Kreativitas Budaya lndonesia dalam Pembukaan Asian Games 2018

in semua tulisan by

Banyak hal menarik selama penyelenggaraan Asian Games 2018, buat saya yang paling seru adalah Opening ceremony  (upacara pembukaan) Asian Games. Diperkirakan milyaran orang di dunia menonton acara tersebut. Saking takjubnya, saya sampai mencari tau bagaimana video reaction para youtuber asing ketika melihat videonya. Sebagai orang lndonesia asli, tentunya saya bangga, takjub, sekaligus terharu saat menikmati tontonan langka tersebut. Terus, bagaimana sih reaksi orang asing ketika menyaksikan acara tersebut? Apakah reaksinya biasa saja, kagum atau juga penasaran.

Dari semua video reaction yang saya lihat, hampir semua reaksi orang asing yang menonton siaran ulang opening asian games begitu kagum, salut, bingung sekaligus kaget. Mereka tidak menyangka kalau negara kita mampu menyelenggarakan acara opening dengan waktu persiapan yang begitu singkat. Ya, kurang lebih sekitar setahun. Selain waktu yang sangat singkat, keterbatasan dana juga menjadi tantangan tersendiri bagi tuan rumah sebagai penyelenggara acara.

Namun, di balik kekurangan, kemeriahan serta kemegahan acara, banyak cerita seru yang bisa saya ulas dibalik persiapan acara tersebut. So, apa saja yang menarik  hingga para youtuber berdecak kagum? Baca ulasannya berikut ini.

Opening ceremony Asian Games 2018 begitu memukau, diawali oleh adegan Presiden Joko Widodo yang mengendarai sepeda motor ke GBK karena terjebak macet. Sosok Pak Jokowi terlihat humble saat membantu menyeberangkan murid-murid sekolah. Adegan ini menjadi topik hangat di seluruh dunia

Acara opening yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut, menampilkan sentuhan budaya lndonesia yang dirangkum dalam sebuah gelaran kolosal. Mulai dari tari Ratoeh Jaroe dengan kostum yang colorful, kekompakan pemain, hingga musik latarnya yang sangat unik. Tentunya yang paling unik dan menarik adalah pergantian kostum para penari karena dalam hitungan detik mereka harus sigap mengganti kostum.

Penari yang terbagi dalam beberapa kelompok tersebut membentuk formasi belah ketupat, formasi kubus, diagonal dengan gradasi warna yang menarik, hingga lambang negara kita bendera merah putih. Nggak kebayang betapa rumit, detil dan cerdasnya mereka yang membuat konsep tersebut, sehingga yang terlihat dari kamera adalah formasi sempurna.

Begitu tarian Ratoeh Jaroe selesai, panggung megah di tengah Gelora Bung Karno, kembali menyuguhkan alam lndonesia dengan latar lautan luas. Pertunjukan tersebut melambangkan bahwa negara kita adalah negara bahari dengan kekayaan fauna yang begitu beragam. Di tengah panggung ditampilkan pula replika kapal Phinisi yang sangat indah. Beberapa pendekar dan prajurit nusantara dengan kostum tempo dulu melengkapi adegan tersebut.

Pemilihan latar panggung juga tidak main-main. Untuk menunjukan betapa indahnya alam lndonesia, dibuatlah air terjun buatan sebagai latar panggung. Di kanan-kirinya dibuat bukit-bukit indah serta gunung-gunung yang menyerupai demografi wilayah nusantara. Nggak kebayang kan, cara pembuatannya?

Parade atlet dari seluruh negara, juga menjadi salah satu dari kemeriahan acara tersebut. Para kontingen dipimpin oleh orang dengan kostum garuda lndonesia berwarna emas.

Best moments Asian Games 2018 tidak hanya menunjukan kekayaan tradisi dan budaya. Beberapa atraksi lainnya justru menunjukkan bahwa budaya lndonesia juga mampu mengikuti selera internasional. Konsep penampil, lighting, pertunjukkan kembang api dan modern dance juga menjadi bagian dari pertunjukkan

Dari rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018 tersebut, membuktikan bahwa lndonesia mampu menyelenggarakan pertunjukan kelas dunia.  Boleh dibilang, kesuksesan acara tersebut menjadi salah satu pertunjukan terbaik di dunia. Bravo lndonesia!

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*