Padang Merdeka, Restoran Padang Kekinian di Kawasan Kota Tua

in food/semua tulisan by

Seruas jalan yang membujur dari ujung jalan Lada menuju stasiun Kota selalu ramai dipadati pejalan kaki yang berlalu-lalang. Jalur satu arah ini juga marak dengan pedagang kaki lima dan pengunjung kawasan wisata Kota Tua. Berdiri tepat di seberang gedung bank BNI 46, sebuah restoran bernuansa Indonesia baru saja dibuka. Padang Merdeka, cukup unik untuk sebuah nama restoran dengan menu andalan masakan Padang. Ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati kuliner Padang dengan nuansa modern nan nyaman.

Suasana Indonesia, dari pintu masuk hingga dinding berlapis kain bermotif Toraja.

Saya dan teman-teman memilih tempat di seberang dinding yang berhias mural, bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika dengan kursi kayu dari Jepara. Lewat tampilan furnitur serba modern, dengan aksen plafond bermotif batik Parang Kencana berbahan rotan sintetis buatan lokal.

Ada peta Indonesia di atas plafond
Interior nan nyaman

Inilah gaya kontemporer interior ala Indonesia. Di sisi kanan terdapat lorong yang menuju area smooking room dengan pintu berbentuk gunungan wayang. Bagian atasnya bermotif segitiga pucuk rebung kain songket dari ranah Minang. Sementara sisi-sisi dindingnya dilapisi motif tenun Toraja. Pas dan serasi.

Nuansa klasik nan modern

Area smooking room dipisahkan oleh lorong, dengan salah satu bagian sisinya berhiaskan mural pahlawan Indonesia. Saat masuk melalui pintu utama, ruangan sengaja dibuat terbuka. Stanley, sang konseptor mengungkap, ide semua ini berasal dari kawasan wisata kota tua. Nama Padang Merdeka sendiri terinspirasi dari banyaknya peninggalan kolonial di Kota Tua, meskipun sejarah awal proklamasi kemerdekaan Indonesia bukan di tempat ini.

Perkedel crispy dan Dendeng Lambo yang menggoda.

Diantara banyak pilihan menu yang menggoda, akhirnya saya dan teman-teman mencicipi satu persatu menu andalan Padang Merdeka. Inilah beberapa pilihan yang sangat layak untuk dicoba.

PERKEDEL

Teksturnya yang kering dilapisi telur, didalamnya berisi kentang yang lembut bercampur daging, sungguh perkedel ini membuat saya ketagihan. Apalagi rasanya, empuk dan gurih. Harganya cukup 12k untuk sebuah rasa perkedel yang istimewa.

DENDENG LAMBO

Ada dua jenis dendeng dalam masakan Padang, yang dibuat kering dan dipukul pipih biasa disebut Dendeng Batokok dan yang satunya dibuat sedikit basah. Yang terakhir disebut Dendeng Lambo, sedikit spicy dan berkilauan minyak, namun justru disitulah nikmatnya. Harganya cukup 20k dengan porsi yang lumayan.

BEEF RENDANG

Sebagai orang lndonesia, pastinya mengakui kalau makanan ini adalah salah satu makanan terenak di dunia. Citarasa rendang yang asli memang sedikit pedas, namun jangan khawatir, bagi yang tidak menyukai rasa pedas seperti saya, rendang Padang Merdeka adalah pilihan yang pas. Rasa rendangnya sudah disesuaikan dengan lidah orang Jakarta yang beragam. Yang suka pedas bisa ditambahkan sambal hijau atau sambal merah yang disediakan Padang Merdeka. Cukup dengan 20k rasa rendang istimewa ini bisa kalian nikmati.

AYAM POP

Kalau boleh dibilang, ayam yang satu ini cara masaknya lebih mirip ingkung ataupun opor menurut saya, sedikit basah namun tanpa kuah. Ayam Pop Padang Merdeka disajikan dengan saus yang dicampur susu. Teksturnya lembut dan lumer. Selain rasa, yang membedakan ayam ini dengan opor adalah warnanya yang putih sedikit pucat. Untuk rasa silakan dicoba sendiri, cukup dengan 19,5k.

AYAM GORENG

Rasanya, ayam goreng selalu menjadi menu favorit di rumah. Nah, di Padang Merdeka Ayam goreng juga menjadi salah satu favorit saya, terlebih taburan bumbu kremesnya yang garing. Sambalnya pun juga mantap. Pedas, asam, manis menyatu pas saat digigit. Harga? Cukup 19k.

GULAI KIKIL

Sejujurnya saya kurang terlalu suka dengan kikil. Nah, entah karena apa tiba-tiba saya begitu suka dengan gulai kikil Padang Merdeka. Rasanya kenyal dan berkuah, cocok ditemani nasi panas dan kerupuk.

SAYUR DAUN UBI TUMBUK

Nah, sayur daun ubi ini memang saya suka sekali. Harganya cukup 16k saja, dijamin nasi satu piring pun rasanya kurang. Apalagi saat dicocol dengan Ayam Pop atau Dendeng Batokok. Yang pasti sangat terjangkau di kantong.

Selain menu-menu di atas, Padang Merdeka juga menyediakan berbagai pilihan menu lainnya seperti Ayam Nanas, Rendang Ayam, Dendeng Balado, Tahu Udang, Sambal Udang, Gulai Otak, Sate Padang, dengan pilihan harga yang tentunya bisa disesuaikan dengan kantong. Untuk kisaran harga mulai dari 13k hingga 250k untuk menu utama.

Nantinya Padang Merdeka juga akan membuka kafe jajan pasar ala Indonesia. Unik dan menarik tentunya, sayang sekali sewaktu ke sana kafe ini belum dibuka. Yang ingin mencicipi kuliner Padang dengan suasana nyaman dan instagramable, Padang Merdeka adalah pilihan yang tepat. Selain rasa yang tentunya enak, Padang Merdeka juga bisa dipakai untuk ‘nongkrong cantik’ bersama sahabat atau keluarga.

PADANG MERDEKA
Jalan Lada  No 1, Taman Sari, Jakarta Barat 11110
Buka jam : 09.30 – 00.00 SETIAP HARI
For more info @PadangMerdeka #PadangMerdekaJKT

An amateur blogger & life enthusiast by night ● Ancient ● Art ● Travel ● Book ● Culture ● Finance ● Food ● Gamelan ● Javanese

6 Comments

  1. Nah… kalau di medan.. daun ubi tumbuk itu enaknya dimakan sama sambel balado teri medan plus kacang… atau pake sambel ikan balado… maknyussss…

    Ke sana ahhh…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*