Cek KLIK dulu Sebelum Membeli

in semua tulisan by

Setiap tahun, menjelang hari Lebaran seperti sekarang, keluarga saya sering banget menerima kiriman parsel. Bentuknya sih, macam-macam, tapi yang paling banyak biasanya kue-kue kaleng dan berbagai jenis sirup. Biasanya kue-kue tersebut numpuk tak tersentuh hingga akhir libur Lebaran. Kebiasaan buruknya, kita jarang banget lihat tabel tanggal kedaluarwarsa yang tercantum pada kaleng. Padahal ini sangat penting.

konsumen cerdas ingat cekklik

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti diskusi dengan BPOM yang diadakan di sebuah mall di Jakarta Selatan. Ibu Dr. Ir. Penny K. Lukito, selaku Kepala Badan POM, menjelaskan, sebagai konsumen hendaknya kita harus cerdas, dan berhati-hati dengan bahan pangan yang akan kita konsumsi. Sebagai panduan, BPOM menganjurkan kita untuk selalu melakukan Cek KLIK sebelum membeli bahan pangan.

Cek KLIK ini adalah panduan ringan yang mudah kita terapkan. 4 hal yang harus kita lakukan dalam memilih dan memilah bahan pangan, yaitu: Cek Kemasan, Cek Label , Cek Izin Edar dan Cek Tanggal Kedaluwarsa.  

ibu penny k. lukito dalam diskusi pangan aman lebaran

Cek Kemasan: pastikan ya, kemasan selalu dalam kondisi sempurna. Kalau kemasannya kaleng, jangan sampai penyok, menggelembung, terbuka tutupnya ataupun rusak. Jangan sampai makanan yang kita konsumsi justru menggangu kesehatan.

Cek Label: pada label makanan, minimal ada 6 faktor yang harus dicantumkan, diantaranya: Nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa. Pastikan selalu baca label makanan yang akan kita beli. Memang agak repot sih, tapi ini kan demi kesehatan kita juga. Jangan sampai karena tergiur harga murah, jadi bermasalah di kemudian hari, ngeri kan?

Cek Izin Edar: nah ini nggak kalah pentingnya, pastikan selalu bahan pangan yang akan kita beli memiliki izin edar dari BPOM. Bahan pangan yang memiliki izin edar biasanya mencantumkan nomor registrasi dari BPOM. Kalau masih ragu, gampang, unduh aja cek bahan pangen resmi dari BPOM. Udah ada lho di playstore. Biar lebih gampang klik disini.

Cek Tanggal Kedaluwarsa: ini juga nggak kalah pentingnya. Pastikan selalu cek tanggal kedaluwarsa. Mengonsumsi bahan pangan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya beresiko tinggi. Selain kualitas makanan sudah berkurang atau hilang, bisa jadi bahan pangan mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya. Better sih, dibuang aja, jangan dimakan.

Oh ya, sebagai konsumen kita juga bisa menjadi pengawas lho. Istilahnya pengawasan semesta atau pengawasan 360, menyeluruh,  tidak hanya BPOM tapi juga produsen dan konsumen. Untuk pengawasan ini, BPOM juga sudah bekerjasama dengan Pramuka dengan meluncurkan aplikasi Pramuka Sapa. Bisa diunduh melalui playstore juga.

Terus, bagaimana kalau kita menemukan bahan pangan yang kita beli tidak lolos Cek KLIK? Gampang, lapor aja ke BPOM Rl melalui nomor 1500533 dan call center produsen. Nomor call center produsen biasanya bisa dilihat di kemasan. Kalau kita menerima bahan pangan yang akan atau expired, kita berhak lho mendapat penggantian produk yang sama.

Selain Cek KLIK, dalam rangka pangan aman Lebaran, BPOM juga bekerjasama dengan APRINDO-Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dan GAPMI-Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia. Sebagai asosiasi pelaku usaha, GAPMI dan APRINDO ini juga harus menjamin dan memastikan keamanan produk pangan yang didistrisbusikan, bisa di terima dengan baik dan benar hingga ke tangan konsumen.

diskusi pangan aman lebaran

Tak lupa, sebagai konsumen muslim dengan jumlah mayoritas di lndonesia, BPOM juga memberikan pengamanan bahan pangan dengan tanda khusus untuk produk non halal. Misalnya: produk yang mengandung unsur babi, dengan gambar babi berwarna merah bertuliskan MENGANDUNG BABI.

Diakhir acara, BPOM juga mengundang ustaz untuk memberikan edukasi jenis pangan yang halal dan baik, sebagai konsumen muslim terbesar di lndonesia, hendaknya kita selalu memperhatikan jenis pangan, kuantitas dan kehalalan sumbernya. Ingat ya, sehat diawali dari kehati-hatian dan ketelitian memilih bahan pangan. Jangan lupa, Cek KLIK dulu sebelum membeli.

29 Comments

  1. Penting banget nih ya untuk waspada terhadap makanan yang dikonsumsi. Terutama untuk produk produk asal luar negeri. Mesti dicek juga izin edarnya..thanks for share

  2. Untuk produk makanan import bagaimana ya mas? Kadang _ kadang informasinya dengan bahasa asal negara tsb, tidak ada / minim bahasa inggrisnya, apalagi bahasa Indonesia….

  3. Kalo kemasan yg plastik kadang ada yg udah lecek dan berdebu, lalu ada cerita produk yg tanggal kadaluarsa tinggal seminggu lg dan dibagi2 secara gratis. Ckckkcck..
    Untunglah skrg ada Cek KLIK.. 😁

  4. Nice info. Tapi kalo gw pribadi lebih gampang cek logo halal dan tgl kadaluarsa. Kalo itu beres, langsung bungkussss…. Apalagi kalo pernah kuliah/tinggal di luar negeri yang bukan mayoritas Muslim.

  5. Cek KLIK ini harus disosialisasikan lagi lebih meluas ke daerah. Di tempat saya pasar kan hanya 2 kali seminggu saya sering lihat barang udah expired tapi dijual saja… Kalau yg beli masayarakat awam dari pelosok kasihan kan.. Emang harga murah karena itu yg menarik mereka mau beli

  6. Iya, kita harus hati-hati ya mas sebelum memakan atau menggunakan suatu produk. Apalagi menjelang lebaran gini, kalau enggak teliti, bisa bahaya. Makanya mengecek tanggal kadaluarsa dan kemasan itu penting banget.

  7. Henm, cek klik ini sangat bermanfaat bagi konsumen. Terutama konsumen muslim untuk memastikan kehalalan produk. Alhamdulillah, kalo ada pembahasan seperti ini, jadi banyak tahu deh..

  8. Kalau saya setiap beli apa aja utama sekali saya cek tanggal expired nya mbak, next setelah itu cek kehalalannya. Bagi saya sih itu sangat penting apalagi bahan makanan yang akan kita konsumsi buat keluarga juga. Moga d bulan Ramadan ini nggak ada lagi kasus2 makanan expired beredar. Kasian mereka yg nggak ngerti dan jarang nge-cek

  9. Wah cek kadaluarsa penting sekali, soalnya saya pernah terlanjur beli produk yg saya khilaf nggak cek kadaluarsanya. Pas pulang istri saya bilang kalau produk tsb sudah kadaluarsa. Jadi laki2 pun juga harus jeli

  10. kalau saya pribadi nggak terlalu concern sama makanan karena non muslim jadi haram atau halal ngga masalah, cuman memang kalo makanan import dari china itu suka nggak jelas. saya lebih prefer makanan impor dr malaysia yang sudah ada BPOM, rasanya lebih jelas dan terjamin. cuman BPOM sepertinya perlu lebih proaktif karena peredaran barang2 non bpom sebaiknya juga jangan nunggu dilaporin, perlu aktif sidak

  11. Memang benar memperhatikan tanggal kadaluwarsa penting. Kalau aku juga suka lihat ingridient. Kalau banyak garam biasanya agak ngga berani beli… 😊

  12. #CekKLIK memang prnting dengan maraknya produk kemasan sekarang, apalagi sudah dekat dengan hari raya, berbagai macam produk akan membanjiri pasar. Konsumen cerdas harua vek ricek sebelum membeli agar tidak kecewa

  13. Wah, singkatannya gampang diinget. Keren keren. Semua orang kudu tahu nih. Soalnya suka miris deh, hari gini masih banyak orang yang belom melek hal ginian. Apalagi di daerah2, masih banyak toko, warung, dan minimarket yang jual makanan kemasan kedaluwarsa karena pelanggannya banyak yg gak ngeh.

  14. Bermanfaat informasinya Mas, ini emang penting tapi sering luput oleh konsumen kayak kita-kita (termasuk saya), dan juga buat para penjual tentang produk yamg dibeli dan dijual.

  15. Jadi konsumen emang harus cerdas. Apalagi ini mau lebaran, kdng ada org gak bertanggungjawab trus jual produk palsu datau bahkan kadaluwarsa. Maka emang harus dibiasakan cek klik ya supaya enggak ketipu membeli produk2 semacam itu TFS

  16. Wah iya betul Mas memang harus teliti, saya sudah membiasakan ini kepada anak2 juga terutama logo halal dan tanggal kadaluarsanya. Alhamdulillah mereka teliti tentang itu 🙂

  17. Dulu kalau kata teman: “man kuman kumin, makan aja ntar juga jadi vitamin..” eits belum tau rasanya sakit perut karena makanan kedaluarsa sih!!

    Semenjak itu makanya jadi rajin cek kedaluarsa sebelum membeli produk makanan dalam kemasan apapun, yah mencegah kan lebih baik daripada mengobati kan yah. Daripada tergoda harga murah tapi ujung-ujungnya harus berakhir di ruang UGD, makasih deh 🙂

    Salam Inspirasi,
    Sesuapnasi

  18. Menjelang Lebaran ini biasanya makanan kering seperti nastar dan sebagainya yang kadang belum mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Perlu menjadi perhatian buat instansi yang terkait.

  19. Alhamdulillah.. BPOM sekarang sudah memberikan banyak
    kemudahan kepada masyarakat untuk lebih bijak dan cerdas dalam
    memilih produk yg akan dikonsumsi.. semoga masyarakat semakin teredukasi ya mba

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*