Aturan Memakai Jam Tangan Pria

saatnya pria tampil keren dengan jam tangan (sumber: pexels.com)

Tampil keren saat momen-momen istimewa, sangat penting, terutama ketika silaturahim lebaran. Bagi saya, tampil keren tidak harus berlebihan. Aksesoris utama bagi pria adalah jam tangan. Benda ini sama sekali tidak boleh ketinggalan ketika ingin tampil lebih trendi.

Saya sangat menyukai jam tangan yang tidak banyak pernik. Desain dan bahan dari jam tangan ini juga saya pilih yang bisa dipakai dalam segala situasi, baik formal maupun kasual. Saat memerlukan jam tangan pria, saya mencari info jam tangan terbaru di www.thewatch.co Selain untuk pria, jam tangan wanita juga tersedia.

Memakai jam tangan yang benar. Namun, memakai jam tangan dengan model yang sesuai dengan pribadi kita, akan memberikan kesan penampilan yang semakin prima. Bagaimana pun, penampilan menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Pastikan untuk selalu ingat: First impressions are lasting, give special thought to your dress, your grooming, and accessories. – Brian Tracy. Sebab, orang lain melihat kita pertama kali dari penampilan atau sesuatu yang kita kenakan. Bukan dari isi kepala, karena kepandaian kita tidak pernah terlihat dari luar.  Penampilanlah yang akan menjadi first impression.

Para pria, ketahuilah bahwa wanita senang melihat pria yang memakai jam tangan. Sebab, jam tangan akan memberikan kesan pria semakin keren, maskulin, dan berwibawa. Sebagai referensi dan agar tidak bingung memilih jam tangan pria, saya sering melihat-lihat laman https://www.thewatch.co. Laman ini selalu jadi andalan setiap kali saya mencari dan memilih jam tangan. Di laman ini tersedia berbagai pilihan merek dan jenis jam tangan. Selain jam tangan pria, di https://www.thewatch.co juga banyak pilihan jam tangan untuk wanita, lho.

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam memilih dan memakai jam tangan pria. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memilih jam tangan, yaitu:

  1. Ukurannya. Semakin besar lingkaran jam tangan, semakin kasual kesan yang ditampilkan. Selain itu, perlu dipertimbangkan ukuran jam tangan dengan ukuran tubuh. Bagi pria dengan postur tubuh gemuk dan berisi, hindari menggunakan jam tangan dengan ukuran kecil. Ini untuk menghindari jam tangan terkesan kontras dan ‘tertelan’ ukuran badan. Begitu juga sebaliknya, bagi pria dengan badan kurus, hindari menggunakan jam tangan berukuran besar dan tebal, supaya tidak terkesan kontras dengan ukuran badan.

    sesuaikan ukuran jam tangan dengan ukuran tubuh supaya tidak terkesan kontras (sumber: pexels.com)
  2. Warna dan jenis tali jam. Jam tangan berwarna keemasan dengan tali berwarna cokelat, cocok digunakan untuk siang hari. Sementara, jam tangan dengan warna dan atau model yang klasik, sangat cocok dipakai saat malam hari.

    jam tangan dengan tali kanvas atau kulit ini bisa dipakai untuk acara formal maupun kasual (sumber: pexels.com)
  3. Bahan tali jam. Tali jam tangan yang berbahan dasar plastic atau rubber lebih cocok dipakai untuk aktivitas outdoor, seperti olahraga, naik gunung, atau aktivitas berat lainnya. Sementara, tali jam tangan berbahan dasar leather atau kanvas lebih cocok untuk kegiatan indoor. Alasan sederhananya adalah, tali jam berbahan dasar plastic atau rubber lebih tahan cuaca seperti hujan dan panas. Hal ini tidak berlaku untuk tali jam berbahan dasar leather atau kanvas. Gunakan jam tangan berbahan dasar leather atau kanvas untuk untuk tampil kasual. Sementara, jika ingin tampil formal, gunakan jam tangan dengan bahan stainless steel.
jam tangan berbahan dasar logam atau stainless steel memberikan kesan formal pada setiap acara (sumber: pexels.com)

Saya pribadi sih, selalu menghindari memakai jam tangan dengan tali logam berwarna keemasan. Selain itu, saya lebih menyukai tali jam yang terbuat dari kulit atau leather serta kanvas dan rubber ketimbang logam. Sebab, bagi saya, tali jam dari logam akan memberikan kesan usia lebih tua pada pemakainya. Hal ini murni pendapat pribadi yang bisa berbeda dengan pendapat orang lain.

  1. Tangan kiri atau kanan? Sebenarnya, memakai jam di tangan kiri atau kanan, tergantung keinginan pribadi masing-masing. Namun, sebaiknya hindari menggunakan jam pada tangan yang lebih dominan untuk beraktivitas, agar tidak mengganggu.
  1. Hindari terlalu ramai. Ketika sudah mengenakan jam tangan, hindari mengenakan aksesoris lain seperti gelang. Terlebih pada saat menghadiri acara formal. Sebab, penampilan akan terlihat terlalu santai dan terkesan berantakan.

Nah, sudah tahu kan, aturan tidak tertulis tentang pemakaian jam tangan? Di momen-momen istimewa seperti lebaran atau halal bihalal, ada baiknya kita tampil lebih keren dengan memakai  jam tangan terbaru.