79 Tahun Sinar Mas, Kontribusi Nyata Membangun Negeri

in semua tulisan by

Kalau ngobrolin brand Sinar Mas, apa sih yang terlintas dalam benak kalian, begitu mendengar brand tersebut? Saya yakin yang terlintas oleh kalian adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi atau perbankan. Tidak 100% salah kok, lebih tepatnya Sinar Mas adalah induk dari beberapa perusahaan ini. Tetapi, tahukah kalian sejarah awal perusahaan yang sudah berusia 79 tahun ini?

Berdiri sejak tahun 1938, Sinar Mas adalah brand dari perusahaan yang memiliki 6 pilar bisnis yang bergerak melalui bisnis Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Real estate, Telekomunikasi, serta Energi dan lnfrastruktur. Masing-masing pilar bisnis tersebut dikelola secara profesional dan indipenden. Meskipun dikelola secara indipenden, namun bisnis tersebut disatukan oleh kesamaan nilai dan histori perusahaan.

6 Pilar Perusahaan

  1. Produk Pulp dan Kertas

Sebagai produsen pulp dan kertas, Sinar Mas turut membantu pengadaan kertas guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bermula dari PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur, pada tahun 1972 hingga sekarang.

  1. Agribisnis dan pangan

Sinar Mas bergerak di sektor agribisnis dan pangan melalui Golden Agri-Resources Ltd (GAR), yang berdiri pada tahun 1996 dan tercatat di Bursa Efek Singapura sejak tahun 1999. Ini adalah upaya Sinar Mas dalam memenuhi ragam permintaan kebutuhan konsumen, salah satunya adalah minyak kelapa sawit yang diproduksi dari perkebunan terbaik dibawah pengawasan GAR.

  1. Layanan Keuangan

PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) adalah perusahaan penyedia layanan keuangan meliputi perbankan, asuransi dan manajemen aset.

  1. Pengembang dan Real estate

Sinar Mas Land adalah pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata.

  1. Telekomunikasi

Sinar Mas melalui PT Smartfren Telecom Tbk dengan mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yakni sebuah teknologi jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA.

  1. Energi dan lnfrastruktur.

Sinar Mas melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk menyediakan pasokan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia, sejak tahun 1998.

Kontribusi Nyata Membangun Negeri

Sebagai perusahaan yang cikal bakalnya lahir sebelum era kemerdekaan Republik Indonesia, tentunya Sinar Mas telah banyak makan asam garam dalam dunia industri, peran Sinar Mas terhadap pembangunan bangsa juga layak diapresiasi, ini lho beberapa ulasannya :

Desa Makmur Peduli Api (DMPA)

Menyadari peran Sinar Mas sebagai bagian dari integral Forest Conservation Policy (FCP), Asia Pulp & Paper (APP), ternyata Sinar Mas sudah meluncurkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sejak akhir tahun 2015. Keren kan? Ini adalah upaya Sinar Mas dalam membantu masyarakat pedesaan supaya lebih peduli dengan pelestarian lingkungan.

Sederhananya begini : DMPA adalah program Sinar Mas untuk memberdayakan masyarakat yang dikombinasikan dengan upaya pelestarian lingkungan sekitar dengan landasan kegiatan agroforestri (wanatani). Masyarakat dibina untuk bercocok tanam hortikultura (sayur mayur, buah-buahan), tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan olahan makanan.

Banyak manfaat yang diperoleh program ini, diantaranya : hasil pertanian yang diperoleh bisa digunakan untuk konsumsi masyarakat, selain itu DMPA juga sejalan dengan program pemerintah yang menekankan ketahanan pangan, selebihnya bisa dijual untuk meningkatkan daya ekonomi. Hingga 2020 nanti Sinar Mas Menargetkan 500 desa binaan yang tersebar di 5 provinsi di: Riau, Sumsel, Jambi, Kalbar, dan Kaltim.

Aksi Sosial : Bazaar Untuk Rakyat

Sejalan dengan program sosial lainnya yang digulirkan Sinar Mas, aksi sosial Bazaar untuk Rakyat dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat pada bulan ramadhan yang lalu. Pasti tau kan menjelang Ramadhan hingga Lebaran harga-harga kebutuhan pokok selalu meningkat. Minyak goreng sebagai salah satu bahan pokok, bisa dipastikan selalu melonjak harganya.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam upaya meningkatkan kontribusinya kepada masyarakat, Sinar Mas turut andil dalam memenuhi salah satu kebutuhan pokok dengan mengadakan bazaar tahunan, dalam bazaar kali ini Sinar Mas menjual minyak goreng Filma dan Kunci Mas dengan harga terjangkau. Tema Kesatuan Dalam  Kebhinekaan (unity in diversity) menjadi tagline Sinar Mas tahun ini, acara yang berlangsung selama bulan ramadhan ini digelar di 39 kota besar di Jawa dan 5 kota di Sumatra.

Alquran Untuk Indonesia

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia tergolong negara yang cukup religius. Kebutuhan kitab suci Alquran cukup tinggi, dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan tersebut, Sinar Mas melakukan dukungan dengan menggelar Wakaf Al Quran untuk Negeri, hingga kini tak kurang dari 500.000 Al quran telah dibagikan ke berbagai daerah.

Sinar Mas Dukung Trade Expo Indonesia 2017

Peresmian Trade Expo Indonesia oleh Presiden Joko Widodo

Sudah tahu kan kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di antara negara-negara berkembang? Besarnya potensi tersebut menjadi sumber tujuan perdagangan dan potensi investasi baru bagi dunia internasional, di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan suhu politik di banyak negara.

Guna menghadapi ketidakpastian tersebut, Kementrian Perdagangan telah menyiapkan Platform Bisnis baru yang tepat untuk bisa mengakomodir kebutuhan pedagang, investor dan pelaku bisnis di seluruh dunia dengan mengadakan rangkaian acara tahunan Trade Expo Indonesia 2017. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 11-15 Oktober 2017 di ICE BSD dan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo.

Semakin cepatnya laju disrupsi digital, mau tidak mau organisasi korporasi harus mampu menghadapi dan menyesuaikan kondisi dengan pola bisnis baru yang berbasis digital, dalam Trade Expo Indonesia 2017, beragam produk berkualitas berbasis digital akan ditampilkan.

Sinar Mas dalam hal ini menjadi salah satu peserta dalam ajang pameran tersebut. Komitmen Sinar Mas untuk selalu mengedepankan praktik bisnis berkelanjutan melalui berbagai aspek, menjadi pilar yang kokoh untuk mendorong perekonomian bangsa. Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk selalu membuka keran pasar ekspor baru.

Buat kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang Sinar Mas silakan kunjungi

www.sinarmas.com

Instagram sinar_masid

facebook : @SinarMasID

twitter : sinar_masid

sumber gambar www.sinarmas.com

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

1 Comment

  1. Terus terang baru tahu kalo simas punya bnyk bidang..taunya cuma bank, asuransi dan smartfren..karena tmn kerja di perusahaan itu.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*