Staycation Hemat di Kota Bogor

in semua tulisan by

    staycation di sebuah hotel adalah liburan yang sedang hits sekarang

Traveling buat saya adalah hobi yang membuat hidup makin produktif. Memang sih, secara sepintas seperti menghambur-hamburkan uang. Eh, itu kan yang terlihat? Hasil yang tidak terlihat dari traveling kan banyak. Setelah liburan, otak fresh, hidup makin produktif, pengalaman  dan pertemanan juga bertambah dan tentunya hati makin bahagia. Ya, nggak? Iya-in aja deh, biar nggak ribet, hehehe.

Banyak cara lho, supaya traveling tidak membuat kantong jadi boros. Diantaranya dengan membuat travel plan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan begitu kita bisa menyiasati anggaran yang paling besar yaitu biaya hotel, villa atau penginapan, biaya transportasi seperti tiket pesawat ataupun kereta api. Dengan mem-booking tiket pesawat, hotel atau villa jauh-jauh hari, harganya jauh lebih murah. Untuk keperluan tersebut, biasanya saya mencari informasi tiket murah melalui Traveloka.

Selain mem-booking tiket jauh-jauh hari supaya anggaran traveling hemat, hindari traveling pada saat musim liburan. Tau sendiri, kan? Harga-harga tiket kalau musim liburan seperti liburan sekolah pada bulan Juli-Agustus, libur lebaran, libur natal ataupun libur tahun baru. Ingat prinsip ekonomi! Semakin tinggi permintaan, semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

booking hotel makin gampang dengan traveloka

Staycation di Bogor bersama teman-teman komunitas

Nah, kali ini saya ingin merencanakan liburan yang nggak terlalu jauh dari Jakarta. Sebenarnya sih, ini untuk merayakan ulang tahun komunitas. Pada awalnya, ada beberapa lokasi pilihan yang akan kita jadikan lokasi untuk staycation seperti: Bogor, Bandung, Jogja dan Malang. Namun, berhubung pesertanya cukup banyak, dan kami semua memiliki kesibukan masing-masing, jadi kami merencanakan liburan yang lokasinya dekat dan terjangkau untuk semua peserta. Tidak perlu jauh-jauh dan supaya tidak berakhir sebagai wacana, toh, yang penting kan kebersamaannya. Betul, nggak?

Liburan kami nanti rencananya akan menginap di sebuah villa di kota Bogor. Untuk lokasi villanya seperti biasa akan saya book melalui  Villa Traveloka. Praktis dan nggak ribet, daripada harus mencari lokasi on the spot. Ya, kan? Untuk konsep acara, kita akan membuat liburan ala staycation. Kumpul, masak bareng, makan-makan dan menikmati suasana di sekitar Kota Bogor.

Buat yang pengen tau staycation itu apa? baca di sini.

Setelah membandingkan beberapa daftar rate villa dari online travel agent (OTA) dan cek sana sini, akhirnya kita menemukan lokasi yang representative. Lokasi villa sudah saya peroleh melalui  situs online ternama Villa Traveloka. Buat yang belum pernah coba, cara carinya seperti ini, praktis kok!

mudah banget booking tiket, hotel atau penginapan dengan traveloka
pilihan penginapan di traveloka beragam, bisa disesuaikan dengan budget liburan

 

Kenapa sih suka booking dari Villa Traveloka? Begini lho, online travel agent (OTA) yang satu ini selain praktis, pembayarannya juga mudah. Selain itu, pilihan hotel dan villanya juga banyak. Paling lengkap di seluruh lndonesia bahkan dunia. Asyiknya lagi, beberapa penginapan menawarkan promo dengan biaya yang dapat memangkas budget perjalanan.

Kelebihan lain pakai  Villa Traveloka adalah metode pembayarannya yang banyak pilihan. Bisa transfer melalui mesin atm, transfer via internet banking, virtual account, kartu kredit bahkan uang cash. Tuh, buat kalian yang nggak punya kartu kredit ataupun kartu atm, bisa kok bayar cash.

Kembali ke rencana staycation, mengapa kita memilih Kota Bogor? Karena Bogor adalah salah satu daerah tujuan yang sangat indah. Kota hujan yang berada di Jawa Barat memiliki banyak daerah wisata. Meskipun saya sudah berkali-kali ke ke Bogor, namun tidak pernah bosan. Pergi ke kota ini memang membawa kesenangan tersendiri. Selain hawanya yang relative sejuk, Bogor juga mempunyai ragam kuliner kekinian yang tentunya sayang bila dilewatkan. Cocok banget deh pokoknya buat kita para milenial.

Salah satu objek wisata yang akan kita kunjungi adalah Istana Bogor, di halaman Istana Bogor terdapat danau cantik yang dihiasi bunga-bunga teratai. Kolam air dan air mancur juga menambah daya tarik landmark Kota Bogor. Saking cantiknya, tempat ini sering dimanfaatkan untuk foto pre wedding. Barangkali, bisa jadi inspirasi buat kalian yang ingin foto pre-wed.

Orang-orang yang datang ke sini bukan hanya warga sekitar, tapi juga banyak yang berasal dari luar kota Bogor. Lengkapnya faslitas umum yang ada di sekitar Istana Bogor, semakin membuat kawasan wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Kota Bogor juga memiliki berbagai kuliner yang terkenal. Salah satunya adalah lapis talas, kue kekinian yang memiliki tekstur lembut ini, bakal menjadi kuliner favorit yang akan kita buru saat staycation nanti. Bogor memang salah satu surga kuliner yang  mudah dijangkau dari Jakarta. Pertimbangan ini pula yang membuat kami memilihnya.

Nah, buat kalian yang belum pernah staycation dengan teman-teman komunitas, boleh lho dicoba tips saya di atas! Dengan Villa Traveloka, dijamin deh, liburan kita menjadi hemat.

menikmati suasana hotel adalah bagian dari staycation

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

5 Comments

  1. Wah staycation di Bogor bisa jadi salah satu pilihan untuk berlibur nih, tempatnya nggak terlalu jauh dari Jakarta juga.
    Btw aku juga pake traveloka soalnya banyak diskon 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*