Cegah Diabetes Dengan 3 Hal Berikut

“Diabetes adalah ibu dari segala penyakit tidak menular..”

Saat mengikuti simposium hari diabetes sedunia, saya baru sadar kalau diabetes itu adalah pangkal dari semua penyakit tidak menular. Saya suka banget makanan dan minuman yang manis-manis, es krim, kue, teh pokoknya yang serba manis saya suka. Saat mengikuti simposium ini, saya jadi ngeri dengan kadar gula di dalam tubuh saya. Akhirnya saya ikut pemeriksaan gula darah yang ada di lokasi simposium. Hasilnya, alhamdulillah gula darah saya masih normal : 97.

Berkaca dari acara simposium tersebut, saya menyimak dengan serius bagaimana cara kita mencegah diabetes sejak dini. Ini gak boleh disepelekan, karena begitu kita terkena diabetes, dampaknya penyakit lain akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Ada 3 cara sederhana untuk mencegah diabetes, saya yakin semua orang bisa melakukannya.

  1. Mulailah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Obesitas adalah salah satu penyebab diabetes, kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, hindari mengonsumsi gula yang berlebihan. Utamakan makanan yang rendah kalori seperti sayuran dan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jika masih ingin mengonsumsi karbohidrat, bisa diganti dengan gandum. Melakukan diet secara sehat juga bisa mencegah diabetes.

      2. Rajin berolahraga

Hidup di kota besar seringkali membuat kita malas untuk berolahraga. Ini menjadi momok bagi kaum urban yang tingkat kesibukannya tinggi. Sebenarnya kita bisa melakukan olahraga ringan sambil melakukan aktivitas rutin seperti : Gunakan tangga untuk naik ke lantai kantor atau rumah, sering-seringlah menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta, karena mau tidak mau kita harus berjalan kaki untuk menuju halte. Selain itu kita juga masih bisa mengikuti klub kebugaran yang ada di sekitar rumah maupun kantor. Olahraga lain seperti : Lari, bersepeda, berenang, senam aerobik juga bisa membantu mencegah diabetes

     3. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol

Rutin merokok dan mengonsumsi alkohol, bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko diabetes. Perokok mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Mulailah hidup sehat dengan berhenti merokok. Batasi konsumsi alkohol, Gantilah dengan mengonsumsi air putih minimal 1 liter per hari. Ini bisa membantu mencegah diabetes.

Nah, mudah kan untuk mencegah diabetes sejak dini, ingat loh kesehatan itu sangat mahal. Jaga kesehatan dengan 3 cara sederhana di atas. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan gula darah secara rutin. Kurangi camilan yang tidak sehat, ganti dengan camilan yang mengandung serat tinggi agar perut kita merasa kenyang lebih lama.

 

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Continue Reading

13 Things Changed My Life

Tahun 2021 tinggal menghitung hari, sementara tahun 2020 yang penuh kejutan dan hampir membuat semua orang stress segera…

Mendut, Sang Putri Pesisir

Mendut dalam bahasa Jawa berarti lunak, kenyal dan memantul. Sifat-sifat itulah yang dimiliki Mendut. Roman klasik tentang seorang…

Kilas Balik Tahun Ambyar 2019

Nggak terasa, hari ini udah di penghujung akhir tahun 2019. Buat sebagian besar orang termasuk saya, mungkin selalu…