Mimpi #KitaSama, Hal Kecil Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Disabilitas

in semua tulisan by

Kalau ada yang bertanya, apa sih mimpi terbesar kalian? Apa yang sudah kalian lakukan untuk meraihnya? Seberapa sering teman-teman berusaha mewujudkan impiannya selama ini? Jawaban atas pertanyaan tersebut pastilah sangat beragam. Pastinya setiap orang di dunia ini punya mimpi, mimpi sering disebut juga dengan keinginan atau cita-cita. Walaupun sebagian kecil orang ada yang tidak memiliki keberanian untuk bermimpi, tapi dalam hatinya mereka pasti memiliki banyak impian. Secara pribadi saya memiliki daftar mimpi yang harus saya wujudkan. Meskipun belum sepenuhnya tercapai, tapi saya selalu mencoba untuk meraihnya. Butuh keyakinan serta usaha yang kuat untuk mewujudkannya.

Mimpi untuk sahabat disabilitas!

Dari mana memulai impian kita? Buat saya, ketika pagi hari masih bisa bangun dan bernafas, saya berhak memulai mimpi apapun. Toh, bukankah Tuhan menggratiskan mimpi setiap hari? Impian atau pun keinginan tidak melulu hanya untuk mereka yang hidup dengan anggota badan lengkap, teman-teman kita yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas juga bebas untuk bermimpi. Dengan segala keterbatasannya, tentu butuh tantangan tersendiri untuk mereka meraih mimpi. Bukan hal yang mudah tapi juga bukan hal yang tidak mungkin.

Sebagai manusia yang diberi ilham oleh Tuhan untuk saling membantu, tentunya setiap kita memiliki naluri tersebut. Nah, bertepatan dengan bulan Ramadhan kemarin sebuah gerakan sosial #KitaSama yang digagas oleh komunitas anak muda yang aktif #IndonesiaBermimpi, berusaha membantu mewujudkan mimpi teman-teman disabilitas melalui beragam cara.

Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau sebagian besar teman-teman disabilitas merasa tidak memiliki teman, bahkan mungkin tidak mau berteman karena kekurangan mereka.

Sadar atau tidak, perlakuan lingkungan yang memandang mereka sebelah mata membuat mereka minder untuk mewujudkan mimpi atau keinginannya. Padahal tidak ada yang salah dengan mereka, karena pada dasarnya kita semua memiliki hak yang sama. Sebenarnya apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka? Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan hal kecil seperti berteman dan merangkul mereka, menjadikannya sahabat dalam hidup kita.

Memberikan perlakuan yang sama di ruang publik sama seperti halnya manusia yang tidak memiliki kebutuhan khusus. Membantu mereka menyeberang jalan, memprioritaskan mereka ketika naik kendaraan umum dan lain sebagainya. Intinya, jangan pernah mengucilkan mereka. Memang, harus diakui kalau sebagian besar sarana publik yang ada di Indonesia belum memberikan keramahan bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus.

Hal-hal kecil tersebut, saya rasa bisa membuat mereka menjadi lebih nyaman dan percaya diri. Keberadaan mereka di depan publik merasa diperhatikan, sehingga terciptalah keadilan dan kesetaraan sosial di Indonesia. Dengan begitu mereka lebih leluasa berekspresi mewujudkan keinginannya.

Kalau dilihat dari sisi perlindungan hukum, penyandang disabilitas memiliki hak yang wajib dipenuhi oleh negara. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 yang baru saja disahkan. Namun untuk mewujudkan itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Satu hal yang paling penting dan seringkali dilupakan keluarga penyandang disabilitas adalah bagaimana membuat mereka menjadi mandiri, karena rasa sayang seringkali menimbulkan rasa tidak tega, sehingga membuat mereka bergantung sepenuhnya dengan kenyamanan. Saya sangat memimpikan teman-teman penyandang disabilitas dapat hidup mandiri, terpenuhi semua haknya, mendapatkan akses pendidikan yang memadai, mendapatkan pekerjaan dan tidak ada lagi diskriminasi.

Nah, bagi kita yang ingin mendukung mereka, gampang loh. Silakan kunjungi situs www.indonesiabermimpi.org. daftarkan data diri kalian di sana. Cukup 5 menit dan tidak butuh waktu lama untuk membantu sahabat disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gerakan sosial #KitaSama, kunjungi
Website: www.indonesiabermimpi.org.
Facebook: Indonesia Bermimpi
Instagram: Id_Bermimpi
Youtube Channel: Indonesia Bermimpi
Media Kontak:
Kantor Pusat Indonesia Bermimpi, Jalan Maleo V Blok JB 2 No 1, Tangerang Selatan;
Telp: (0878 8760 8027); Email: (Nidya@indonesiabermimpi.org)

6 Comments

  1. Jujur, kalo ngomongin disabilitas selalu seneng aja, bahkan kadang malu, ‘mereka bisa, kenapa gwa gak’ pikir gwa saat mendengar banyak berita suses tentang mereka yang istimewa… Pengen lebih deket dgn merwka rasanya.

  2. Kalo yang sejauh ini bisa Pira lakuin paling cuma bantuin nyebrangin jalan ketika ketemu tunanetra :), ya meskipun sebenernya Pira takut nyebrang heheh

  3. Disabilitas favorit aku mba Angkie Yudistia. Beliau punya usaha entrepreneur yg bernama #difablepreneur. Kemarin pas datang ke acara TIK juga ada tuna netra tetapi bisa bekerja dan berprestasi. Mereka orang yang istimewa, sudah seharusnya kita mendukung setiap impiannya. Semoga program #KitaSama berjalan dengan lancar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*