Mengenal Sosok Pak Onggy melalui “VALUE YOUR LIFE – A Life Changing Bootcamp”

in semua tulisan by
Seminar Value Your Life

Kalau ada pertanyaan : Pernah enggak sih merasa gagal dalam hidup? Saya yakin hampir semua orang pernah mengalaminya. Entah itu gagal dalam percintaan, bisnis, keluarga, pendidikan atau gagal dalam membina keluarga. Baiklah, saya tidak akan bercerita tentang motivasi, saya hanya ingin sharing tentang sebuah value kehidupan. Saya sangat yakin cerita motivasi sudah ribuan jumlahnya. Dalam sebuah kesempatan saya menerima email untuk mengikuti acara Life sharing. Ini adalah kali pertama bagi saya hadir dalam sebuah acara bertajuk “Value Your Life” yang digagas oleh Onggy Hianata Chunnardy.

Pada awalnya saya kurang mengenal sosok Pak Onggy Hianata. Siapa beliau pun saya tidak tahu sama sekali, baru ketika sampai di lokasi acara, saya sempat membaca profilnya. Pria kelahiran Tarakan, Kalimantan Timur ini adalah pemilik EDUNET GLOBAL. Sebuah wadah yang menyentuh kehidupan orang lain melalui pembinaan mental VALUE YOUR LIFE – A Life Changing Bootcamp”.

bersama pak onggy hianata

Saya merasa beruntung sekali mengikuti acara tersebut. Ini bukan sebuah seminar motivasi yang sering saya dengar. Pun, saya sendiri kurang menyukai acara atau seminar motivasi. Bukan apa-apa, mungkin sudah lewat masanya bagi saya untuk mendengarkan motivasi. Motivasi bagi saya hanyalah sebuah dorongan yang seharusnya muncul setiap saat dari pribadi seseorang. Lebih dari itu, Pak Onggy adalah seorang inspirator yang mengajarkan banyak hal dalam menata kehidupan. Inspirator bagi saya adalah contoh nyata.

Melalui kisahnya dan sharing dari beberapa alumnus “VALUE YOUR LIFE – A Life Changing Bootcamp”, saya banyak mendapatkan pelajaran. Tentang bagaimana caranya bangkit dari sebuah kegagalan, merubah sudut pandang kita yang salah dalam memahami pencapaian hidup. Bukan hanya kebebasan waktu dan finansial tapi juga kita bisa mendapatkan banyak nilai kehidupan.

Pak Onggy Hianata sendiri telah menjadi pembicara dalam berbagai forum kelas dunia. Dari Asia hingga Afrika. Beliau mengajarkan : “Bahwa untuk bangkit dan meraih kesuksesan hidup sesungguhnya terletak pada pola pikir, ini yang menjadi kunci utama untuk membangkitkan motivasi dan membangun karakter hidup”. Bagaimana cara menghilangkan ‘sampah-sampah’ virtual yang seringkali menumpuk dalam pikiran kita. Menyederhanakan kehidupan kita supaya lebih efektif dan efisien.

Tidak berlebihan rasanya saya menganggap Pak Onggy Hianata sebagai life coach. Perjuangannya untuk meraih sukses memang penuh kegagalan. Tetapi beliau tidak pernah berputus asa, bagaimana ia bangkit dan menata lagi hidupnya dari nol. Bagaimana ia harus tetap berdiri dan bertahan kemudian berlari untuk mengejar impiannya. Hingga akhirnya menjadi salah satu pembicara tamu dalam program John C Maxwell di Amerika Serikat.

Kisah Dr. Erry Gautama dan Dr.dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad.(K)

Dalam acara life sharing tersebut juga dikisahkan pasangan keluarga yang secara finansial sangat mapan dan bisa dibilang sukses. Sang suami Dr. Erry Gautama adalah seorang direktur sebuah rumah sakit, sedangkan istrinya Dr. dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad. (K) adalah seorang dokter spesialis neurologi. Namun apa yang terjadi dengan keluarganya? Karena mereka menganggap anaknya cukup diberi harta tanpa pernah sedikitpun meluangkan waktu dengan mereka, apa yang terjadi? Anaknya mulai kecanduan games dan narkoba. Nilai-nilai di sekolahnyapun berantakan. Namun setelah mengikuti VALUE YOUR LIFE – A Life Changing Bootcamp, Kondisi keluarganya pun perlahan membaik. Sekali lagi ini bukan tentang motivasi bagaimana meraih sukses secara finansial. Lebih dari itu, ini adalah cara menyeimbangkan kehidupan.

Masih banyak orang yang menganggap kebebasan finansial adalah satu-satunya tujuan hidup. Mereka lupa bahwa berjuang untuk meraih keseimbangan antara kehidupan di rumah dan di tempat kerja itu mutlak diperlukan. Keseimbangan bukan berarti 50:50 namun, keseimbangan adalah menempatkan kebutuhan sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan pernah membawa urusan pekerjaan ke dalam rumah, begitu juga sebaliknya.

Mengenal Pak Onggy Hianata Melalui Film

Kisah sukses Pak Onggy Hianata akhirnya diangkat ke dalam layar lebar. Dion Wiyoko boleh dibilang sukses memerankan Pak Onggy dalam film berjudul Terbang Menembus Langit. Banyak value yang bisa kita dapatkan dari film ini. Bahwa terlahir dalam keluarga miskin atau berkekurangan bukanlah hal yang salah. Kita tidak bisa memilih dari keluarga mana kita dilahirkan, namun kita bisa mengubah hidup keluarga kita.

Film Terbang Menembus Langit bisa menjadi inspirasi bagi semua orang untuk meraih sukses. Kegagalan dalam kehidupan adalah hal yang lumrah. Poin yang paling penting adalah merubah mindset kita untuk menghadapi kegagalan supaya tidak mudah rapuh dan putus asa.

Semoga suatu saat bisa berjodoh untuk mengikuti program bootcampdahsyat-nya Pak Onggy.

 

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

23 Comments

  1. “Bahwa untuk bangkit dan meraih kesuksesan hidup sesungguhnya terletak pada pola pikir, ini yang menjadi kunci utama untuk membangkitkan motivasi dan membangun karakter hidup”.

    qoute-nya aku suka. ternyata kunci ada di pola pikir. great…

  2. aku suka quote ini nih : Bahwa terlahir dalam keluarga miskin atau berkekurangan bukanlah hal yang salah. Kita tidak bisa memilih dari keluarga mana kita dilahirkan, namun kita bisa mengubah hidup keluarga kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*