Keliling Istana Negara dan Istana Merdeka

in semua tulisan by

Mungkin tak banyak yang tahu kalau Istana Negara dan Istana Merdeka adalah dua bangunan yang berbeda namun berada dalam satu komplek yang sama. Istana Negara terletak di belakang Istana Merdeka, tepatnya yang menghadap ke Sungai Ciliwung, sementara Istana Merdeka sendiri berada di bagian depan yang menghadap jalan Merdeka Utara atau Monas.

Yang sering terjadi adalah salah penyebutan, bagi wartawan istana yang sering meliput seluruh kegiatan presiden dan jajarannya di dalam istana, pasti sudah hafal mana yang dimaksud Istana Negara dan mana Istana Merdeka. Kalau melihat berita di televisi yang sering terjadi adalah banyaknya reporter yang salah dalam penyebutan. Yaudahlah, sekilas saja itu tentang bedanya Istana Negara dan Istana Merdeka.

Halaman Istana Merdeka

Sebenarnya ini adalah kali yang kedua bagi saya memasuki Istana Negara atau lebih tepatnya Istana Merdeka, setelah sekian tahun silam di zaman Presiden SBY saya diajak tour keliling istana. Saat itu smartphone belum secanggih sekarang, apalagi sewaktu kunjungan kita dilarang membawa tas, hp dan dilarang mengambil gambar dengan media apapun. Semua barang bawaan harus dititipkan ke bagian Paspampres. Jadi saya hanya punya satu foto kenangan bersama teman-teman di tangga istana, itupun harus ditebus ke fotografer istana alias paparazzi di sana.

Tahun ini 2017 tidak disangka-sangka saya mendapatkan undangan untuk mengikuti upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 di istana. Teman-teman banyak yang bilang “wah, kok bisa dapat undangan? Siapa yang mengundang? Gimana caranya supaya diundang?”. Saya rasa itu pertanyaan tidak penting, biarlah saya yang tahu alasannya. Yang jelas itu adalah undangan resmi dan saya tidak pernah membayangkan sebelumnya untuk mengikuti upacara di istana.

Kartu Undangan

Sewaktu menerima undangan, di bagian bawah kartu undangan tertulis dresscode yang harus dikenakan pada saat mengikuti upacara : Pakaian Nasional. Saya sempat bingung, apakah pakaian nasional yang dimaksud adalah pakaian adat? Akhirnya saya menghubungi teman yang sudah beberapa tahun menjadi panitia upacara di istana. “Kalau kamu pede pakai beskap saja, toh pak presiden dan para pejabat hari ini juga memakai pakaian adat”, “tapi saya kan bukan pejabat..!” balas saya, “Okelah, kalau kamu nggak pede pakai batik aja” Saran dia.

Sempat mikir, kalau siang-siang pakai baju beskap lengkap dua lapis berbahan tebal mirip jas pengantin, duuh. Keliling istana dengan kain melilit di kaki, pinggang diikat tali dan stagen, antara sumuk, njelimet dan bingung nanti kalau kebelet pipis. Akhirnya saya memutuskan untuk memakai batik saja. Sebenarnya sih lebih seru pakai beskap tapi menimbang kenyamanan saya terpaksa memilih dia batik.

momen langka, foto bareng paspampres istana

Undangan yang saya terima adalah upacara penurunan bendera, info yang saya terima sih kalau upacara penurunan bendera lebih santai, lebih banyak atraksi dan parade karena waktunya lebih longgar. Sementara untuk upacara kenaikan bendera lebih khidmat dan sakral.

Upacara diawali parade budaya, tarian dari daerah Sunda, marching band dari sebuah ponpes di Banten dan marching band dari PT. KAI. Penyanyi Tulus dan Angel Pitters juga ikut memeriahkan suasana. Setelah itu parade korps prajurit TNI AU, AD, AL diiringi marching band. Saya selalu kagum dan merinding kalau melihat barisan prajurit melintas, rapi dan megah.

parade marching band
Parade Militer
susah banget nunggu sepi buat selfie

FYI, untuk masuk ke Istana Negara kita melalui dua kali pemeriksaan, yang pertama pengecekan surat undangan selanjutnya screening melalui metal detector. Kemudian bisa langsung menuju antrian pengambilan souvenir, konsumsi dan photo booth dengan membawa kupon yang sudah disediakan dalam kartu undangan. Souvenir berupa satu buah goodie bag berisi t-shirt, topi, buku agenda, pulpen dan kipas kecil, semua bertema kemerdekaan.

Upacara penurunan bendera berlangsung singkat, sekitar dua puluh menit. Setelah itu parade marching band kembali melintas, kali ini diikuti pawai pakaian adat yang mewakili 34 propinsi, kereta kencana yang akan membawa duplikat bendera kembali ke Monumen Nasional (Monas). Dan di posisi terakhir prajurit berkuda, prajurit berseragam merah dan prajurit berpakaian adat Indonesia.

ini lho Istana Negara
sayap kanan Istana Merdeka
paviliun kiri Istana Negara
Istana Merdeka tampak dari belakang

Malamnya seusai upacara bendera dan solat Magrib saya menyempatkan diri untuk berkeliling di sekitar istana. Suasananya jauh berbeda jika berkunjung ke istana pada malam hari, temaram lampu dan rimbunnya pepohonan tua di halaman belakang istana, cukup membuat saya nyaman untuk menikmati suasana. Jika siang hari halaman istana cukup terik meskipun banyak pohon.

Jika digambarkan, peta tour singkat saya di Istana Negara ini membentuk formasi letter U, saya memulai dari sisi kiri Istana Merdeka menuju gazebo yang berada di tengah taman, foto-foto sebentar kemudian lanjut ‘mencicipi’ naik mobil golf menuju halaman belakang Istana Negara. Di kanan kiri Istana Negara terdapat dua bangunan pendamping semacam pavilion. Dari sini saya menyisir sayap kanan istana yang berujung di halaman masjid.

nyobain mobil golf
gazebo istana
paviliun kanan Istana Negara

Ada pemandangan langka sewaktu saya duduk di halaman masjid. Rombongan Presiden Jokowi baru saja keluar dari istana untuk kembali ke Istana Bogor. Ini adalah momen yang jarang sekali dilihat orang. Bagi yang belum tahu, Presiden Jokowi secara resmi tinggal di Istana Bogor, bukan di Istana Negara seperti presiden-presiden sebelumnya.

momen rombongan presiden keluar dari Istana Merdeka

Nah, itu sedikit cerita singkat saya saat mengikuti upacara bendera di Istana Merdeka, semoga tahun depan saya diundang lagi. Amin.

 

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

53 Comments

  1. Ternyata 1 komplek istana ada dua nama, istana negara & merdeka selama ini saya mengira komplek istana presiden di jakarta namanya istana negara saja :D.

  2. Noted. Dapet info baru ttg istana negara dan istana merdeka.
    Btw yg bisa masuk cuma undangan atau dibuka untuk umum ? Klo bisa untuk umum hari apa aja bukanya?
    Bikin mupeng sih, pgn punya pengalaman ksana juga jadinya

  3. Aku jadi penasaran gimana caranya bisa mendapat undangan ke Istana Negara. Tapi penasaran aja sih. Aku sendiri nggak begitu menyukai mengunjungi istana kepresidenan. Entah di mana letak prestisenya. Wkwk…

  4. aku malah jd pnasaran .. gmna caranya supaya di undang upacara di istana, bosen mas diundang ke pelaminan mantan mulu #ehh

  5. Baca judulnya aja udah yakin bakal envy abis Setelah baca tulisannya Dan benar aja hahaha. Lucky you mas.

    Oiyaa, foto yang di belakang Mas Achi (yang di Paviliun Kanan Istana Negara) itu anak mu? *Eh hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*