Staycation di Guesthouse, Liburan Seru yang Makin Hits

in review/semua tulisan by

Libur long weekend akhir tahun sudah tiba, bingung mau ke mana? Berhubung saya sedang dalam masa pemulihan, jadi memang tidak bisa pergi jauh. Tapi kalau hanya menghabiskan 4 hari libur di kamar, pastinya bakalan boring. Akhirnya, saya memutuskan untuk staycation 3D2N di Maharani Guesthouse. Lokasinya masih di Jakarta Selatan. Tepatnya di Jl. Kebon Baru 2 no 8 Tebet. Dekat dengan stasiun Cawang dan tempat nongkrong di sekitaran Tebet.

Staycation ngapain aja sih? Begini, berhubung saya cuma pengen leyeh-leyeh dan nggak mau beraktivitas berat, maka saya putuskan mengisi staycation dengan baca buku, ngeteh, nulis blog, chit-chat bareng teman dan tiduran. Maklum kondisi tubuh sedang dalam masa pemulihan. Jadi saya benar-benar menghindari aktivitas berat seperti pergi ke luar kota.

Maharani Guesthouse, tempat saya menginap ini awalnya memang rumah tinggal. Berada di komplek perumahan di kawasan Tebet. Jadi akses transportasinya tergolong gampang, dekat ke mana-mana. Dari stasiun Cawang maupun dari jalan MT Haryono. Maharani Guesthouse mempunyai 5 kamar tidur dengan ukuran dan fasilitas yang berbeda-beda. 3 kamar di lantai bawah mempunyai fasilistas deluxe yang cukup lumayan dengan kamar mandi di dalam. Ruangan ber-AC dengan pilihan tempat tidur berkapasitas 2 hingga 6 orang dengan tambahan extra bed.

Saya menghabiskan 3 hari 2 malam di Maharani Guesthouse. Lumayan untuk memulihkan badan setelah sakit. Meghabiskan staycation dengan membaca buku, ngeteh sore-sore sambil ngobrol bareng teman-teman menjadi kegiatan menyenangkan buat saya. Dan tentunya tidak membutuhkan budget besar untuk liburan akhir tahun.

chit-chat sambil ngerjain tugas bareng teman-teman membuat staycation makin seru

Fasilitas Maharani Guesthouse ini cukup lengkap. Disediakan sarapan pagi, air minum dan air hangat untuk mandi (khusus untuk kamar suite). Selain itu juga di lantai 2 dilengkapi dengan meeting room. Di lantai 1 terdapat co-working space yang bisa digunakan untuk bekerja. Bean bag, sofa dan kasur lipat di area tv bisa jadi tempat leyeh-leyeh yang menyenangkan. Buat yang muslim jangan kawatir untuk beribadah. Di lantai 1 tersedia musola, jika ingin solat berjamaah di masjid tinggal keluar lewat taman, di sana ada ‘pintu rahasia’ yang menghubungkan guesthouse langsung dengan masjid milik warga.

Taman di belakang guesthouse ini bisa dipakai loh untuk barbeque party. Jadi kalau lagi kumpul sama teman-teman buat ngerayain ultah bisa juga dengan pesta barbeque. Wiiih, makin seru kan? Fasilitas lain seperti dapur, ruang makan, parkir serta toilet juga memadai. Ada 3 toilet, jadi gak usah takut buat ngantri.

leyeh-leyeh sambil baca di ruang tv

By the way, ngomongin liburan dengan konsep staycation memang lagi hits belakangan ini. Selain menjadi alternatif liburan yang murah meriah, bisa juga menjadi ajang reunian bareng teman-teman. Gak perlu jauh-jauh ke luar kota, di dalam kota pun juga asyik.  Staycation sambil ngobrolin proyek bareng teman juga seru kok, dijamin liburan kalian makin berfaedah.

Etika menggunakan fasilitas guesthouse

Staycation dengan budget murah di guesthouse memang seru, namun jangan lupa perhatikan etika menggunakan fasilitas guesthouse. Guesthouse bukan hotel, jadi jangan harap kita akan dilayani seperti layaknya menginap di hotel. Semua fasilitas serba self service, setelah menggunakan fasilitas seperti alat makan, peralatan dapur, kabel colokan, meja kerja dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk dicuci dan dibereskan kembali ke tempat semula. Fasilitas tersebut akan digunakan oleh tamu lain, jangan biarkan mereka menggunakan alat bekas pakai kita yang masih kotor dan berantakan.

Ingat setiap guesthouse mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Jangan bertindak asusila ketika  staycation, jika ada larangan untuk merokok, patuhi, namun jika masih ingin tetap merokok tanyakan pada petugas di ruang mana yang bebas merokok.

Ketika memilih kamar tipe bunkbed kita akan berbagi ruang dengan tamu lain, pastikan untuk menjaga sopan santun, jangan berisik atau menyalakan lampu utama ketika semua tamu sedang tidur, jika masih ingin beraktivitas gunakan lampu kecil di samping tempat tidur (sayangnya di Maharani Guesthouse belum ada). Alternatifnya kita bisa menggunakan lampu senter dari hp. Atau jika memang ada tamu lain ingin menggunakan lampu utama dan kita ingin beristirahat, gunakan tutup mata untuk tidur. Kalau ingin mendengarkan musik gunakan headset. Saling jaga privasi untuk tidak ‘kepo’ dengan aktivitas tamu lain.

Gunakan toilet sesuai etika kebersihan, jangan pernah meninggalkan jejak, tissue ataupun sampah di dalam kloset. Pastikan sebelum keluar, tamu lain akan nyaman menggunakan toilet setelah kita.

Nah, itulah beberapa aturan tidak tertulis ketika menginap di sebuah guesthouse. Ingat ya attitude kita adalah cerminan siapa kita. Selamat berlibur dan menikmati staycation.

Maharani Guesthouse

Jl. Kebon Baru II No 8, Tebet, Jakarta Selatan

Phone : 0852-2649-5070

 

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

18 Comments

  1. Get well soon ya mas. Insya Allah pemulihannya cepat dan kembali sehat seperti sedia kala. Obatnya cuman 1 bahagia. Apalagi di tempat yg begini kondusif proses recovery berjalan sesuai rencana. Amiin

  2. Aku terkagum2 liat template-nya ini lohh.. Unik, minimalis.. 😀 Konsepnya kyak majalah gtu ya? Wuaaaaaa, kereenn bgtt pokoknya! Adem gtuu diliatnya. Huehehe.

    Maharani Guest house emg nyamannya berasa kayak di rumah sndiri sihh. Biarpun mirip kyak rumah sndiri… Ya, anggep aja kayak lagi maen di rumah temen. Wkwk.
    Daritadi mikir 3D2N tuh apa, trnyata 3 days 2 night toh :’) Hayuk deh, pankapan ksni lg ngumpul2 seru kyak kmren 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*