3 Langkah Mudah Mengatur Keuangan Bagi Pemula

in semua tulisan by

Beberapa waktu yang lalu, saya dengan teman-teman dari Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta (Kubbu BPJ) mengadakan kopdar. Kopdar kali ini mengusung tema Resolusi Keuangan, mumpung masih di awal tahun, kami saling sharing masalah keuangan. Memang sih ya, ngobrolin keuangan itu seru-seru mendebarkan. Mendebarkan kalau sudah ketahuan kondisi kesehatan keuangan setelah dicek hehehe.

Serunya adalah kami menjadi lebih sadar kalau mengatur keuangan itu bukan masalah yang susah. Susah-susah gampang lebih tepatnya, banyak factor yang membuat keuangan kita menjadi tidak sehat dan amburadul. Meskipun masih single kita wajib membuat perencanaan keuangan supaya masa depan kita lebih terjamin. Buat kalian yang bingung mengatur keuangan 3 hal sederhana berikut ini bisa kalian terapkan.

  1. Cek kondisi keuangan saat ini

Saya sendiri memang bekerja di bidang keuangan, dan seringkali melihat bahwa banyak orang yang hidupnya nyaman dengan disiplin mengatur keuangan. Dari mereka saya belajar banyak hal, utamanya dalam mengelola asset supaya tidak ‘lebih besar pasak daripada tiang’

Penting sekali untuk mengetahui kondisi keuangan kita saat ini, apakah sudah sehat atau belum. Indicator sederhananya adalah apakah pengeluaran kita masih lebih besar daripada pendapatan. Jika jawabannya iya berarti masih banyak yang harus kita benahi. Boleh jadi pengeluaran bulan ini lebih besar daripada bulan lalu, namun ada cadangan dari pendapatan bulan sebelumnya, sehingga masih cukup untuk mengcover pengeluaran bulan ini. Ini tidak terlalu bermasalah.

  1. Cek rasio harta kita

Nah, jika sudah melihat indicator diatas, selanjutnya adalah mengecek rasio harta kita. Apakah total asset yang kita miliki sudah lebih besar daripada total hutang. Jika jawabnya ya, berarti kondisi keuangan kalian boleh dikatakan sehat. Jika tidak segera benahi dan atur, jangan sampai masih muda tapi hutang konsumtif sudah menggunung, ngeri kan?

Pastikan untuk selalu membuat daftar asset yang kita miliki. Apa saja yang sudah kita kumpulkan selama ini. Mulai dari simpanan di tabungan, deposito, logam mulia, reksadana, saham, properti, asset bisnis dan lain sebagainya. Buatlah daftarnya dalam satu kolom berikut dengan saldonya. Jangan lupa untuk menuliskan total asset. Setelah membuat daftar asset, sekarang buatlah rincian total saldo hutang yang kita miliki. Mulai dari saldo hutang kendaraan bermotor, saldo hutang KPR dan saldo hutang lainnya, termasuk hutang ke teman atau saudara. Jumlahkan semua total saldonya. Ingat ya saldo hutang bukan cicilan.

Jika kedua hal tersebut sudah kita lakukan, coba sekarang kurangkanlah total saldo asset dengan total saldo hutang. Itulah total asset yang kita miliki. Jika surplus, Alhamdulillah berarti kondisi keuangan kita sehat, jika defisit itu berarti kondisi keuangan kita tidak sehat. Sederhananya langkah-langkah tersebut adalah cara kita membuat neraca keuangan pribadi. Dari neraca pribadi tersebut kita bisa mengontrol keuangan kita.

  1. Segera miliki proteksi

Zaman now banyak ragam produk asuransi ditawarkan. Rumus dasarnya adalah pastikan kita memiliki asuransi yang membuat kita nyaman melakukan berbagai kegiatan yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa (ini sangat penting jika kita menjadi tulang punggung keluarga) tulang punggung keluarga tidak harus seorang suami atau istri, intinya mereka yang menanggung kebutuhan keluarga, bisa jadi mereka anak. Pokoknya jika si penanggung utama kebutuhan keluarga ini meninggal, semua kebutuhan pengeluaran menjadi berantakan.

Setelah memiliki asuransi dasar kesehatan, segera beli asuransi jiwa. Sesuaikan besarnya unit pertanggungan dengan kebutuhan yang kita inginkan. Minimal jika si tulang punggung keluarga ini meniggal, kondisi keuangan tetap terjamin hingga beberapa tahun ke depan, hingga kondisi keluarga mandiri.

Nah, itu tadi 3 langkah mudah mengatur keuangan bagi pemula. Jangan lupa untuk selalu memantau kondisi keuangan kita, minimal sebulan sekali.

Membeli asuransi digital melalui FWD MAX

Setelah tahu 3 langkah awal, tahap selanjutnya adalah memilih asuransi yang tepat. Banyak orang yang bingung memilih asuransi. Ada juga nggak punya waktu untuk memilih asuransi yang sesuai? Zaman now tinggal unduh FWD MAX, berbagai fitur asuransi FWD Life lengkap tersedia. FWD MAX menggabungkan gaya hidup dan perlindungan dalam satu aplikasi. Dengan FWD MAX kita bisa mengecek poin dan diskon yang diberikan khusus  kepada nasabah FWD Life yang bisa ditukarkan secara real time di ribuan merchant ternama di Indonesia, caranya cukup gampang, tinggal klik menu ‘Offer’ di dalam aplikasi FWD MAX, selain itu kalian juga bisa lho chatting langsung dengan agen FWD dengan menggunakan fitur Click to Meet.

Nggak  cuma itu, bagi kalian generasi millennial yang memiliki beragam hobi, ‘Passion Story’ yang dimiliki  FWD MAX menjadikan gaya hidup millennial yang dinamis dan penuh warna, menjadi lebih seru dengan tersedianya ragam artikel yang sesuai passion kalian. Informasi unik mulai dari traveling, sport, music hingga kuliner siap memanjakan kita.

Selain itu dengan FWD MAX kita bisa menemukan banyak kemudahan dalam membeli polis asuransi, cukup dengan klik iFWD, membeli polis asuransi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Hari gini, nggak perlu ribet lagi membeli asuransi. Intinya dengan FWD MAX semua ‘kebaikan’ asuransi terpenuhi. Meskipun pemula dalam hal merencanakan, kita bisa kok mulai mengatur keuangan. Have fun go MAX!

Cara mudah menggunakan FWD MAX

Sudah tau kan fitur-fitur asyik FWD MAX? Supaya kalian nggak bingung menggunakan FWD MAX, ikutin langkah-langkah mudah berikut ini :

  1. Masuk ke Play Store atau App Store kemudian ketik FWD MAX
  2. Klik “install” atau “pasang”
  3. Buka Aplikasi Program FWD MAX
  4. Register dan login FWD MAX
  5. Klik menu login jika sudah pernah mendaftar sebelumnya atau register untuk pertama kalinya. Supaya lebih mudah kalian juga bisa login dengan menggunakan akun Facebook atau Google.
  6. Register akan memilih kalian sebagai salah satu kategori berikut ini :
  7. Fans yang berarti kalian pengunjung yang wajib mengisi user info ke dalam kolom yang tersedia.
  8. Nasabah Individual : kalian wajib menginput nomor polis dan tanggal lahir, OTP (One Time Password) akan dikirim melalui nomor HP yang terdaftar atas nomor polis, masukkan OTP ke dalam program.
  9. Nasabah Corporate : nasabah wajib menginput nomor polis+member ID dan tanggal nomor polis terdaftar, masukan OTP ke dalam program.
  10. Agen : agen menginput kode dan tanggal lahir, OTP akan dikirimkan ke nomor HP agen yang terdaftar, masukan OTP ke dalam program.

Cara mudah menghubungi FWD Life melalui FWD MAX

Jika ingin menghubungi FWD Life kalian tinggal masuk ke menu “Contact” supaya bisa berkomunikasi langsung dengan Customer Care FWD Life yang tersedia melalui saluran berikut ini :

  • Telepom di nomor1500391
  • WA/SMS di nomor 08111893910
  • Atau akun sosial media FWD Life di FB, Twitter, Ig dan Youtube

 

40 Comments

  1. Terimakasih untuk tipsnya, karena saya belum menikah jadi saya belum memiliki kewajiban untuk mengatur keuangan rumah tangga. Namun, dengan membiasakan mengatur keuangan sejak dini maka akan bermanfaat hingga masa yang akan datang “menikah”.

  2. Seru juga nih blogger membuat gathering membahas perencanaan keuangan. Buat freelancer seperti ini harus punya trik khusus supaya keuangan aman terjaga.

  3. Semenjak kopdar kemarin jadi sadar selama ini ga pernah ada perencanaan keuangan, sekarang setiap pengeluaran selalu dicatat. Makasih Mas Achi udah berbagi, tapi mau nanya neraca jahanam tiap ketemu lupa terus 🙁

  4. Terimakasih, dengan tips mengatur keuangan ini maka, generasi muda bisa mengelola keungan mereka. Dengan begitu, kelak di masa berkeluarga pandai mengatur keuangan keluarga.

  5. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat, apalagi jika kita mulai mengatur keuangan sejak dari sekarang. Maka kita akan terbiasa hidup sederhana, rajin menabung dan disiplin hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*