8 Ide Ini Bisa Membuat Konten Kamu Viral

in semua tulisan by
Seseruan bareng ISB

Ada yang belum tau Brilio.Net? Jangan ngaku gaul kalau belum tahu Brilio.Net, Itu loh portal berita online yang selalu mendapatkan view bombastis hingga 120juta kali di beberapa artikelnya, kontennya yang ringan namun berbobot, sangat cocok dengan generasi milenial yang menyukai berita-berita unik dan sedang viral di sosial media. Nah, Sabtu, 19 Agustus 2017 kemarin beruntung sekali saya bisa hadir dan seru-seruan bareng komunitas Sahabat ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dalam acara Brilio Corners di kantornya di daerah Kebayoran Baru.

Saya suka sekali dengan suasana kantor Brilio.Net yang berada di Graha Tirtadi lantai 3 ini, sangat nyaman dan homey. Begitu masuk dalam ruangan, kita langsung disambut jajaran Bean Bag warna-warni, bawaannya langsung menyelonjorkan kaki dan menyandarkan badan ke Bean Bag.

Pak Titis Widyatmoko selaku Editor In Chief Brilio berbagi tips

Hari ini kita akan belajar cara membuat konten supaya viral dan dibaca jutaan orang. Siapa sih yang tidak mau tulisan atau videonya dibaca dan dilihat jutaan orang? Nah, jangan sampai sudah capek-capek nulis dan membuat video tapi nggak berfaedah alias nggak dibaca dan dilihat banyak orang. Pak Titis Widyatmoko selaku Editor In Chief Brilio berbagi tips supaya konten yang kita buat menjadi viral. Ada 6 hal yang harus kita ketahui sebelum membuat konten :

1.    Berikan konten yang pas dan disukai audience
2.    Anak muda sekarang suka yang baru dan unik
3.    Anak muda gampang tergugah nuraninya
4.    Anak muda suka kisah inspiratif
5.    Anak muda selalu ingin tahu dan terpuaskan rasa penasarannya
6.    Anak muda mudah terkejut alias kaget

Dari 6 hal diatas kita bisa merumuskan konten seperti apa yang disukai anak muda sehingga mudah menjadi viral di sosial media. Pak Titis juga menambahkan, ada aturan tidak tertulis setiap kita membuat konten : “Jangan pernah membuat konten yang isinya merugikan orang lain”. Bahkan ketika kita terlanjur membuat konten yang ternyata adalah hoax, lebih baik mengaku salah dan meminta maaf. Respon warga net akan positif jika kita mau mengakui salah dan meminta maaf. Pastikan untuk selalu memverifikasi konten sebelum diposting.

Mas Andry Trisardy sedang asik berbagi ide

Sesi selanjutnya adalah cara menggali ide untuk membuat konten menjadi viral. Andry Trisardy yang juga reporter dari Brilio.Net ini memberikan 8 hal yang harus kita ketahui untuk meracik dan meramu sebuah konten menjadi viral.

1.    Bersahabat dengan media sosial
Supaya kita tahu apa yang sedang terjadi dan diminati di luar sana, artinya kita harus selalu update dengan informasi faktual yang sedang berkembang.
2.    Melihat sisi lain dari peristiwa
Pernah melihat berita “Tukang sate jualan di area bekas terjadinya pengeboman” nah, sisi lain yang dimaksud adalah memberitakan hal unik di luar fokus berita utama yang jarang dilihat audience.
3.    Memberi perhatian khusus pada peristiwa yang membangkitkan emosi/simpati
Anak muda selalu tertarik dengan kisah-kisah yang menguras emosi, segala sesuatu yang membangkitkan emosi dan simpati selalu membuat rasa penasaran dan ingin tahu yang besar, jangan lupa untuk selalu menampilkan foto yang mendukung.
4.    Meme, meme & meme
Membuat kreatifitas yang unik dan lucu dengan membandingkan dua hal yang bertolak belakang ataupun mengadopsi jargon-jargon yang sering diucapkan selebriti.
5.    Buatlah artikel yang memuat konten peduli lingkungan
Faktanya anak muda jaman sekarang lebih peduli lingkungan, semua konten yang berbau lingkungan selalu menarik  minat anak muda
6.    Artikel tentang kehidupan para pesohor
Nah, ini adalah konten yang selalu membuat orang kepo, apapun yang sedang dilakukan atau sedang dipakai oleh para pesohor selalu membuat orang ingin tahu
7.    Buatlah informasi yang bernilai praktis
Pernah membaca artikel tentang “9 cara memasak dengan menggunakan rice cooker, anak kos bisa mencobanya” nah ide-ide praktis dan menarik tersebut selalu dimintai warga net.
8.    Pilihlah ide yang familiar di masyarakat
Informasi ringan yang terjadi di sekililing kita lebih diminati daripada informasi yang sama namun terjadinya di luar negeri. Selalu berikan informasi yang lebih mudah dikenali warga net.

Nah, sudah tau kan informasi apa saja yang bisa membuat konten kita menjadi viral? Semoga informasi dari Brilio Corners ini bisa membantu teman-teman dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*