dengan memiliki asuransi pendidikan, berarti kita memiliki jaminan untuk masa depan mereka. Dengan menginvestasikan sebagian kecil pendapatan kita untuk pendidikan mereka, berarti kita telah berikhtiar untuk melindungi pendidikan mereka jika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Asuransi  Kebakaran

Memiliki rumah bagi milenial muda adalah bukti kematangan sebuah keluarga. Namun, ketika sudah memiliki rumah, jangan melupakan aspek proteksi. Potensi kebakaran misalnya, bisa menimpa siapapun, supaya rumah yang kita tinggali aman dari potensi tersebut, kita harus memiliki asuransi kebakaran. Kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, kita masih bisa memperoleh manfaat dari asuransi.

Nah, empat jenis asuransi di atas sebaiknya kita miliki. Bukan berharap untuk yang terburuk, tapi untuk mempersiapkan kondisi yang tidak kita inginkan terjadi.

Memilih Asuransi yang Tepat bagi Milenial

milenial harus punya asuransi untuk melindungi masa depan

Gaya dinamis yang dimiliki milenial memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan zaman now. Dengan segala kesibukan yang dimiliki milenial, waktu yang digunakan untuk memilih dan memilah asuransi pun semakin terbatas. Tidak banyak pilihan asuransi yang bisa mengcover semua kebutuhan di atas hanya dengan mengandalkan satu Id.

Salah satu asuransi yang pas dengan kebutuhan di atas adalah HappyOne.id. Dengan konsep perlindungan All in-One  dengan menggunakan satu ID. Jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk beli satu per satu asuransi yang kita butuhkan. Mulai dari asuransi perjalanan dengan HappyTrip, asuransi pendidikan atau HappyEdu, asuransi jiwa HappyMe dan asuransi perlindungan rumah HappyHome.

Cukup dengan menggunakan OneID kalian bisa mendapatkan seluruh perlindungan hingga cek riwayat polis yang kalian miliki dengan lebih mudah. Prosesnya pun lebih cepat dengan fitur download e-Policy kapan saja melalui website.

So, buat yang ingin merasa aman, nyaman dan terlindungi, segera miliki asuransi ya!

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*